Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Beragam Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
#1
Pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu, kurma dikenal memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Ilmu pengetahuan telah membuktikannya, dan kita menyukainya karena rasanya yang lezat. Manfaat kurma bagi kesehatan banyak dicari. Ini karena buah kurma merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Kurma juga mengandung gula, serat, kalsium, zat besi, fosfor, potassium, dan magnesium. Dengan nutrisi yang lengkap tersebut, apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan Anda?

Menurunkan Kolesterol dan Menguatkan Otot

Buah kurma bebas dari kolesterol. Buah ini juga mengandung sedikit lemak. Dengan rutin mengonsumsi buah kurma dalam porsi kecil sehari-hari, Anda dapat memantau level kolesterol dalam tubuh dan bahkan menurunkan berat badan. Apabila Anda gemar berolah raga dan pergi ke gym, makan buah kurma sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Buah kurma mengandung protein yang akan membuat tubuh tetap fit dan otot tetap kuat.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat kurma yang lain adalah buah ini dapat meningkatkan kesahatan otak. Studi laboratorium menemukan bahwa buah kurma dapat menurunkan penanda peradangan/inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di dalam otak. Perlu Anda tahu, memiliki kadar IL-6 pada otak diasosiasikan dengan risiko tinggi penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. Sebagai tambahan, studi hewan di laboratorium juga menunjukkan bahwa buah kurma mampu mengurangi aktivitas protein beta-amyloid, yang dapat membentuk plak pada otak. Apabila plak ini menumpuk, hal ini akan mengganggu komunikasi antara sel otak yang satu dengan yang lain, yang akhirnya akan menyebabkan matinya sel otak dan penyakit Alzheimer apabila dibiarkan. Satu studi pada hewan menunjukkan tikus yang diberi makanan kurma memiliki ingatan yang lebih kuat dan kemampuan belajar yang lebih baik dibandingkan tikus lain yang tidak diberi makan kurma. Kemampuan kurma dalam meningkatkan kesehatan otak diasosiakan dengan kandungan antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat menurunkan risiko peradangan. Namun perlu diingat, studi ini hanya dilakukan pada hewan. Studi pada manusia diperlukan untuk memastikan peran kurma pada kesehatan otak.

Menguatkan Tulang dan Menjaga Kesehatan Kulit

Buah kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Buah kurma kaya akan kandungan selenium, magnesium, tembaga, mangan, dan zat gizi lain yang penting bagi kesehatan tulang guna mencegah penyakit seperti osteoporosis. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin D pada buah kurma baik untuk elastisitas kulit. Kedua vitamin ini juga berperan besar dalam menjaga kulit Anda tetap halus. Buah kurma juga hadir dengan manfaat anti-aging, yang dapat mencegah penumpukan melanin di dalam tubuh untuk kulit tampak awet muda.

Antioksidan Untuk Melawan Berbagai Penyakit

Manfaat yang lain adalah sebagai sumber antioksidan. Buah kurma menyediakan berbagai macam antioksidan untuk mengurangi risiko penyakit. Perlu diketahui, antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang mana merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya pada tubuh dan berakhir sebagai penyakit. Dibandingkan dengan buah lain seperti buah ara dan plum, kurma memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi.

Buah kurma merupakan buah yang versatile, memiliki aneka guna. Buah ini juga mudah dikonsumsi, Anda bisa menambahkannya pada makanan serta minuman, atau langsung dimakan sebagai kudapan. Perlu diingat bahwa buah kurma mengandung kalori yang tinggi. Dengan rasanya yang manis, akan mudah bagi Anda untuk makan secara berlebih. Pastikan untuk selalu mengonsumsinya dalam kadar yang wajar agar tetap mendapatkan manfaat kurma yang Anda cari.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by