Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Fungsi Otak Kecil Dan Masalah Yang Perlu Diwaspadai
#1
Fungsi Otak Kecil Dan Masalah Yang Perlu Diwaspadai
Otak merupakan sebuah organ tubuh yang kompleks. Sederhananya, otak dapat dibagi menjadi 3 bagian, cerebrum, otak kecil, dan batang otak. Cerebrum memerankan peran penting dalam kemampuan berpikir dan aksi. Cerebrum dibagi menjadi 4 lobus, yaitu lobus temporal, lobus depan, lobus oksipital, dan lobus parietal, masing-masing memiliki fungsi dan perannya sendiri. Batang otak mengatur fungsi vital secara otomatis, seperti bernafas, sirkulasi, pencernaan, kemampuan menelan dan saat tidur. Semua proses aktivitas ini dikontrol secara otomatis oleh sistem saraf. Batang otak juga mengatur reflex seseorang. Sementara itu, otak kecil, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah cerebellum, adalah bagian otak yang memiliki peran penting terhadap semua pergerakan tubuh. Fungsi otak kecil adalah mengatur semua hal yang berhubungan dengan pergerakan dan koordinasi.
Fungsi Otak Kecil atau Cerebellum
Otak kecil adalah bagian yang berada di belakang bawah otak, tepat di belakang batang otak. Selain mengatur pergerakan dan koordinasi, fungsi otak kecil adalah sebagai berikut:
·        Menjaga Keseimbangan
Otak kecil memiliki sensor khusus yang dapat mendeteksi perubahan keseimbangan dan gerakan. Otak kecil akan mengirim sinyal ke seluruh tubuh untuk menyesuaikan dan bergerak.
·        Mengoordinasi Gerakan
Hampir semua pergerakan tubuh membutuhkan koordinasi dari banyak grup otot. Otak kecil mengatur aksi otot sehingga tubuh dapat bergerak dengan lancer.
·        Penglihatan
Fungsi otak kecil lain adalah mengatur pergerakan mata.
·        Pembelajaran Motorik
Otak kecil membantu tubuh untuk belajar pergerakan yang membutuhkan latihan. Misalnya, otak kecil memiliki peran yang besar saat Anda belajar naik sepeda atau memainkan alat musik.
·        Fungsi Lain
Banyak peneliti percaya bahwa otak kecil memiliki peran tertentu dalam proses berpikir, termasuk memproses Bahasa dan suasana hati. Namun, fungsi-fungsi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.
Risiko Kesehatan Otak Kecil
Banyak risiko penyakit yang dapat mempengaruhi fungsi otak kecil, salah satunya adalah ataxia. Ataxia adalah suatu kondisi kehilangan koordinasi dan kontrol otak. Penyebab ataxia biasanya adalah tumor otak ataupun virus. Kehilangan koordinasi adalah tanda-tanda pertama Anda menderita ataxia, yang kemudian diikuti oleh kesulitan berbicara. Ciri-ciri lain penyakit ini termasuk pandangan yang buram, kesulitan dalam menelan, rasa lelah, kesulitan mengontrol otot, dan perubahan suasana hati ataupun pikiran. Selain tumor dan virus, ataxia juga bisa disebabkan oleh faktor gen, racun yang merusak otak, stroke, cidera kepala, multiple sclerosis, dan lain-lain. Ataxia dapat disembuhkan jika penyebab utamanya diobati.
·        Ataxia Karena Racun
Otak kecil sangat rentan terkena racun, terutama alkohol dan obat resep tertentu. Racun tersebut dapat merusak sel saraf yang ada di otak kecil, yang mengakibatkan ataxia. Racun yang dapat menyebabkan ataxia yaitu alkohol, obat-obatan, mercury, dan thinner cat. Pengobatan bervariasi tergantung penyebab dan seberapa kronis kerusakan otak.
·        Tumor di Otak Kecil
Tumor adalah sel tak normal yang tumbuh di otak ataupun pada bagian tubuh lain yang merambat ke otak. Tumor jinak tidak akan menyebar ke seluruh tubuh. Tumor ganas dapat menyebar dan menyebabkan kanker. Gejala tumor biasanya termasuk sakit kepala, muntah tanpa mual, ataxia, dan kesulitan dalam koordinasi. Diagnosa dan perawatan akan tergantung pada umur, kondisi kesehatan, penyebab penyakit, potensi kesembuhan, dan faktor-faktor lain.
Fungsi otak kecil memiliki peranan yang penting bagi tubuh, yaitu mengatur pergerakan dan koordinasi. Untuk itu, selalu jaga agar otak kecil Anda tetap sehat dengan melakukan gaya hidup yang sehat, salah satunya adalah menghindari alkohol.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id