Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Berbagai Reaksi Dan Cara Menghilangkan Rasa Gugup
#1
Pernahkah kalian melihat tangan seseorang bergetar pada saat berbicara didepan umum atau mungkin kalian pernah mengalami hal sedemikian. Kejadian seperti itu dinamai rasa gugup dan hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Sebenarnya rasa gugup adalah suatu hal yang normal atau wajar-wajar saja, karena kebanyakan orang bisa menanganinya, namun berbeda dengan orang yang tidak mampu menangainya sehingga rasa gugup akan terasa sangat mengganggu dan bahkan bisa menghalangi orang untuk berkarier serta berkreatifitas.

Biasanya orang yang sedang mengalami gangguan syaraf otak (Stress) akan sering mengalami rasa gugup secara berlebihan. Sebenarnya reaksi terhadap rasa gugup setiap orang bisa berbeda tergantung pada kondisi masing-masing individu, sebagaimana berikut ini :

1.    Merasakan sesak napas
Sesak napas akan terasa pada saat rasa gugup terjadi yang diakibatkan syaraf-syaraf impuls bereaksi secara berlebihan sehingga membuat tarikan nafas menjadi pendek dan sulit mengambil udara atau sesak nafas.
2.    Merasakan nyeri (sakit) pada dada
Rasa gugup akan membuat otot-otot pada rongga dada menjadi tegang dan bila terjadi secara terus menerus maka akan terasa nyeri pada dada. Rasa gugup yang berlebihan bisa meperburuk kondisi tubuh hingga kemungkinan terjelek yang terjadi bisa menyebabkan serangan jantung.
3.    Tangan dan kaki menjadi dingin dan berkeringat
4.    Merasakan berdebar dibagian dada
Rasa gugup akan memicu otak untuk meproduksi adrenalin secara berlebihan yang disalurkan melalui pembuluh darah menuju ke jantung sehingga detak jantung makin cepat dan membuat dada terasa berdebar.
5.    Hilangnya gairah seksual
Biasa hal seperti ini terjadi kepada orang yang baru menikah dan belum pernah melakukan hubungan seksual maka akan muncul rasa gugup yang berlebihan sehingga membuat gairah seksual menurun.
6.    Keluar keringat secara berlebihan
Pada saat rasa gugup terjadi maka suhu tubuh akan meningkat dengan cepat dan membuat keringat bercucuran di sekujur tubuh. Keluarnya keringat secara berlebihan dikarenakan otak sedang mempersiapkan perencanaan fight or flight terhadap stressor.
7.    Gangguan kesehatan seperti sakit kepala
8.    Gangguan tidur
Rasa gugup dapat membuat seseorang depresi sehingga mengalami insomnia atau susah tidur.
9.    Tubuh gemetaran
Rasa gugup akan membuat beberapa anggota tubuh bergetar seperti tangan dan kaki. Hal seperti ini terjadi dikarenakan penurunan keseimbangan tubuh oleh sebab syaraf otak belakang mengalami stress sehingga menjadi disfungsi.
10.    Rasa gugup bisa memunculkan pemikiran yang negatif seperti bunuh diri.

Adapun Cara Menghilangkan Rasa Gugup seperti halnya dengan melakukan hal-hal berikut ini :
1.     Perbanyak ibadah dan berdoa, karena sesungguhnya maha penyembuh adalah Tuhan Yang Maha Esa
2.     Berlibur ditempat yang tenang dan sejuk seperti pantai atau perkebunan
3.     Perbanyak olah raga
4.     Curhat dengan orang yang lebih tua dan lebih pandai
5.     Perbanyak kesibukan yang positif
6.     Berkunjung ke Psikiater bagi penderita rasa gugup yang berlebihan
7.     Berkunjung ke Ahli Hipnoterapi bagi penderita rasa gugup yang berlebihan.

[Image: logo-klinikhipnoterapijakartabekasi2.png]
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by