Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Cara mengatasi stress
#1
Setiap orang yang hidup didunia tentu memiliki masalahnya masing - masing. Ada yang mengatakan bahwa setiap orang akan semakin dewasa jika bisa mengatasi masalah yang dihadapinya. Masalah bukanlah hal yang harus dihindari tetapi sesuatu yang harus dihadapi dan diselesaikan.

[Image: woman-pulling-hair-out.jpg]
sumber gambar: imgkid.com


Masalah yang kita hadapi ada kalanya membuat kita menjadi stress. Jujur saja, saya menulis topik ini karena saya mengalami stress sehingga kepala menjadi berdenyut - denyut. Akhirnya coba mencari artikel - artikel di internet bagaimana sih cara mengatasi stress yang sedang menimpa kita. Setelah bolak - balik cari artikel tentang cara mengatasi stress di internet, akhirnya ketemu juga yang menarik. Berikut ini merupakan 5 hal yang sekiranya bisa mengurangi stress yang sedang kita hadapi
  1. Dapatkan dukungan dari lingkungan anda
    Bila Anda membutuhkan bantuan ketika mengalami stress, orang - orang yang ada disekitar yang peduli dengan anda mungkin adalah jawabannya. Bagilah beban yang sedang dialami dengan orang tua, saudara, sahabat siapa tahu mereka memiliki solusi atas permasalahan tersebut. Atau mungkin saja mereka tersebut pernah mengalami permasalahan yang sama sehingga dengan mudah memberikan solusi. Janganlah menyimpan masalah anda sendiri.
  2. Jangan Panik
    Ketika stress menimpa, sangat dimungkinkan seseorang menjadi panik. Akan tetapi usahakan anda tidak mengalami kepanikan karena itu tidak menyelesaikan persoalan. Bahkan kepanikan akan semakin menjauhkan kita dari solusi masalah. Untuk mengatasi jangan sampai kita panik bisa dilakukan dengan melakukan hal - hal yang anda sukai. Melakukan latihan pernafasan, mendengarkan musik, menulis dalam sebuah jurnal, bermain dengan hewan peliharaan, berjalan - jalan, bersepeda adalah hal yang bisa anda lakukan.
  3. Jangan terlalu menunjukkan stress anda pada anak - anak
    Kadang kita memang harus membagi masalah yang kita hadapi dengan orang lain. Hal ini akan dapat mengurangi beban yang sedang kita hadapi. Tetapi jangan sampai anda menunjukkan stress anda kepada anak - anak anda (kalau yang sudah punya anak). Karena anak - anak belum siap menghadapi masalah yang dihadapi orang dewasa. Biarlah masalah mereka hanya berkutat pada: belum membuat pr besok, buku ketinggalan dirumah dll
  4. Cobalah untuk mencari solusi permasalahan
    Setelah sekiranya pikiran anda tenang dengan melakukan hal - hal diatas maka mulailah mencari solusi atas permasalahan anda. Sekiranya anda tidak dapat memecahkan permasalahan tersebut sekaligus maka cobalah mencari solusi masalah bagian perbagian kecilnya. Niscaya dengan cara ini masalah anda sedikit demi sedikit akan teratasi.
  5. Selalu berpikir positif
    Pikiran anda sangat menentukan hidup anda, ketika anda berpikir positif maka hidup anda akan berjalan dengan positif begitu juga sebaliknya. Jadi tanamkan keyakinan bahwa anda akan berhasil mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Dan yakinlah maka itu akan terjadi.
Artikel ini saya ambil dari sumber: http://kidshealth.org/kid/feeling/emotion/5_steps.html. Sekiranya ada yang ingin melihat versi bahasa inggrisnya silahkan mengunjungi link tersebut.

#2
kalau stress dikarenakan gak punya uang bisa diatasi atau gak ?

Hipnoterapi bisa dipakai sebagai cara jitu mengendalikan emosi yang meluap-luap




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise