Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Fakta Mengenai Bentonite Clay
#1
[Image: bentonite-clay.jpg]

Bentonite clay adalah jenis tanah liat yang ditemukan di abu vulkanik. Ketika pertama kali ditemukan, para peneliti tidak mengetahui sifat-sifatnya yang luar biasa. Bentonite clay pertama kali ditemukan di Cretaceous Benton Shale dekat Sungai Rock, Wyoming dalam suksesi stratigrafi oleh Fort Benton Group, bersama dengan yang lainnya. 

Berbagai jenis bentonit masing-masing dinamai menurut elemen dominan masing-masing, yaitu:

1. Kalsium bentonite

Kalsium bentonite adalah adsorben ion yang berguna dalam larutan, serta lemak dan minyak. Jenis ini adalah bahan aktif utama dari bumi yang lebih penuh, mungkin salah satu agen pembersih industri paling awal.


2. Natrium bentonite

Natrium bentonite mengembang ketika basah, menyerap sebanyak beberapa kali massa keringnya dalam air. Karena sifat koloidnya yang sangat baik, jenis ini sering digunakan dalam pengeboran lumpur untuk sumur minyak dan gas dan lubang bor untuk penyelidikan geoteknik dan lingkungan.


3. Kalium bentonite

Juga dikenal sebagai bentonite kalium atau K-bentonit, kalium bentonite adalah lempung ilitik kaya-kalium yang terbentuk dari perubahan abu vulkanik.

Bentonite clay biasanya terbentuk dari pelapukan abu vulkanik, paling sering di hadapan air. Namun, istilah bentonite, serta clay serupa yang disebut tonstein, telah digunakan untuk menggambarkan lapisan tanah liat yang tidak jelas asalnya.

Beberapa penelitian dan studi pada hewan serta sel menemukan bahwa bentonite clay memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan manusia. Berikut beberapa fakta mengenai bentonite clay yang mungkin belum Anda ketahui:

- Bentonite clay adalah sealer yang sangat bagus dan digunakan untuk menyegel kolam, parit, bendungan dan laguna.
- Karena memiliki kemampuan untuk melawan racun, racun ini juga dapat digunakan untuk mencegah racun dan limbah dari merusak tanah dan kebun Anda. Kemampuan ini juga menjadikannya pemurni air yang terkontaminasi dari racun.
- Bentonite clay juga bisa digunakan sebagai penyerap kotoran hewan peliharaan.
- Bentonite clay digunakan untuk membuat krayon deterjen, cat, pewarna, poles dan kertas.
- Penggunaan industrinya juga tidak terbatas.  Bentonite clay digunakan dalam industri minyak dan gas untuk pengeboran cairan dan pelletizer bijih besi untuk proses pengecoran pasir. Untuk alasan yang sama, ini juga digunakan dalam pengecoran.
- Sodium atau natrium bentonite digunakan untuk eksplorasi minyak, penyegelan sistem pembuangan untuk bahan bakar nuklir dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya.


Selain itu, bentonite clay dikatakan memiliki manfaat kesehatan seperti:
- Menyembuhkan eksim
- Dermatitis & psoriasis
- Meningkatkan pencernaan
- Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
- Mengobati gigitan serangga dan ruam
- Mengurangi kadar asam dalam tubuh
- Mendukung sistem kekebalan tubuh
- Memperbaiki kulit
- Kesehatan rambut
- Menyembuhkan luka bakar 
- Detox ketiak
- Meningkatkan sirkulasi

Meskipun banyak penelitian tentang bentonite clay yang cukup menjanjikan dan baik untuk kesehatan, Anda tetap disarankan untuk tidak menggunakannya sembarangan. Apabila muncul reaksi alergi setelah penggunaannya, hentikan pemakaiannya dan segera hubungi dokter.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by