Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Etika Pergaulan Menurut Aristotle
#1
[Image: etika-pergaulan.jpg]
Etika pergaulan, dalam kebanyakan teori etika yang menggunakan istilah ini adalah hubungan dasar dan dapat dipercaya yang dimiliki seseorang dengan orang lain.
 
Etika pergaulan sendiri tidak dapat dengan sendirinya ditandai dalam hal abstraksi selain kepercayaan dan perlindungan bersama atas sebuah hubungan dengan masing-masing individu. Kejujuran seringkali merupakan fokus utama dalam etika pergaulan.
 
Persahabatan jelas perlu dan luar biasa, tetapi orang tidak setuju pada sifatnya yang tepat.  Persahabatan terdiri dari perasaan saling niat baik antara dua orang.
 
Menurut Aristotle, terdapat tiga macam persahabatan. Yang pertama adalah persahabatan berdasarkan utilitas, di mana kedua orang mendapatkan beberapa manfaat dari satu sama lain. Yang kedua adalah persahabatan berdasarkan kesenangan, di mana kedua orang tertarik pada kecerdasan orang lain, ketampanan, atau kualitas menyenangkan lainnya. Yang ketiga adalah persahabatan berdasarkan kebaikan, di mana kedua orang mengagumi kebaikan orang lain dan membantu satu sama lain berjuang untuk kebaikan.
 
Namun, persahabatan macam apakah yang sebenarnya baik dan memiliki ikatan yang kuat? Masing-masing jenis persahabatan diatas memiliki etika pergaulan yang berbeda, yang membedakan jenisnya dari satu sama lain. Berikut akan dibahas mengenai Etika Persahabatan Nicomachean:
 
    Etika Persahabatan Nicomachean berdasarkan Utilitas
Di tingkat pertemanan pertama ini, orang-orang berharap mendapatkan manfaat dari satu sama lain. Menurut Aristoteles, persahabatan jenis ini "dangkal" dan "mudah dibubarkan" karena individu pada dasarnya berusaha untuk menukar dan memperdagangkan produk, layanan, koneksi, atau hal bermanfaat lainnya. Atau, lebih tepatnya, sesuatu yang sepertinya penting dan esensial pada saat itu. Tetapi, karena keinginan orang cenderung berubah-berubah, dengan demikian, persahabatan tingkat pertama ini pada akhirnya tidak bertahan lama.
 
    Etika Persahabatan Nicomachean berdasarkan kesenangan
Hubungan persahabatan di mana Anda tertarik dengan satu sama lain karena penampilan, humor, atau kualitas ekstrinsik dan "menyenangkan" lainnya. Ketika Anda muda, Anda berpikir “ingin” bersama orang lain karena mereka menyenangkan, atau populer atau memiliki kualitas lainnya yang baik. Sebagai contoh, anggota tim bola basket sekolah. Aktivitas bersama dan pikiran yang sama mengarah pada persahabatan sederhana berdasarkan kesenangan. Namun, persahabatan tingkat kedua ini juga dapat dengan mudah berakhir ketika aktivitas atau kualitas tertentu tidak lagi menarik atau memberikan kesenangan yang sama.
 
    Etika Persahabatan Nicomachean berdasarkan kebaikan
Jenis persahabatan ini muncul ketika kedua orang saling melihat kebaikan masing-masing. Seiring bertambahnya usia, Anda belajar tentang keyakinan dasar, kompas moral, dedikasi terhadap masalah satu sama lain, komitmen terhadap keluarga, pandangan sosial dan politik, dan keinginan untuk membantu orang lain. Begitu juga belajar mengenai karakter orang lain. Jenis persahabatan ini dianggap sebagai “cinta persaudaraan”, tingkat tertinggi menurut Aristoteles. Di tingkat persahabatan tertinggi ini, tidak ada keinginan untuk mendapatkan apa pun atau mencari tanggapan dari orang lain. Fokusnya adalah pada apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain dan membuat orang lain bahagia serta memikirkan apa yang baik untuk mereka.
 
Etika pergaulan dalam persahabatan yang baik, mengarah pada bentuk menghargai, percaya, peduli dan sifat-sifat baik lainnya. Anda menghargai siapa sebenarnya sahabat Anda, kekuatan dan kelemahannya, dan ada cukup kepercayaan antara Anda dan sahabat Anda. Kualitas dan kedalaman hubungan tersebutlah yang lebih baik daripada jenis persahabatan lainnya.
 
Secara keseluruhan, persahabatan terdiri dari pertukaran yang sama, baik utilitas, kesenangan, maupun kebaikan. Secara tidak langsung, hal tersebut sudah menjadi bagian dari etika pergaulan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id