Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Meningitis
#1
Beberapa jenis penyakit meningitis terdeteksi memiliki tingkat risiko fatalitas yang cukup tinggi dan bisa mengancam nyawa Anda. Apalagi, beberapa jenis penyakit meningitis ternyata dapat menular lewat kontak langsung dengan penderita maupun dengan gigitan seranggan.
Kewaspadaan agar terhindar dari penyakit ini menjadi amat diperlukan. Jika memang belum terkena, perlu upaya pencegahan agar Anda jangan sampai menderita penyakit meningitis. Kalaupun ternyata Anda sudah didiagnosis menderita meningitis bukan berarti segalanya berakhir. 

Pasalnya, saat ini sudah ada upaya pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jenis penyakit radang selaput otak ini.
Pencegahan maupun pengotan meningitis pun sebenarnya sudah umum dilakukan di berbagai tempat medis. Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan maupun pengobatan terkait penyakit meningitis yang bisa Anda lakukan untuk sekadar berjaga-jaga ataupun untuk terapi pengobatan.

Pencegahan meningitis
Beberapa jenis penyakit meningitis sangat mudah menyebar dari percikan air liur maupun gigitan serangga. Ada pula jenis penyakit meningitis yang sangat berhubungan erat dengan daya tahan tubuh. Karena itu, beberapa langkah inilah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit meningitis menimpa Anda.

• Jaga jarak dengan Penderita
Penyakit meningitis bisa dengan mudah menular dari percikan air liur orang yang sudah mengidapnya. Karena itu, memberi batasan jarak dengan penderita ketika sedang berinteraksi amat diperlukan agar Anda tidak tertular. Kalau memang kondisi penderita cukup parah, Anda bisa mengantisipasi interaksi dengan tetap menggunakan masker.

• Pastikan makanan steril
Radang selaput otak kerap kali ditimbulkan akibat infeksi jamur dan bakteri. Kedua penyebab tersebut sangat mudah ditemukan pada makanan-makanan yang tingkat kebersihannya kurang terjaga. Makanan-makanan mentah tanpa pembersihan ekstra juga sangat rentan disusupi jamur dan bakteri. Karena itu, pastikan Anda selalu menyantap makanan yang sudah steril agar terhindar dari meningitis.

• Olahraga teratur
Penyakit meningitis sangat bergantung pada imun tubuh yang Anda miliki. Semakin baik imun tubuh Anda, semakin terhindar pula Anda dari jenis penyakit yang menyerang selaput otak ini. Melakukan olahraga secara teratur agar stamina terjaga dapat menjadi cara untuk menghindari jenis penyakit yang satu ini.

• Pemberian vaksin
Saat ini sudah tersedia beberapa jenis vaksin untuk penangkal penyerangan penyakit meningitis. Pemberian vaksin dilakukan khususnya untuk menghindari jenis meningitis yang berasal dari bakteri maupun virus. Jenis vaksin untuk memberikan kekebalan tubuh dari meningitis, di antaranya vaksin meningitis B serta vaksin ACYW.

Pengobatan meningitis
Jika Anda terkena penyakit meningitis, bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Kini banyak langkah pengobatan yang bisa Anda tempuh untuk mengobat jenis penyakit ini.

• Istirahat dan perbanyak air putih
Langkah pengobatan ini biasa diterapkan untuk penderita meningitis virus. Pasalnya, biasanya meningitis virus dapat sembuh sendiri asal imun tubuh membaik. Kalaupun kondisi penderita memburuk, dokter akan memberikan resep obat untuk melawan virus tersebut.

• Beri obat antijamur
Tentu saja pemberian obat antijamur diberikan kepada penderita penyakit meningitis akibat jamur. Jenis obat antijamur yang biasanya dibeirkan dokter, antara lain fluconazole juga amphotericin B.

• Pemberian antibiotik
Pemberian antibiotik akan diberikan sebagai dokter sebagai langkah pengobatan pasien dengan penyakit meningitis bakteri. Antibiotik diberikan untuk menurunkan risiko pembengkakan otak yang sangat mungkin dialami penderita. Jenis antibiotik yang diberikan biasanya bergolongan sefalosporin.

***
Pencegahan dan pengobatan penyakit meningitis memang sangat mungkin dilakukan. Namun, jangan sampai Anda mengendurkan kewaspadaan. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati.  Terapkan pola hidup sehat dan jaga imunitas menjadi kunci sukses untuk terhindari dari jenis penyakit yang menyerang otak ini.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by