Cara Kerja Mesin Pencuci Piring
Pada dasarnya, mesin pencuci piring adalah robot / mesin yang membersihkan dan membilas piring kotor. Manusia harus memuat piring, menambahkan deterjen, mengatur siklus pencucian yang tepat dan menyalakannya, namun mesin pencuci piring meny




 
#1

Pada dasarnya, mesin pencuci piring adalah robot / mesin yang membersihkan dan membilas piring kotor. Manusia harus memuat piring, menambahkan deterjen, mengatur siklus pencucian yang tepat dan menyalakannya, namun mesin pencuci piring menyelesaikan keseluruhan rangkaian fungsinya dengan sendirinya. Mesin pencuci piring:

[Image: dishwasher-1-1-300x248.jpg]
  • Menambahkan air

  • Memanaskan air ke suhu yang sesuai

  • Secara otomatis membuka dispenser deterjen pada waktu yang tepat

  • Menembakkan air melalui jet untuk membersihkan piring

  • Saluran air kotor

  • Semprotan lebih banyak air di piring untuk membilasnya

  • Saluran air sendiri lagi

  • Pemanas udara untuk mengeringkan piring, jika pengguna telah memilih pengaturan itu
Selain itu, mesin pencuci piring memonitor diri mereka sendiri untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Timer (atau komputer kecil) mengatur panjang setiap siklus. Sensor mendeteksi suhu air dan udara untuk mencegah pencuci piring dari kepanasan atau merusak piring Anda. Sensor lain dapat mengetahui apakah tingkat air terlalu tinggi dan mengaktifkan fungsi pengeringan agar mesin pencuci piring tidak meluap. Beberapa mesin pencuci piring bahkan memiliki sensor yang bisa mendeteksi kekotoran air yang datang dari piring. Bila airnya cukup jernih, pencuci piring tahu piringnya bersih.

Cara Kerja Bagian Dalam Mesin Pencuci Piring

Meskipun mesin pencuci piring kedap air, mereka tidak benar-benar mengisi dengan air. Hanya baskom kecil di bagian bawah yang terisi. Di sana, elemen pemanas memanaskan air hingga 130 sampai 140 derajat Fahrenheit. Kemudian sebuah pompa mendorong air sampai ke jet air, di mana ia dipaksa keluar dan disemprotkan ke piring kotor. Pikirkan tentang selang taman tanpa nozel – jika Anda meletakkan ibu jari di ujung selang, mengurangi ruang agar air keluar, semprotannya lebih kuat. Jet pencuci piring bekerja dengan prinsip yang sama. Kekuatan air juga membuat lengan yang menahan jet semprot berputar, seperti penyiram rumput.
Saat pencucian dan pembilasan selesai, air mengalir ke baskom lagi, tempat pompa memindahkan air dari mesin pencuci piring. Bergantung pada jenis mesin pencuci piring, air pembuangan bisa masuk langsung ke pipa di bawah wastafel Anda, atau naik selang ke wastafel Anda sendiri.
Langkah terakhir dalam siklus mencuci adalah opsional – siklus kering. Elemen pemanas di bagian bawah mesin pencuci piring memanaskan udara di dalamnya untuk membantu piring kering. Beberapa orang hanya membiarkan mereka kering tanpa panas untuk menghemat energi.Mesin pencuci piring tidak terlalu rumit secara mekanis.

Bagian utama mesin pencuci piring adalah:

Mekanisme kontrol
Mekanisme kontrol terletak di dalam pintu di belakang panel kontrol. Banyak unit menggunakan sistem elektro mekanis sederhana: timer menentukan berapa lama setiap bagian siklus berlangsung dan mengaktifkan fungsi yang tepat pada waktu yang tepat (seperti dispenser deterjen, semprotan mencuci dan fungsi pengeringan). Unit yang lebih mahal mungkin memiliki sistem kontrol terkomputerisasi. Unit modern juga memiliki kait pintu yang harus ditutup agar unit bisa berlari. Beberapa juga memiliki kunci pengaman anak.
[Image: dishwasher-2.jpg]

Katup masuk
Di sinilah air dari persediaan air rumah masuk ke mesin pencuci piring. Pompa unit tidak memompa air ke dalam baskom – saat katup masuk terbuka, tekanan air mendorong air masuk ke unit.

Pompa
Motor listrik menggerakkan pompa. Selama siklus pompa, pompa memompa air ke lengan semprotan. Selama siklus pembuangan, pompa mengarahkan air ke selang pembuangan. Rakitan pompa motor dipasang di bawah baskom, di tengah mesin pencuci piring. Ada dua jenis pompa utama:
  • Reversible Pompa ini beralih antara memompa air ke semprotan dan memompa air ke saluran pembuangan dengan membalikkan arah motor. Pompa reversibel biasanya dipasang secara vertikal. Pompa reversibel
  • Direct-drive Motor berjalan dalam satu arah, sehingga arah aliran dinyalakan dari lengan semprot ke saluran oleh solenoid yang membuka dan menutup katup yang sesuai atau mengalihkan satu sambungan selang ke selang lainnya. Pompa non-reversibel biasanya dipasang secara horizontal. Pompa direct-drive
Dishwashers dapat dipasang baik dalam konfigurasi portabel atau permanen. Unit portable sudah selesai sisi dan atas yang bisa dijadikan meja. Bila tidak digunakan, mesin diletakkan di tempat di samping dinding. Ketika tiba waktunya untuk menjalankan sebuah siklus, unit dapat digulung di kastor ke wastafel, di mana ia terhubung ke keran dan dihubungkan ke stopkontak di dekatnya. Dalam instalasi permanen, mesin pencuci piring berjalan di bawah meja dan baut yang ada pada tempatnya. Selang di bawah wastafel dapur terhubung langsung ke saluran air panas dan saluran pembuangan, dan unit biasanya dipasang di wastafel juga. Kedua jenis instalasi membutuhkan ground ground 120 volt.



Reply


           


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2018 MyBB Group.