Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Obati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh
#1
[Image: ketahui-perbedaan-dokter-gigi-umum-dan-p...alodoc.jpg]


Menjaga kesehatan gigi anak harus dimulai sejak dini, kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lain. Gigi tak hanya menjadi pemanis senyuman, tetapi juga menjadi salah satu bagian tubuh yang memengaruhi sistem pencernaan anak. Sangat penting bagi para orang tua mengetahui kapan waktu yang tepat bagi sang anak pergi ke dokter gigi.
Gigi yang sehat membuat anak lebih mendapatkan gizi yang optimal, kondisi ini membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak mencukupi kebutuhan. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan baik, rutin menggosok gigi menjadi cara tepat untuk menjaga kesehatan gigi meskipun hal ini belum cukup untuk memastikan gigi bersih dan bebas dari kuman.
Cara Mengobati Sakit Gigi
Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan dapat diandalkan untuk mengatasi rasa sakit sebelum pergi ke dokter gigi. Lakukan beberapa cara ini untuk meredakan sakit yang muncul jika sudah merasa tak tertahankan.
1. Kompres Es Batu
Pada umumnya sakit gigi disertai dengan pipi bengkak, untuk meredakan kondisi ini bisa dengan mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara ini termasuk yang paling mudah dan sederhana, selain meredakan bengkak kompres juga membantu dalam mengurangi nyeri hingga pendarahan dalam gusi.
Cara yang bisa dilakukan dengan membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil, tempelkan handuk pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Lalu biarkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak berkurang.
2. Kumur Air Garam
Sudah terkenal sejak dahulu jika berkumur menggunakan air garam menjadi cara mengobati gigi yang paling populer. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan hingga rasa sakit pada gigi dan gusi, lakukan flossing terlebih dahulu sebelum berkumur menggunakan air garam. Fungsinya untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi.
Kemudian siapkan satu hingga dua sendok garam untuk berkumur, lakukan selama 30 detik dengan air hangat. Setelah itu buang, dan selalu ingat bahwa jangan menelan air garam yang digunakan untuk berkumur.

3. Obat Pereda Nyeri

Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa menggunakan resep di apotek, pastikan membaca terlebih dahulu semua petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan dengan teliti. Apabila nyeri tak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat pereda nyeri langsung periksakan kondisi ke dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut.
Tips Mengajak Anak Periksa Gigi
Pada umumnya anak akan merasa takut bertemu dengan dokter ketika pertama kali melakukan kunjungan ke dokter. Hal ini lumrah karena mereka memang belum mengenal dan mengerti apa yang akan dilakukan dokter gigi. Namun tak perlu khawatir, beberapa cara ini dapat digunakan untuk membujuk anak agar mau periksa gigi.
  • Jadwalkan kunjungan ke dokter pada hari ketika anak sedang dalam suasana baik, sehingga dia akan lebih kooperatif.
  • Bersikap tenang ketika menjalani perawatan atau ketika sedang membicarakan rencana melakukan pemeriksaan gigi.
  • Jangan menakuti anak dengan menggunakan pemeriksaan gigi menjadi ancaman jika si anak tidak berperilaku baik, itu hanya akan membuat mereka semakin tidak mau.
Siapkan penjelasan yang rinci mengenai kondisi gigi anak, seperti makanan yang biasa dikonsumsi atau kebiasaan yang sering dilakukan. Lalu pilih dokter spesialis anak yang sudah terpercaya dan lebih baik jika sudah memiliki tempat praktik. Jangan lupa beri gambaran yang baik dari dokter gigi pada anak agar tak lagi merasa takut.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by