Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Yang Mampu Membuat Calon Konsumen Berdatangan
#1
Dalam menambah penjualan produk selama beberapa tahun pasti banyak menemui kenaikan dan penurunan pembelian item.Banyak masalah muncul dan membuat semua yang telah direncanakan dan sudah dilakukan terlihat berantakan.

Dalam menghadapi kendala toko online tetap bertahan dan terus beromzet.Toko online harus mengikuti tren bisnis yang terus berubah yang disesuaikan perilaku konsumen.Dibawah ini ada beberapa cara meningkatkan konversi penjualan dan membuat konsumen tetap berbelanja di toko online.

1. Keamanan Situs Web Toko Online,

Dalam upaya ingin mendapatkan banyak pengunjung dan pembeli,pemilik bisnis pasti ingin website toko online berada di halaman pertama Google.Halaman pertama google membuktikan website akan mendapat lalu lintas kunjungan untuk sekedar melihat produk atau kemungkinan membeli lebih besar.

Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah keamanan toko online.Website toko online harus terlihat aman di mata calon pelanggan.

Salah satunya adalah memasang ikon gembok kunci di alamat url situs(SSL).Cara untuk melakukannya dapat dengan mendaftar dan membelinya di situs penyedia SSL seperti SSL2BUY,Komodo dan GeoTrust.


2. Menampilkan Testimonial Produk,

Dalam meningkatkan penjualan,pemilik bisnis harus memasang foto produk berkualitas terbaik,mendeskripsikan produk semenarik mungkin untuk menarik calon pembeli baru membeli produk.

Itu semua cara yang bagus dalam menarik pengunjung tetapi mungkin pengunjung hanya datang dan terkesan dengan gambar produknya saja.

Mereka tertarik dengan produk tetapi belum tentu membeli walaupun toko online menambahi dengan deskripsi produk yang menarik.Mereka was-was untuk mengeluarkan uangnya karena takut produk tidak sesuai foto dan deskripsi.

Untuk membuat konsumen yang sudah datang ke toko online dan menghadapi masalah tersebut pemilik bisnis harus menampilkan testimonial pelanggan sebelumnya.

Testimonial dari pelanggan itu asli dan akan meningkatkan konversi penjualan produk.Untuk lebih menguatkan bahwa testimonial tersebut asli pemilik bisnis dapat menambahkan foto orang yang memberi testimonial beserta namanya.

3. Menampilkan Produk Terpopuler dan Terlaris.

Kadangkala ada pengunjung yang datang ke toko online karena promosi di media tertentu.Pengunjung tersebut punya maksud awal hanya untuk melihat-lihat saja tetapi karena di toko online Anda terdapat produk yang menarik dan populer akhirnya dia membeli produk.

Ini mengartikan bahwa menempatkan produk menarik dan populer sangat penting.Tertarik dengan produk menarik dan populer itu berhubungan dengan penempatan produk yang terlihat ketika pertama kali calon konsumen mengunjungi situs toko online Anda.


4. Menjelaskan Deskripsi Produk Dengan Video,

Menggunakan video untuk mendeskripsikan produk sekarang sudah banyak diterapkan di website toko online salah satunya adalah website freelance kontes desain sribu.

Video lebih mudah dan cepat diingat daripada membaca.Orang ketika membaca suatu deskripsi produk yang panjang butuh waktu lama untuk mencerna maksud tulisan daripada mendengarkan dan melihat video.

Selain itu menggunakan video dapat menghemat tata letak halaman.Jika seandainya memakai deskripsi produk yang panjang dengan tulisan ditambah dengan penjelasan tutorial produk,itu akan memakan banyak bagian di halaman website.

Tetapi jika memakai video, deskripsi produk dan tutorial penggunaan produk dapat digabung menjadi satu bagian dan terkesan praktis dan lebih terpusat.

Sekarang yang terpenting adalah membuat konten video yang sekreatif dan seinovatif mungkin yang mampu menyampaikan kelebihan dari produk ke calon konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membeli.


5. Menawarkan Diskon Kepada Pelanggan,

Diskon merupakan strategi pemasaran produk yang sudah umum.Banyak toko online yang memakai diskon sebagai salah satu strategi marketingnya.Jika banyak toko online yang memakai diskon,jelas akan terjadi kompetisi dalam menawarkan diskon di produk toko online.

Tetapi jika pemilik bisnis berinovatif dalam memasang diskon di toko onlinenya ada sedikit celah untuk menggunakan pemasaran diskon secara efektif.Jika semua website toko online memasang diskon di satu atau beberapa produk cobalah sedikit berbeda dengan menggunakannya dengan diskon produk satu harga.

Diskon satu harga yaitu memasang harga yang sama di semua produk.Menaikkan harga produk yang lebih murah dan menurunkan harga produk yang lebih mahal.

Semisal harga ikat pinggang seharga 16.000 rupiah dan kaos kaki seharga 14.000 rupiah,pemilik bisnis dapat memasang harganya menjadi 15.000 rupiah.Itu akan sedikit berbeda dari yang lain dan akan mengganggu psikologis konsumen untuk tertarik dan membeli produk.


6. Menawarkan Beragam Metode Pembayaran.

Ketika pemilik bisnis fokus mempromosikan produk toko online mereka dan akhirnya mendapatkan konsumen yang akan membeli produk.Konsumen tersebut tertarik membeli suatu produk dan melalui step by step dan akhirnya sampai di step pembayaran produk.

Konsumen hanya memiliki e-money saja,sedangkan toko online cuma menyediakan metode pembayaran melalui bank transfer.Jika konsumen melanjutkan mereka akan dikenai biaya admin(ke bank yang dituju).

Ini akan membuat konsumen tidak jadi membeli dan pergi ke toko online yang lain.Jelas toko online telah kehilangan konsumen dan peningkatan penjualan.

Oleh karena itu toko online harus menyediakan beragam metode pembayaran seperti e-money,bank transfer dan kartu kredit atau yang sedang trending yaitu pembayaran melalui Cash On Delivery (COD).Jika toko online menerapkan beragam metode pembayaran,masalah diatas tidak akan terjadi dan toko online akan mengalami peningkatan penjualan.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by