Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Memulai Bisnis Online
#1
Perkembangan internet yang luar biasa sekarang ini, telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Bagi mereka yang bisa mengambil kesempatan, internet bisa dijadikan lahan untuk bisnis. Bisnis online sekarang ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak orang sudah merasakan bagaimana keuntungan melakukan bisnis online.

Bisnis online mungkin merupakan sesuatu yang tidak begitu sulit bagi mereka yang sudah berpengalaman. Bisnis online yang sudah berjalan dengan sistem yang baik tentu lebih mudah dibandingkan bagi mereka yang baru membangun bisnis online. Terus bagaimana bagi mereka yang baru ingin memulai bisnis online?

[Image: Starting-Online-Business.jpg]
images : emailsangel.com

Bisnis online akan bisa dijalankan dengan sukses jika memang pada saat memulainya direncanakan dengan baik. Berikut ini merupakan tips bagi mereka yang baru akan memulai bisnis online (sumber : entrepreneur.com)
  • Cari tahu kebutuhan konsumen dan berusaha untuk memenuhinya (Find a need and fill it)
    Suatu bisnis bisnis online akan sukses apabila produk atau jasa yang dijual memang dibutuhkan oleh konsumen. Lakukanlah survey untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Dan dari begitu banyak kebutuhan konsumen yang ada, kebutuhan yang manakah yang bisa anda penuhi. Janganlah melakukan pekerjaan diluar kemampuan kita karena hasilnya tidak akan bagus. Lakukanlah survey di forum-forum online, media sosial dll. Kalau bisa ambilah segmen yang belum banyak pesaing didalamnya.
  • Buatlah Rancangan/Tulisan Produk yang akan dijual (Write copy that sells)
    Setelah menentukan produk atau jasa yang akan anda jual, buatlah sebuah rancangan sketsa kira - kira bagaimana produk yang akan dijual. Rancangan dalam bentuk tulisan ini hendaknya memenuhi unsur berikut: membangkitkan minat konsumen dengan judul yang menarik, jelaskan masalah apa yang bisa dipecahkan oleh produk/jasa ini, tunjukkan kemampuan anda bahwa anda bisa memecahkan permasalahan konsumen, tambahkan testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk ini, jelaskan tentang manfaat produk, buatlah jaminan bahwa produk ini memang bermutu dan mulailah menawarkan. Posisikan diri anda sebagai konsumen, apakah produk ini memang diperlukan oleh konsumen.
  • Mulailah membangun Website untuk Sarana Berjualan
    Bisnis anda akan lebih dipercaya jika memiliki website sendiri. Memang bisa berjualan melalui media sosial, akan tetapi jika memiliki toko online dengan sistem yang baik tentu lebih baik untuk bisnis online anda. Buatlah website yang simple (jangan terlalu rumit, customer friendly / mudah dioperasikan oleh konsumen dan buatlah supaya konsumen gampang untuk membeli / satu atau dua kali klik konsumen sudah selesai transaksi)
  • Gunakanlah Mesin Pencari untuk pencari pembeli potensial
    Memasang iklan PPC mungkin cara yang cukup mudah bagi mereka yang ingin mencari pembeli potensial untuk bisnis online. Dengan iklan PPC, pengunjung akan lebih mudah menemukan website anda. Pilihlah kata kunci yang tepat, sehingga pengunjung yang datang memang benar-benar yang anda cari. Dengan demikian, peluang bisnis online anda berkembang menjadi lebih besar.
  • Membangun reputasi seorang ahli pada diri anda (Establish an expert reputation for yourself)
    Orang kebanyakan menggunakan internet untuk mencari informasi, maka untuk mendapat trafik kunjungan yang tinggi mulailah membuat artikel, video atau konten lain yang bermanfaat bagi orang lain. Bagikanlah artikel, video dll tersebut kepada orang lain dan tunjukkan bahwa website anda punya sesuatu yang bermanfaat. Jangan lupa, anda bisa menyelipkan produk anda didalamnya.
  • Gunakanlah kekuatan e-mail untuk pemasaran
    Pada tahap ini, anda bisa merubah pengunjung menjadi pembeli potensial
  • Tingkatkan Pendapatan anda dengan (back-end sales and upselling - - apa ya )
    Kurang lebih seperti ini kayaknya Big Grin Big Grin Big Grin , tawarkan produk lain sebagi pelengkap untuk produk yang sudah dibeli konsumen. Memajang produk - produk anda di kwitansi pembayaran, kartu garansi. pokoknya dimana saja sehingga hubungan anda dengan konsumen tetap terjaga.
Ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis online dari mulai merancang sampai menjalankannya. Tips ini saya ambil dari sumber- -  http://www.entrepreneur.com/article/175242 - - . Kalau ada yang salah ya maaf, soalnya bahasa inggris saya agak kurang. he he he

Selamat memulai bisnis online
Ziuma TV - Subscribe ya Gaess




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by