Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Budaya dan Kebudayaan
#1
Budaya dalam bahasa Inggris juga disebutkan dengan Culture yang berasal kata Laton Colere (mengerjakan atau mengolah). Culture dalam bahasa Indonesia di baca dengan ‘kultur”.

Sementara menurut kami budaya adalah sebuah perilaku atau cara hidup yang dilakukan oleh sejumlah orang dalam bentuk kelompok tertentu yang diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. Kelompk yang kami maksud ini sering kita sebut suku, etnis, atau ras tentu yang mereka memiliki sebuah pola kehidupan dalam komunitas mereka. Pola kehidupan inilah yang kemudian kita sebut dengan budaya.

Misalkan kita melihat dan mendengar istilah budaya timur, karena pola kehidupan tersebut diperaktikan oleh kelompok orang yang hidup di daerah timur. Atau misalkan kita pernah mendengar istilah budaya jawa, karena diperaktikan oleh orang dari suku jawa, dll.

Para ahli mungkin memiliki pengertian budaya dan kebudayaan secara sendiri-sendiri, misalkan: Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski: Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Kebudayaan adalah satu dari sekian banyak kekayaan yang tuhan titipkan kepada manusia. Memang budaya dan kebudayaan adalah bagian produk manusia, namun kebudayaan juga fitrah manusia yang tuhan ciptakan sebagaian bagian hukum alam yang berlaku.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise