Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Beberapa Tips Memilih Gitar
#1
Bagi seorang musisi, alat musik selayaknya belahan jiwa. Untuk itu, tak bisa sembarangan memilihnya. Jika alat musik tak sesuai, permainan pun tak bisa bagus dan dinikmati dengan total.
Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Times of India (15/01) untuk memilih gitar yang sesuai dengan Anda.
1. Tipe gitar
Pertama kali dan yang paling penting adalah menentukan jenis gitar apa yang Anda inginkan, akustik atau elektrik. Tentu ini sangat disesuaikan dengan selera permainan Anda. Jika Anda adalah pemula dan baru membeli gitar untuk pertama kali, ada baiknya memilih gitar akustik terlebih dulu. Jika Anda bermain jenis musik metal, pilih gitar dengan pick-up system yang memiliki kemampuan menghasilkan suara keras. Gitar yang memiliki pickup single coil sangat cocok digunakan bermain musik rock, funk, dan jazz.

2. Jangan langsung membeli
Sebelum menentukan gitar apa yang akan Anda pilih, lakukan riset terlebih dulu di internet, baca ulasan dari banyak ahli, minta pendapat teman yang tahu soal gitar, jangan langsung memutuskan dengan cepat. Setelah mendengarkan saran-saran tersebut, pilih gitar yang Anda sukai, dan rasakan insting Anda.

3. Lakukan riset toko
Setelah membaca banyak ulasan, waktunya untuk melakukan riset secara langsung ke toko-toko gitar di wilayah Anda. Jangan menghabiskan uang sebelum Anda yakin benar apa yang ingin dicari. Ketika mencoba gitar di toko, dengarkan dengan hati-hati, dan rasakan bagaimana ketika memainkannya. Coba perhatikan jika gitar mengeluarkan suara mendengung atau suara yang tak bersih. Jika belum menemukan gitar yang tepat, coba lakukan lebih banyak riset toko, jangan terburu-buru membeli.

4. Gitar yang nyaman
Pentingnya untuk mencoba gitar sebelum membelinya adalah agar Anda mengetahui apakah gitar tersebut nyaman digunakan dan sesuai dengan jenis permainan Anda. Gitar dengan leher yang terlalu tebal tak cocok jika Anda melakukan permainan cepat. Jika mencari gitar akustik, pastikan kayu gitar berkualitas, karena ini adalah faktor yang penting. Gitar dengan kualitas kayu yang baik sedikit lebih berat dibandingkan gitar dengan kualitas rendah.

5. Gitar listrik
Jika Anda ingin membeli gitar listrik, Anda juga harus memilih amplifier yang bagus. Karena seberapa bagus pun suara gitar, akan kacau jika amplifier yang digunakan buruk. Selain itu, ingat bahwa gitar baru berarti Anda juga harus membeli pick baru, tempat gitar baru, tuner baru, dan satu set senar baru.

Sumber

#2
thanks untuk tipsnya om

#3
bagus sih...

tapi kok kek nya udah seperti studi kasus aja kan ..

hehe

#4
(13 December 2016, 10:42 AM)bellariana Wrote: thanks untuk tipsnya om

Sama-sama gan

#5
(31 December 2016, 12:34 AM)bangnas Wrote: bagus sih...

tapi kok kek nya udah seperti studi kasus aja kan ..

hehe

Kurang lebih seperti itu masgan Big Grin





Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id