Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bisnis Model Apa Yang Tengah Ramai Diperbicangkan?
#1
[Image: ExecutiveOnboardingw_theBusinessModelCanvas-1.png]
source austrianstartup
Bisnis model merupakan cara paling mudah untuk menggambarkan bisnis yang akan Anda geluti. Bisa diartikan juga sebagai bagian utama dari perusahaan yang mengkonsepkan segala strategi guna mereka bisa mendapatkan profit, bertahan dari kompetitor hingga investasi jangka panjang.

Sebagai bisnis man, Anda harus tahu apa masalah yang dihadapi pelanggan sehingga nantinya model yang akan disajikan lebih sesuai dengan pelanggan serta dapat berjalan lebih baik dibanding para kompetitor. 

Sering kali kesalahan pebisnis pemula adalah mencari atau menciptakan konsep bisnis baru tanpa memperhitungkan apakah model tersebut sudah teruji untuk mendapatkan profit dan terhindar dari kerugian besar.
 
Maka dari itu alangkah baiknya, Anda yang hendak terjun ke dunia bisnis. Mempertimbakan dengan masak. Dalam artikel kali ini penulis akan memaparkan jenis-jesni bisnis model yang ramai perbincangkan terutama di kalangan startup.  

1.Marketplace
Market place sebuah ide bisnis yang tengah digandrungi sejumlah perusahaan rintisan. Konsepnya dalah mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu platform digital berupa aplikasi maupun website. Bisnis ini memiliki sejumlah kelebihan dibanding jual beli konvensioanl yang dilakukan di ranah daring. Penjual dan pembeli tidak pernah bertemu sehingga semua hal yang berkaitan dengan produk semua dilihat secara digital. Market place sendiri dibagi menjadi dua jenis sesuai dengan sumber dan target pasarnya yakni B2B (Businnes to Business) dan B2C (Business to Customer). Contohnya seperti Tokopedia dan Bukalapak.

2. e-Commerce
Secara konsep model ini sudah cukup dulu lantaran sudah digunakan sejak era internet awal, namun hingga kini masih menjadi konsep yang tetap diperbincangkan. Penjual akan mendapatkan keuntungan secara langsung dari produk yang mereka jual di situ atau di website.Mungkin Anda berpikir sedikit mirip marketplace. Serupa tak sama, di e-commerce tidak menjadi lahan yang mempertemukan berbagai penjual dengan pembeli, tapi hanya diisi sejumlah brand yang sudah menjalin relasi dengan penyedia situs atau aplikasi. Contohnya seperti mataharimall, blibli.
 
3. Layanan On Demand
Layanan on demand sudah banyak digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar. Pasalnya masyarakat kota besar cendrung sudah melek teknologi ditambah secara infrastruktur pun sudah sangat mendukung. Sehingga sudah banyak layanan jasa panggilan yang berbasis aplikasi maupun website. Konsep layanan on demand ini sangat diminati oleh masyarakat perkotaan. Lantaran sangat menunjang aktifitas mereka. Contoh layanan on demand seperti Grab, Halo Jasa, dan sebagainya. 

4. Langganan Premium
Anda berlangganan Netflik dan Sportify? Keduanya adalah layanan streaming berbayar. Dengan melakukan pembayaran atau langganan, Anda dapat mengakses hampir keseluruhan konten di dalam aplikasi tersebut. Bagaimana sih konsep kerja model ini? Caranya adalah memberlakukan tarif ke pengguna setiap bulan atau pertahun agar bisa menikmati setiap konten di dalamnya baik itu berupa musik, film dan sebagainya. Namun si pemilik aplikasi memiliki tantangan cukup berat karena harus menyediakan konten super lengkap dan update. Hal ini untuk menghindari pernyataan pelanggan ko aplikasinya ketinggalan zaman sih.

Sekian artikel mengenai bisnis model yang tengah ramai diperbincangan. Semoga dapat memantik diskusi lebih cair dan berisi guna menemukan ide bisnis briliant yamg sesuai dengan pasar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: www.halojasa.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by