Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Cara Sembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes
#1
[Image: causes-of-diabetes.png]
Gaya hidup masyarakat jaman sekarang yang kurang sehat telah menjadikan penyebab berbagai jenis penyakit salah satunya adalah diabetes. Diabetes merupakan penyakit akibat tingginya kadar gula dalam darah yang menyebabkan aliran darah di pembuluh darah terganggu. Diabetes memiliki banyak masalah kesehatan lain sebagai komplikasi salah satunya adalah luka diabetes di bagian jari-jari tangan atau kaki. Jika luka ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, bisa sulit sembuh atau bahkan semakin parah. Penyembuhan luka pada diabetes tidak bisa dilakukan dengan cara sama seperti pada luka biasa karena adanya gangguan di pembuluh darahnya. Kondisi ini memerlukan penanganan khusus yang bisa dilakukan oleh orang-orang terlatih.
 
Jika Anda penderita diabetes atau memiliki keluarga dengan diabetes dan sudah memiliki luka di tubuhnya, maka Anda perlu mengetahui cara perawatan luka tersebut agar tidak semakin parah. Luka yang terjadi pada pasien diabetes lebih sukar sembuh dibandingkan dengan luka orang normal yang seringkali dapat sembuh dengan sendirinya. Luka diabetes sukar sembuh disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar ke area luka tersebut sehingga perbaikan dan regenerasi sel rusak tidak berjalan dengan sempurna. Bahkan luka tersebut bisa semakin parah jika kadar gula darah tak segera turun yang mengakibatkan aliran darah terhenti ke bagian luka tersebut. Luka akan membusuk dan bisa menjalar ke sel lain yang sehat jika tidak segera dihentikan. Cara menghentikan penyebaran tersebut adalah dengan melakukan amputasi yang pastinya tidak diinginkan oleh siapa saja.
 
Agar luka diabetes tidak semakin parah dan menghindari dibutuhkannya prosedur amputasi, ada cara penyembuhan luka diabetes yang harus dilakukan oleh pasien maupun mereka yang merawatnya yaitu:
 
1. Menurunkan kadar gula.
Menurunkan kadar gula darah sesegera mungkin menjadi cara yang paling penting untuk dilakukan agar luka bisa cepat sembuh dan tidak menjalar ke jaringan yang sehat. Dengan kadar gula yang turun, aliran darah akan lebih lancar sehingga metabolisme akan terjadi di area luka yang akan mempercepat penyembuhannya.
 
2. Kebersihan.
Jaga kebersihan area luka karena kotoran bisa saja mengandung bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Jika terjadi infeksi akan semakin memperparah luka tersebut dan menjadikannya semakin sulit diobati apalagi jika kadar gula tidak turun. Bersihkan luka setiap hari dan ganti perbannya. Bersihkan di bawah air mengalir dan olesi dengan cairan antiseptik. Ganti perban dengan perban higienis setiap hari. Jika Anda memiliki obat yang diberikan oleh dokter, aplikasikan sebelum menutup luka dengan perban.
 
3. Hindari stress.
Selain pola makan yang tidak sehat, stress juga menjadi pemicu tingginya kadar gula darah. Stress juga memicu keluarnya hormon yang berakibat kacaunya metabolisme tubuh. Penting untuk pasien diabetes agar tidak stres dengan dukungan dari keluarga.
 
Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga dengan diabetes dan luka, itulah cara yang bisa dilakukan untuk teknik penyembuhan luka bagi penderita diabetes. Namun jika Anda mengalami kesulitan, tak ada salahnya untuk meminta bantuan tenaga profesional tanpa perlu membawa pasien ke rumah sakit. Salah satu layanan jasa fisioterapi Jakarta yang bisa dimintai bantuan adalah Aido, salah satu startup company yang berada di bilangan Jakarta Barat. Aido merupakan aplikasi kesehatan yang dapat membuat jadwal konsultasi dan pelayanan kesehatan di rumah pasien. Anda bisa mengundang dokter, perawat dan tenaga fisioterapi untuk memberikan pelayanan kesehatan di rumah sehingga pasien bisa tetap leluasa. Dengan Aido Anda tak perlu mencari satu per satu pelayanan kesehatan yang bersedia datang ke rumah karena Aido bisa melakukannya untuk Anda.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id