Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Mengobati Acid Reflux, Bisa dengan Mengubah Pola Hidup
#1
Acid reflux adalah kondisi ketika isi perut naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa disebabkan oleh terbukanya katup antara kerongkongan dan lambung saat mengalami gangguan.

Kondisi ini disebut juga dengan penyakit asam lambung atau GERD. Biasanya akan terjadi acid reflux lebih dari dua kali seminggu pada penderita 
GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Adapun gejala-gejala yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam lambung berupa sakit dada atau terasa nyeri ulu hati, mulut terasa asam atau pahit, sulit menelan, mual, muntah, serta berkurangnya nafsu makan.
Biasanya, katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung ini melemah atau mengalami gangguan sehingga tidak bisa menutup sempurna. Penyebab gangguan ini belum diketahui pasti. Hanya saja diduga ada beberapa faktor yang meningkatkan risikonya. Seperti mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, pengaruh obat-obatan tertentu, gangguan kecemasan, adanya perubahan hormon, serta faktor risiko lainnya.

Cara Mengobati GERD

GERD ini bisa diobati dengan berbagai langkah pengobatan. Cara pengobatannya akna disesuaikan dengan tingkat keparahan dan durasi seseorang mengalami GERD. Berikut beberapa penanganan yang disarankan oleh dokter untuk pasien GERD.

Obat-obatan

Biasanya dokter akan meresepkan sederet obat GERD, seperti:
Antasida, yaitu obat yang berfungsi menetralkan asam lambung sehingga mampu meredakan gejala GERD dengan cepat
Proton pumb inhibitor (PPI) yang harus disesuaikan dosisnya berdasarkan tingkat keparahan radang esofagus yang dialami. Biasanya diberikan selama 6-8 minggu dan dilanjutkan dengan dosis pemeliharaan selama empat bulan selanjutnya.
Prokinetik, yaitu obat yang membantu agar lambung pasien kosong lebih cepat.
H2 receptor blocker, obat untuk pengobatan esofagitis tingkat ringan hingga sedang. Obat ini akan membantu mengurangi produksi asam lambung pasien.

Operasi
Jika pasien sudah diberikan terapi obat dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dilakukan operasi. Beriku tbeberapa jenis operasi yang biasanya dilakukan pada pasien penderita GERD, yaitu:
Fundoplication, yaitu operasi untuk mencegah refluks dengan mengikat otot sfingter esofagus bawah.
Endoskopi, yaitu prosedur dengan menggunakan jahitan yang bertujuan mengencangkan otot sfingter.
Pemasangan LINX, yaitu alat khusus berupa cincin dengan magnet. Nantinya alat khusus ini akan dipasang di bagian sfingter yang mengalami gangguan. Dengan begitu, LINX akan membantu sfingter menutup dan mencegah isi dalam lambung naik ke esofagus.

Perubahan Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat
Merubah gaya hidup memang bukan pengobatan utama untuk penyakit GERD. Akan tetapi, dengan merubah gaya hidup jadi lebih sehat akan mengurnagi frekuensi gejala acid refluks sehingga tidak sering kambuh.
Adapun yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
Mengunyah makanan sebaik mungkin hingga makanan menjadi benar-benar lembut
Hindari konsumsi makanan dan minuman yang jadi pemicu gejala GERD
Saat tidur, atur posisi agar kepala lebih tinggi
Makan dengan porsi lebih sedikit
Berhentilah merokok
Hindari mengenakan pakaian yang ketat
Jangan langsung berbaring setelah makan, tapi beri jeda beberapa jam
Jika memiliki kelebihan berat badan, maka turunkan berat badan Anda
Hindari stres dan gangguan kecemasan dengan melakukan teknik relaksasi.
Acid reflux yang dirasa sudah sangat mengganggu ada baiknya untuk segera diberikan pengobatan dan penanganan medis. Anda bisa mencoba berbagai pengobatan di atas. Imbangi juga obat dari dokter dengan merubah pola hidup jadi lebih sehat.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by