Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Membersihkan Mulut Bayi Berdasarkan Usia
#1
[Image: ikuti-cara-membersihkan-mulut-bayi-ini-a...840625.jpg]




Jika bayi Anda belum makan makanan padat atau belum memiliki gigi, mungkin tampaknya tidak perlu membersihkan mulutnya. Tetapi kebersihan mulut tidak hanya untuk anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, bayi juga membutuhkan kebersihan mulutnya, dan semakin awal Anda mulai, semakin baik. Lalu bagaimana cara membersihkan mulut bayi?

Bakteri ada di mulut bayi dengan cara yang sama seperti di mulut Anda. Tetapi bayi memiliki lebih sedikit air liur daripada orang dewasa, yang membuat mulut kecil mereka lebih sulit untuk membersihkan residu ASI. Hal ini juga bisa menumpuk di lidah mereka, menyebabkan lapisan putih. Membersihkan lidah mereka akan mengendurkan dan menghilangkan residu tersebut.

Menggunakan kain lembab untuk membersihkan lidah bayi Anda juga memperkenalkan mereka pada pembersihan mulut sejak dini, jadi bukan hal yang besar jika Anda membersihkan mulutnya dengan sikat gigi di kemudian hari. Berikut cara membersihkan mulut bayi yang tepat sesuai usianya:
  • [font=Arial]Membersihkan mulut dan lidah bayi yang baru lahir[/font]
Membersihkan lidah dan gusi bayi adalah proses yang relatif sederhana, dan Anda tidak membutuhkan banyak persediaan. Anda hanya membutuhkan air hangat dan waslap atau kain kasa. Pertama, cuci tangan Anda dengan sabun dan air. Kemudian, untuk mulai membersihkan, baringkan bayi Anda di pangkuan Anda dengan kepala dipeluk di tangan Anda. Kemudian:

  1. [font=Arial]Celupkan jari yang dilapisi kain kasa atau kain ke dalam air hangat.[/font]
  2. [font=Arial]Buka mulut bayi Anda dengan lembut, lalu usap ringan lidahnya dengan gerakan memutar menggunakan kain atau kain kasa.[/font]
  3. [font=Arial]Gosokkan jari Anda dengan lembut pada gusi bayi Anda dan juga di bagian dalam pipinya.[/font]
  4. [font=Arial]Anda juga dapat menggunakan sikat jari lembut yang dirancang untuk memijat dan menggosok dengan lembut sisa susu dari lidah dan gusi bayi Anda. Idealnya, Anda harus menyikat lidah bayi Anda setidaknya dua kali sehari.[/font]
  • [font=Arial]Gunakan gliserin dan pasta gigi pada bayi usia sekitar 6 bulan[/font]
Gliserin adalah cairan dengan rasa manis dan tidak berwarna yang membuat pasta gigi memiliki tekstur yang lembut. Gliserin tidak beracun dan dianggap aman setelah Anda memulai bayi Anda dengan pasta gigi dalam jumlah kecil sekitar 6 bulan. Tapi baik pasta gigi maupun gliserin di dalamnya tidak diperlukan untuk membersihkan mulut bayi baru lahir atau bayi berusia kurang dari 6 bulan. (Meskipun gliserin sepertinya tidak menjadi masalah, menggunakan pasta gigi dengan pasta gigi yang sedikit dapat menyebabkan bayi menelan terlalu banyak fluorida.)
  • [font=Arial]Membersihkan lidah saat bayi Anda terserang sariawan[/font]
Penting untuk diperhatikan bahwa lapisan putih di lidah bayi Anda tidak selalu disebabkan oleh ASI. Terkadang, hal itu disebabkan oleh kondisi yang disebut sariawan. Sisa susu dan sariawan terlihat serupa. Perbedaannya adalah Anda dapat menghapus sisa susu, namun Anda tidak bisa menghilangkan sariawan. Jadi, jika lapisan putih itu tidak hilang, hubungi dokter anak bayi Anda.
  • [font=Arial]Membersihkan lidah bayi setelah usia 6 bulan[/font]
Setelah bayi Anda berusia minimal 6 bulan dan memiliki gigi pertama, Anda dapat menggunakan sikat gigi yang lembut dan ramah anak, bersama dengan pasta gigi. Gunakan ini untuk membersihkan gigi yang masuk. Anda juga dapat menggunakan sikat gigi untuk menggosok lembut lidah dan gusi bayi Anda, atau terus menggunakan sikat jari, kain kasa, atau waslap sampai mereka sedikit lebih besar. Cara membersihkan mulut bayi setelah usia 6 bulan juga hampir sama seperti membersihkan mulut bayi baru lahir.

Cara-cara membersihkan mulut bayi diatas bisa Anda praktekkan di rumah, jika Anda masih belum yakin Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi anak mengenai hal ini. Selain menyikat dan membersihkan lidah, pemeriksaan rutin dengan dokter gigi anak juga penting untuk bayi dan balita.

Kebersihan mulut yang baik dimulai sejak usia dini. Meskipun anak Anda tidak akan ingat pernah membersihkan lidah dan gusi mereka saat baru lahir, rutinitas ini berkontribusi pada kesehatan mulut mereka secara keseluruhan, dan membantu mereka mempertahankan kebiasaan yang baik seiring bertambahnya usia.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by