Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Contoh Alat Kesehatan Dan Fungsinya
#1
Alat Kesehatan merupakan sarana yang sangat penting untuk menunjang terlakasananya pelayanan kesehatan di pusat - pusat layanan medis seperti rumah sakit dan klinik. Alat kesehatan memiliki fungsi yang sangat kompleks mulai dari mendiagnosis penyakit, mencegah, merawat dan juga menyembuhkan. Oleh sebab itu, tanpa alat kesehatan rumah sakit dan klinik tidak diizinkan beroperasi karena jelas tidak layak dan tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikut ini sekedar berbagi informasi tentang beberapa alat kesehatan dan fungsinya yang ada di rumah sakit ataupun klinik. 

5 Contoh Alat Kesehatan Dan Fungsinya

1. Alat Suntik (Syringe Disposable)

Alat kesehatan yang satu ini saya yakin semua orang mengetahuinya, termasuk juga anda. Bahkan waktu anak - anak kecil sering memainkannya. Namun tetntunya bukan bekas medis. Ya, alat suntik atau suntikan atau dalam bahasa medis syringe disposable. Diberi nama disposable karena digunakan hanya sekali pakai. Alat ini berfungsi untuk memasukkan cairan obat pada tubuh melalui pembuluh darah vena. Alat ini harus dihancurkan terlebih dulu sebelum dibuang menjadi sampah medis.

2. Alat Infus (Infus Set)

Alat kesehatan yang selanjutnya adalah infus set. Apa itu infus set ? Infus set adalah alat yang digunakan untuk memasukkan cairan infus ke dalam tubuh langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Alat ini hampir sama fungsinya seperti alat suntik namun yang dimasukkan adalah berupa cairan infus (mineral) dengan dosis tertentu. Hampir seluruh pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit, semuanya dipasang alat infus. Hal ini bertujuan agar pasien tidak kekurangan cairan dan agar cepat sembuh. 

3. EKG (Alat Rekam Jantung)

Disebut dengan alat rekam jantung karena memang berfungsi untuk merekam aktifitas kelistrikan jantung. EKG merupakan kepanjangan dari Elektrokardiograf. Alat ini digunakan untuk menganalisa atau memeriksa ada tidaknya gangguan pada jantung melalui aktifitas kelistrikan otot jantung. Hasil dari alat ini adalah berupa grafik sinus yang memiliki karakteristik tertentu pada orang yang normal. Sehingga dokter dapat mengetahui adanya gangguan melalui gambar grafik tersebut. 
4. Defibrillator 

Alat ini disebut juga dengan alat kejut jantung. Sesuai dengan namanya, alat ini memang berfungsi untuk mengejutkan jantung dengan menggunakan sengatan listrik. Apakah tidak berbahaya ? alat ini telah melalui berbagai macam penelitian dari pertama kali ditemukan. Besarnya energi yang diberikan pun tidak sembarangan, telah disesuaikan dengan impedansi orang tersebut. Alat ini memiliki kemampuan untuk menganalisa secara otomatis sehingga besarnya energi yang akan diberikan benar - benar terukur. Alat ini bekerja untuk mengagetkan jantung saat mengalami fibrilasi ventrikel. Satu kondisi yang sering terjadi pada saat serangan jantung. Oleh karena fungsinya cukup penting, alat ini memiliki harga yang cukup mahal. Menurut sumber sebuah toko alat medis yang jual defibrillator, harga satu unit paling murah sekitar 20 jutaan. Bahkan hingga ratusan juta bila anda membeli produk Eropa. 
5. Tensimeter 

Saya yakin anda pasti sudah mengetahui apa itu tensimeter. Ya, tensimeter diambil dari dua kata yaitu tensi dan meter. Tensi atau tekanan dan meter adalah ukuran. Jadi tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan. Tekanan yang dimaksudkan di sini adalah tekanan darah. Dalam dunia kesehatan tekanan darah sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, dokter wajib mengetahui berapa tekanan darah anda ketika anda memeriksakan diri ke rumah sakit ataupun klinik. 

Demikianlah tadi ulsan singkat mengenai beberapa contoh alat kesehatan dan fungsinya. Meskipun hanya 5 buah alat yang bisa kita bahas, mudah - mudahan dapat mewakili sekian banyak alat lain yang ada di rumah sakit ataupun klinik. Sekian, semoga bermanfaat
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by