Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Berikut Manfaat dan Bahaya Humidifier yang Perlu Diwaspadai
#1
[Image: Humidifier-For-Your-Baby.jpg]
Bagi ruangan atau rumah yang menggunakan AC, ada baiknya untuk menggunakan humidifier agar menambah kelembapan udara di dalam ruangan. Alat ini memang memiliki banyak manfaat seperti memperlancar pernapasan. Namun, di balik manfaatnya, ada juga bahaya humidifier yang perlu Anda ketahui agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan.
Humidifier adalah alat yang berfungsi menjaga kelembapan udara dalam ruangan.  Cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan uap air ke udara sehingga kelembapan udara menjadi ideal dalam suatu ruangan tersebut.
Udara yang kering akibat AC dan sejenisnya adalah dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, kulit kering, sakit tenggorokan, hingga pilek. Dari segudang manfaat ini, ada juga bahaya humidifier.
Manfaat Humidifier bagi Kesehatan
Selain membuat ruangan menjadi lebih sejuk, humidifier ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan akibat udara kering. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan?
·      Mencegah Terjadinya Flu
Ternyata, menurut studi humidifier ini dapat mengurangi risiko Anda terkena flu. Saat di udara terdapat virus influenza, dengan tingkat kelembapan udara yang ideal, partikel virus dapat dinonaktifkan. Oleh karena itu, adanya humidifier di ruangan Anda dapat menjauhkan Anda dari risiko terkena flu.
·      Melancarkan Pernapasan
Napas bisa terganggu dan hidung mampet jika udara di ruangan Anda kering. Memiliki humidifier di rumah Anda dapat meningkatkan kelembapan udara di ruangan sekitar sehingga pernapasan menjadi lebih lancar dan hidung tersumbat pun menjadi lega.
·      Mengencerkan Dahak
Jika Anda mengalami batuk kering akibat udara kering, maka dahak akan terjebak bahkan lengket. Kondisi ini tentu menyakitkan dan tidak nyaman. Namun, jika tingkat kelembapan udara di sekitar Anda meningkat, maka dahak akan mudah dikeluarkan. Hal ini karena uap yang keluar dari humidifier akan lebih banyak masuk ke saluran pernapasan Anda.
·      Mengurangi Sakit Tenggorokan
Humidifier juga akan meredakan sakit tenggorokan yang Anda alami dengan meningkatnya kelembapan udara. Bahkan, uap dari humidifier ini juga dapat menghindari Anda dari risiko terjadinya sakit tenggorokan.
·      Menjaga Kelembapan Kulit dan Rambut
Kulit dan rambut bisa menjadi kering akibat udara yang kering. Sehingga Anda akan dengan mudah mengalami bibir pecah-pecah, kulit mengelupas, ataupun kulit kering yang akan terasa gatal dan bersisik. Uap yang dikeluarkan oleh humidifier ini akan mengurangi masalah tersebut.
·      Mengurangi Ngorok
Jika Anda suka ngorok saat tidur, ternyata masalah tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan kelembapan udara di kamar Anda. Sebab dengkuran disebabkan oleh saluran pernapasan yang tidak dilubrikasi dengan cukup. Sehingga kondisi ini dapat dikurangi dengan meletakkan humidifier di kamar tidur Anda.
·      Mencegah Terjadinya Iritasi Hidung
Udara kering juga membuat hidung bisa terkena iritasi hingga mimisan. Namun, humidifier bisa mencegah kondisi ini dengan meningkatkan kelembapan udara.
Bahaya Humidifier bagi Kesehatan
Di balik sejumlah manfaatnya, ada juga dampak negatifnya bagi kesehatan. Berikut bahaya humidifier yang perlu diwaspadai.
·      Risiko Terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akibat Bakteri
Humidifier harus dibersihkan dengan rutin untuk menghindari pertumbuhan jamur dan juga bakteri. Jika humidifier dipenuhi bakteri, Anda akan berisiko terkena infeksi saluran pernapasan akibat menghirup uap yang mengandung bakteri ataupun jamur tersebut.
·      Menimbulkan Suara Bising
Ada tipe humidifier yang memiliki suara bisisng saat dihidupkan. Namun, Anda bisa menggunakan jenis yang lebih tenang seperti misalnya jenis ultrasonic.
·      Menyebabkan Alergi
Alih-alih melancarkan pernapasan dan mengurangi gejala asma, humidifier yang kotor dapat meningkatkan alergi dan asma. Sheingga penting untuk memastikan humidifier tetap bersih dan mengganti air secara rutin.
·      Kelebihan Kelembapan
Ruangan yang terlalu lembao juga tidak baik karena dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. Terkadang, humidifier ini tidak dilengkapi dengan alat pengukur kelembapan, sehingga mengharuskan Anda untuk mengecek secara manual. Selain itu, bahaya humidifier akibat kelembapan udara yang terlalu tinggi juga bisa merusak struktur bangunan.
Reply


Messages In This Thread
Berikut Manfaat dan Bahaya Humidifier yang Perlu Diwaspadai - by info.sehat - 9 September 2020, 09:08 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by