Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bunda, Waspadai Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Anak
#1
Memiliki anak yang sehat adalah impian setiap ibu. Namun adakalanya karena satu dan lain hal anak kita mengalami kondisi yang tidak diinginkan. Di antara sekian banyak kondisi yang mempengaruhi kesehatan bayi, ada satu penyakit yang perlu kita waspadai yaitu penyakit jantung bawaan.

Penyakit jantung bawaan atau juga dikenal dengan istilah congenital heart diseases adalah jenis kelainan atau cacat jantung yang dibawa sejak lahir. Kelainan pada jantung tersebut dapat terletak di bagian dinding, katup atau pembuluh darah pada jantung. Jenis kelainannya pun bervariasi, ada yang kondisinya beripa kelainan ringan sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas, namun ada juga yang gejalanya cukup parah sehingga penderitanya harus selalu berhati-hati karena dapat membahayakan nyawa. Namun perlu diingat bahwa perawatan dan pengobatan penyakit jantung bawaan sudah berkembang dan membaik drastis dalam satu dekade terakhir, termasuk juga jumlah anak berhasil bertahan hidup dengan penyakit jantung bawaan. Beberapa dari mereka tetap tumbuh hingga dewasa dengan menjalani berbagai perawatan, namun ada juga yang menjalani pengobatan seperti operasi kateter atau bahkan transplantasi jantung. Maka Bunda tidak perlu khawatir, namun tetap harus waspada dan mawas diri terutama saat masa kehamilan.

Walaupun kondisi ini muncul sejak lahir, pengetahuan yang kurang dan minimnya kesadaran juga dapat menyebabkan penyakit jantung bawaan ini tidak terdeteksi sejak dini. Maka penting bagi Bunda mengenai gejala-gejala penyakit jantung bawaan sebagai berikut:

 Bercak biru pada kulit atau biasa disebut dengan sianosis
 Pola penapasan yang terlalu cepat
 Detak jantung melebihi batas normal
 Pembengkakan pada tangan, kaki, pergelangan kaki, perut atau sekitar mata
 Sesak napas yang bisa terjadi saat menyusui pada bayi, dan saat beraktivitas berat atau berolahraga pada anak-anak maumpun orang dewasa
 Mudah lelah dan lemas
 Sering pingsan

Gejala yang dialami dapat berbeda-beda tergantung dengan seberapa parah cacat atau kelainan pada jantung yang dialami. Gejala juga dapat muncul satu, dua atau beberapa gejala sekaligus pada saat yang bersamaan.

Pencegahan dan Pengobatan

Walaupun dialami sejak lahir, penyakit jantung bawaan juga dapat dicegah terutama pada saat masa kehamilan. Jika orangtua atau keluarga tidak memiliki riwayat penyakit jantung, maka penyakit jantung bawaan tentu dapat dicegah dengan memperhatikan betul-betul asupan dan kesehatan ibu dan janin. Sang Ibu dilarang mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran atau jaminan keamanan dari dokter. Alkohol dan obat-obatan terlarang yang berbahaya bagi janin pada masa kehamilan juga dilarang untuk dikonsumsi. Ibu yang sedang mengandung juga dianjurkan untuk mengurangi kadar gula dalam darah, karena peningkatan gula darah dapat menyebabkan diabetes yang memperbesar risiko penyakit. Infeksi yang disebabkan oleh virus pada trimester pertama masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab penyakit jantung bawaan pada bayi. Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk terus menjaga kesehatan pada masa kehamilan dan menghindari sama sekali pemicu-pemicu yang mengganggu kesehatan janin.

Memang dalam beberapa kasus penyakit jantung bawaan dapat muncul walaupun kita sudah mencoba mencegahnya. Maka untuk keberlangsungan hidup sang bayi, perawatan dan pengobatan penyakit jantung bawaan harus dilakukan. Berikut hal yang dapat dilakukan dalam menangani penyakit jantung bawaan:

 Perawatan medis
Dilakukan secara kontinyu dan teratur demi membantu jantung bekerja lebih efisien.
 Pemasangan alat bantu jantung
Beberapa komplikasi yang dikaitkan dengan penyakit jantung bawaan dapat dicegah dengan penggunaan alat bantu yang dapat membantu kerja jantung
 Kateterisasi
Memungkinkan dokter untuk memperbaiki bagian tertentu pada jantung dengan penyakit bawaan tanpa melakukan operasi pada dada dan jantung.
 Operasi bedah jantung
Dilakukan jika katerisasi tidak cukup untuk mengobati kelainan yang ada pada jantung
 Transplantasi jantung
Dalam beberapa kasus di mana penyakit jantung bawaan terlalu sukar untuk diobati, transplantasi jantung diperlukan dengan mengganti jantung anak dengan jantung sehat dari donor
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by