Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Enam Hal yang Dilakukan di Indonesia Ketika Ada Orang yang Meninggal
#1
Negara kita mempunyai keunikan yang berasal dari ragam suku, agama, dan budaya. Saking banyaknya suku di Negara kita tercinta, berbagai ritual unik di dalam kehidupan bermasyarakat pun banyak bertebaran di beragam daerah. Baik yang berupa ritual unik itu seolah bertebaran di setiap inci aktivitas masyarakatnya. Baik itu acara yang berhubungan dengan unsur agama atau unsur bidaya.
Terlebih menguburkan orang sudah meninggal termasuk tak luput bersama dengan berbagai upacara kegamaan. Uniknya tiap area mempunyai cara yang beraneka ragam di saat mengurus seseorang yang sudah meninggal dunia.
1. Sumatera Utara, Saur Matua
Nggak sembarangan orang bisa menjalankan ritual Saur Matua yang berasal dari Batak ini. Ritual Saur Matua kebanyakan dilakukan oleh orang yang meninggal pada umur yang amat tua. Selain itu ritual ini dilakukan oleh anak dari orang yang sudah meninggal yang sudah menikah dan juga mempunyai keturunan. Dari anak-anaknya yang sudah menikah itu termasuk harus sudah menjalankan tradisi pernikahan.

Yang Unik, di dalam perayaan Saur Matua melambangkan bahagia, bukan duka. Ini dilakukan dikarenakan orang yang sudah meninggal di dalam umur yang amat tua dan anak-anaknya sudah mempunyai anak. Itu artinya orang yang sudah meninggal sudah sukses mendidik anak-anaknya hingga menikah dan hanya menanti kematian bersama dengan rasa suka cita.
2. Tradisi Trunyan, Bali 
Selain upacara adat Ngaben, penduduk Bali mempunyai langkah prosesi pemakaman unik lain yang disebut Trunyan. Pemakaman ini berlokasi di Desa Trunyan, Kintamani. Jasad orang yang sudah wafat tidak dikubur, tetapi diletakkan ke bawah pohon yang bernama taru dan juga kemenyan kemudian dipagari bambu anyam. 

Yang unik, mayat yang sudah berbulan-bulan dibiarkan saja ini tidak menghasilkan aroma menyengat. Konon katanya, pohon taru dan kemenyan tersebut yang mengakibatkan jenazah tersebut tidak mengeluarkan bau gara-gara harum yang dihasilkannya. 
3. Tahlil dan Yasin
Berkaitan dengan kematian, salah satu rutinitas penduduk warga Indonesia yang menganut agama Islam yakni mengadakan do’a tahlilan. Di dalam do’a itu, ummat Islam biasanya membaca surat yasin, berdzikir, dan berdo’a bersama di rumah mayit atau di masjid dekat rumah.
Oleh karena itu, Negara kita menjadi satu-satunya negara Islam yang punya usaha unik untuk membantu tahlilan. Contohnya yakni usaha cetak yasin yang biasanya dibutuhkan oleh keluarga orang yang meninggal. Di beberapa kota metropolitan seperti Jakarta, jasa cetak buku yasin murah merupakan contoh jenis usaha yang jadi mata pencaharian masyarakat Jakarta.
Bagi beberapa pendapat umat Islam di Indonesia, melaksanakan do’a tahlil dan Yasin dapat diniatkan untuk orang yang sudah wafat. Hal ini mempunyai tujuan agar fadilah dzikir, do’a dan yasin sampai kepada orang yang telah meninggal. 
4. Proses pemakaman suku Minahasa, Sulawesi Utara
Suku Minahasa ternyata mempunyai adat ketika mengurus pemakaman yang unik. Suku Minahasa meletakkan jasad duduk sambil memeluk kaki. Menurut sudut pandang Suku Minahasa, posisi ini merupakan lambang keadaan suci dan dapat membawa hal positif untuk mayit.
Selain hal itu, arah dari posisi jasad wajib menghadap ke arah utara yang konon ceritanya, leluhur masyarakat Minahasa berasal dari utara. Menariknya, jasad yang dikubur pada kuburan dari batu ini akan hancur jadi abu tanpa menyisakan sisa tulang.
5. Bali, Ngaben
Wilayah yang dikenal  Pulau 1001 pura ini juga tidak kalah dengan beragam ritual unik. Bicara mengenai adat pemakaman, penduduk Bali mempunyai adat khas yang dikenal dengan Ngaben. Upacara Ngaben dilakukan dengan cara membakar mayit dalam sebuah patung, biasanya berbentuk lembu. 

Warga Masyarakat Pulau Bali yakin bahwa membakar jasad orang yang sudah wafat, jiwa dapat terbebaskan dan menuju kehidupan baru sesudah kematian.  Upacara adat Ngaben termasuk memakan biaya yang cukup banyak. Oleh karenanya dapat disimpulkan upacara adat Ngaben merupakan upacara adat pembakaran jenazah yang termegah di seluruh dunia.
6. Tana Toraja, Upacara Rambu Solo 
Rambu Solo yaitu upacara kebiasaan kematian warga Toraja yang mempunyai tujuan guna mengantarkan arwah orang yang meninggal balik menuju keabadian bersama dengan para leluhur mereka di satu area peristirahatan. Ritual ini memakan cost yang lumayan.
Tradisi ini kerap juga diberi nama tradisi penyempurnaan kematian. Karena orang yang wafat baru diakui sah meninggal sesudah semua prosesi tradisi upacara ini digenapi. Jika belum, maka orang yang meninggal itu hanya diakui sebagai orang sakit atau lemah. Sehingga dia tetap diperlakukan seperti orang hidup, yakni dibaringkan di area ia biasa tidur dan juga diberi makanan dan juga minum bahkan selalu diajak berbicara.
Reply
#2
Tradisi ini kerap juga diberi nama tradisi penyempurnaan kematian. Karena orang yang wafat baru diakui sah meninggal sesudah semua prosesi tradisi upacara ini digenapi. Jika belum, maka orang yang meninggal itu hanya diakui sebagai orang sakit atau lemah. Sehingga dia tetap diperlakukan seperti orang hidup, yakni dibaringkan di area ia biasa tidur dan juga diberi makanan dan juga minum bahkan selalu diajak berbicara.  EFIN
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by