Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Budaya Kerja Startup di Indonesia Seperti Apa?
#1
[Image: 59950ddc798203061af00d4125dbca78.jpg]
Photo credit: Pinterest Halo Jasa
.
Budaya kerja startup di Indonesia cenderung lebih fleksibel dibanding perusahaan yang sudah besar. Startup seringnya membebaskan karyawan untuk berpakaian seperti apa, misal pakai sepatu dan outfit casual. Beberapa startup juga membebaskan jam kerja karyawan, asal sesuai dengan durasi yang sudah ditentukan. Misal durasi wajib adalah 8 jam kerja, maka karyawan boleh memilih untuk mulai jam 8 pagi dan selesai di jam 4 sore, atau mulai jam 12 siang hingga 8 malam.
.
Seperti apa pentingnya memiliki kultur kerja bagi sebuah startup dan bagaimana cara membentuknya?
.
Startup harus punya kultur kerja
Problem yang sering dihadapi oleh startup adalah mereka belum bisa menawarkan benefit menarik dan besar, seperti yang dengan gampang dilakukan oleh korporasi besar. Startup akan sedikit kesulitan untuk memberikan tawaran gaji besar pada karyawan, tunjangan kesehatan yang memadai untuk seluruh keluarga karyawan, fasilitas kerja yang lengkap, tunjangan kendaraan, tempat tinggal, serta lainnya.
.
Oleh karena itu, budaya kerja atau kultur perusahaan bisa jadi penawaran menarik untuk calon karyawan. Kultur perusahaan rintisan yang cair, fleksibel, adaptif, dan dinamis, akan menjadi penawaran menarik calon karyawan. Calon karyawan akan senang ketika memiliki suasana kerja yang menyenangkan, mendukung dan baik. Dibanding, harus bekerja di perusahaan dengan gaji besar namun tidak bisa mendukung perkembangan diri, pertumbuhan karier, dan kenyamanan bekerja.
.
Bagaimana membangun budaya kerja startup?
Banyak founder startup yang bingung, bagaimana memulai dan membangun kebiasaan kerja di perusahannya. Sebenarnya, simpel saja, bisa ikuti tips di bawah ini!
.
·      Mulai dari lingkungan internal
Hal utama yang harus diperhatikan dalam membangun budaya kerja startup di Indonesia adalah memulainya dari dalam, atau internal. Founder startup jangan terlalu terpengaruh dengan kondisi luar, situasi politik, atau kultur lain di korporasi. Fokus saja pada apa yang ingin dibangun di perusahaan rintisan ini agar tujuan tercapai.
 .
·      Pertajam intuisi
Intuisi seorang founder akan sangat diuji dan dibutuhkan ketika ia membangung startup. Intuisi akan membantu menghadapi tantangan pekerjaan yang semakin berat dan rintangan yang menghadang. Intuisi juga membantu menemukan ide serta produk/layanan yang tepat untuk startup.
 .
·      Fleksibel
Startup adalah bisnis yang masih harus banyak melakukan penyesuaian. Di mana terkadang, penyesuaian yang dilakukan tidak seperti plan atau model bisnis yang direncanakan. Tidak masalah, fleksibel memang hal yang erat dengan startup. Adopsi perubahan, ubah produk/layanan jika memang dibutuhkan, dengarkan keinginan pelanggan, dan bergerak cepat sesuai dengan situasi yang tengah terjadi.
.
Kultur kerja di startup Halo Jasa
Halo Jasa adalah contoh baik bagaimana kultur perusahaan rintisan diaplikasikan. Startup ini menerapkan kultur kerja yang cair, di mana semua sumber daya di perusahaan bisa saling berkolaborasi, bekerja sama, tukar ide, dan menyampaikan pendapat. Bahkan jika itu ke pimpinan teratas perusahaan.
.
Startup ini juga sangat fleksibel serta dinamis. Di mana, sebelum menjadi aplikasi layanan on-demand dengan empat layanan utama: reflexology massage, cleaning service, service AC, dan jasa salon mobil panggilan.  Halo Jasa adalah sebuah marketplace. Namun karena mendengar permintaan pelanggan, aplikasi ini mengubah model bisnisnya.
.
Halo Jasa juga selalu dinamis dan tanggap terhadap situasi yang tengah terjadi. Misalnya, campaign dengan kitabisa.com untuk menggalang dana bantuan Covid-19. Bagi-bagi jas hujan kepada ojek online saat musim hujan tiba. Serta, bersih-bersih rumah korban banjir Jakarta awal tahun, secara sukarela.
.
Jadi, budaya kerja startup di Indonesia seperti apa yang ingin Anda bangun di perusahaan rintisan Anda? Mungkin ide dari Halo Jasa ini bisa jadi inspirasi.
 
Sumber referensi: Halo Jasa
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by