Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Fungsi Sistem Operasi pada Komputer
sistem operasi
#1
Sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat keras dan pengguna, sistem operasi juga berfungsi sebagai program pengendali dengan tujuan untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer dan mengatur pengelolaan sumber daya yang terdapat pada sistemkomputer dan menyediakan layanan kepada pengguna sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer.
Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:

informasi seputar komputer lainya dapat Anda baca di reviewkomputer.com
  1. Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.

  2. Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)

  3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.

  4. Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.

  5. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.

  6. Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.

  7. Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

  8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.

Reply
#2
Sistem operasi mengontrol seluruh komputer, sistem operasi menjelaskan ke komputer bagaimana cara bekerja waktu kita perintahkan komputer bekerja. Bisa dibilang kalo sistem operasi itu otaknya komputer. Aku harap pertanyaanmu terjawab.

Reply
#3
Singkatnya, sistem operasi adalah otaknya komputer. Sistem operasi bilang ke komputer gimana caranya, harus ngapain, dan kapan melakukannya, dll. Kalo sistem operasi error, komputer juga ikut mati. ini penjelasan singkat pentingnya sistem operasi.

Putra kusuma likes this post
Reply
#4
terimakasih ilmunya ...
jasa seo - jasa pembuatan website - jasa pembuatan toko online

Reply
#5
Fungsi sistem operasi adalah dia yg kasih tau komputer gimana melakukan fungsi yg diminta sama penggunanya. Kita bisa bilang kalo sistem operasi itu Otaknya komputer. Komputer ngga bisa ngapa-ngapain kalo ngga ada sistem operasi. Ini bisa bantu kamu menyadari pentingnya sistem operasi.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise