Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Cara Mengusir Cicak dan Reptil Lain dari Rumah
#1
[Image: cara-mengusir-cicak.jpg]
Cicak adalah hewan yang masuk ke dalam kelas reptilia. Keberadaannya kerap mengganggu kenyamanan di dalam rumah. Sebab, selain sering buang kotoran sembarangan, cicak atau cecak kerap menyusup ke dalam bahan-bahan makanan. Oleh karenanya, tak ada salahnya menerapkan berbagai cara mengusir cicak dari rumah.
Masalah lain yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini tak hanya menjadikan cicak sebagai hewan reptil yang harus diusir dari rumah. Ada berbagai jenis reptil lain yang sering masuk ke dalam rumah. Bahkan, beberapa di antaranya, hewan reptil itu ke dalam jenis yang berbahaya dan dapat membahayakan manusia, seperti ular dan biawak.
Apalagi di musim penghujan dan banjir seperti saat ini. Ketika rumah tergenang banjir, bukan tidak mungkin hewan-hewan reptil tersebut ikut masuk ke dalam rumah kita. Nah, sebaiknya jangan panik, berikut adalah beberapa cara atau langkah untuk mengusir hewan-hewan reptil itu dari dalam rumah kita.
1.     Cara Mengusir Cicak dari Rumah
Walaupun tak membahayakan seperti ular atau biawak, cicak bagi sebagian orang adalah hewan yang menjijikan. Tak sedikit orang-orang yang takut kepada cicak. Jika Anda termasuk ke dalam golongan tersebut, beberapa cara ini dapat Anda coba:
¾   Gunakan Bubuk Kopi
Sama halnya seperti kecoa, cicak juga membenci aroma menyengat yang berasal dari bubuk kopi.
Untuk menimbulkan efek jera, Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau hingga merata, lalu taburkan di beberapa area rumah. Bubuk tembakau bisa berfungsi sebagai racun bagi cicak.
¾   Cangkang Telur
Bau telur yang amis ternyata bisa membuat cicak menjauh. Namun, Anda tak perlu menaruh telur mentah yang sudah pecah sebagai cara mengusir cicak, cukup manfaatkan saja kulit atau cangkangnya.
Gunakan isi telur untuk dimasak, tetapi jangan membuang kulitnya. Lalu, letakkan di beberapa area rumah yang sering didatangi cicak.
Selain itu, cangkang telur juga dapat memberikan kesan menakutkan bagi cicak karena dianggap lebih besar dari tubuhnya.
¾   Turunkan Suhu Ruangan
Cara mengusir cicak di rumah lainnya adalah menggunakan pendingin ruangan. Cicak merupakan jenis binatang berdarah panas. Ini artinya, cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin.
Maka dari itu, Anda bisa melakukan cara mengusir cicak menggunakan pendingin ruangan, seperti air conditioner atau air cooler di dalam ruangan sehingga cicak tidak tertarik untuk datang.
¾   Pastikan Tak Ada Makanan yang Terbuka
Cara mengusir cicak lainnya adalah dengan menutup semua makanan dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan.
Anda juga bisa menutup makanan yang terletak di atas meja makan menggunakan tudung saji agar tidak dihinggapi oleh cicak.
2.     Cara Mengusir Ular dari Rumah
Ular liar, apalagi yang memiliki bisa tentu amat membahayakan jika menyelinap masuk ke dalam rumah. Ia bisa sewaktu-waktu mematuk dan menyuntikkan racunnya ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, di musim seperti ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memastikan tak ada ular yang masuk ke dalam rumah.
¾   Jangan Biarkan Ada Barang yang Menumpuk, Utamanya Kayu
Tumpukan barang, utamanya tumpukan kayumu adalah tempat yang nyaman untuk ular bersembunyi. Kondisi itu merupakan sesuatu yang ideal bagi ular untuk bersarang. Oleh karenanya, pastikan tak ada barang yang menumpuk di pekarangan rumah.
¾   Semprotkan Wewangian
Ular memiliki indera penciuman yang peka. Wewangian amat tak disukai ular lantaran dapat menusuk dan berpotensi mengganggu indera penciumannya. Jika Anda melihat ular masuk ke dalam rumah Anda, segera semprotkan wewangian agar membuatnya tak nyaman. Setelah memungkinkan, lekas minta pertolongan kepada mereka yang kompeten untuk mengeluarkannya dari dalam rumah.
¾   Gunakan Karbol
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan dengan alasan yang sama, karbol pun bisa jadi pilihan mengingat punya bau menyengat. Ular akan menghindari tempat yang berbau tajam tertentu.
¾   Selalu Jaga Kebersihan dan Waspadai Tempat yang Lembap
Jaga terus kebersihan, terlebih di tempat-tempat gelap dan lembap yang disukai ular. Rajin-rajinlah melakukannya.
3.     Cara Mengusir Biawak dari Rumah
Biawa termasuk reptil yang mengganggu dan berbahaya. Tak hanya menyerang manusia, biawak juga acap kali memangsa hewan ternak. Untuk menghindari kerugian terkait biawak, berikut cara mengusirnya.
¾   Hindari Kolam atau Genangan Air di Pekarangan
Biawak adalah hewan yang dapat hidup di dua alam, yakni darat dan air. Bahkan, sebagian hidupnya dihabiskan di dalam air. Selain memangsa hewan ternak, utamanya unggas, biawak juga dapat memangsa ikan. Dengan adanya kolam atau genangan air di pekarangan rumah, itu bisa saja menjadi alasan biawak menyambangi rumah Anda. Apalagi jika rumah Anda terletak di dekat habitat aslinya.
¾   Kelilingi Pekarangan atau Kandang Ternak dengan Pagar
Penggunaan pagar bisa menangkal hewan seperti biawak masuk ke dalam area aman rumahmu. Biawa tak dapat memanjat bidang miring yang bertekstur halus seperti pagar. Pastikan pagar yang kamu buat cukup tinggi dan tidak bercelah besar.
¾   Pagar Kawat Juga Ampuh
Selain pagar kayu, kawat yang bercelah kecil juga dapat dijadikan pilihan agar biawak tak dapat menyelinap masuk ke dalam pekarangan rumah atau membobol kandang ternak Anda.
***
Nah, itulah beberapa cara mengusir cicak, biawak, dan ular dari rumah yang bisa Anda terapkan. Kesemuanya bertumpu pada kondisi lingkungan rumahmu. Jika rumah Anda bersih dan terawat, kemungkinan besar sulit bagi hewan-hewan itu “mampir” ke rumah Anda. Oleh karenanya, pastikan selalu kebersihan rumah, ya!

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id