Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Beberapa Fakta Tentang Vaksin Moderna yang Harus Diketahui
#1
[Image: vaksin-moderna.jpg]

Saat ini seluruh dunia sedang mengalami pandemi COVD-19, virus ini tak kunjung henti memakan korban. Orang yang rentan terpapar virus ini yaitu orang yang sudah lanjut usia, karena seiringnya bertambah usia maka kekebalan tubuh akan berkurang. Dengan kasus yang semakin banyak, banyak perusahaan bersaing untuk membuat vaksin untuk menghentikan penyebaran virus ini. Salah satu perusahaan yang membuat vaksin yaitu Moderna Inc. Produknya disebut vaksin mRNA atau lebih umum disebut Vaksin Moderna.
 
Sebelum vaksin ini beredar dan siap disuntikkan ke orang-orang yang mau dan membutuhkan, tak ada salahnya mencari tahu lebih banyak soal Vaksin Moderna. Berikut beberapa fakta yang bisa dijadikan gambaran untuk mengenal Vaksin Moderna:

Apa yang Dilakukan Moderna Inc?
Perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Moderna Inc. sedang mengembangkan vaksin, yaitu vaksin mRNA. Cara kerja vaksin ini disebut berbeda dengan vaksin biasanya. Selain untuk mencegah virus, vaksin yang sedang dikembagkan oleh Moderna Inc. ini mampu bekerja untuk melatih tubuh melawan virus dengan lebih baik, dan mengurangi keparahannya. Tujuan dari dikembangkannya Vaksin Moderna adalah untuk menghentikan pandemi yang tak kunjung usai ini, agar kehidupan dapat kembali normal.

Kapan Vaksin Moderna Siap Dilepas ke Pasaran?
Moderna Inc. sendiri sangat sulit untuk mengetahui secara pasti kapan pengembangan Vaksin Moderna ini dapat berhasil dan segera disebarluaskan. Kendati demikian, Moderna Inc. telah mengumumkan adanya kemajuan yang baik dalam mendaftarkan uji coba fase ketiga. Jadi sebenarnya Moderna Inc. telah mendaftarkan lebih dari 25.000 dari 30.000 peserta dalam studi ini. Dengan begitu prediksi kasar dari pihak produsen disebut bahwa paling cepat pada akhir tahun ini atau pada bulan Desember vaksin sudah siap untuk dipergunakan secara massal.

Kelompok Umur dan Efektivitas Vaksin Moderna
Orang yang sudah lanjut usia sangat terpukul oleh adanya pandemi ini. Di Amerika sendiri orang yang berusia 65 tahun ke atas hampir 80% mengalami kematian akibat COVID-19. Dikatakan ada indikasi awal bahwa Vaksin Moderna mampu melindungi pasien yang telah lanjut usia.
Berita yang sangat menarik diumumkan Moderna Inc. lewat beberapa data yang sebelumnya telah diberikan kepada CDC tentang lansia Amerika yang telah mengikuti studi Vaksin Moderna di fase pertama. Data itu menunjukkan bahwa Vaksin Moderna memiliki tingkat efektivitas perlindungan yang cukup tinggi bagi para lansia.

Tentu saja hal Itu memberikan harapan dan alasan untuk optimistis bahwa Vaksin Moderna akan mampu melindungi populasi berisiko tertinggi tersebut, terutama mereka yang berusia di atas 65 tahun ke atas yang menanggung beban COVID-19.

Trump Pesan 100 Juta Dosis Vaksin Moderna
CNBC International melaporkan awal bulan ini, Donald Trump—yang baru kalah dalam pemilihan presiden USA—mengumumkan pemerintah AS akan membeli 100 juta dosis Vaksin Moderna dalam kesepakatan senilai US$ 1,53 miliar atau setara dengan Rp 21,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$). Negeri Paman Sam itu sendiri telah menginvestasikan US$ 955 juta (Rp 13,4 triliun) dalam pengembangan Vaksin Moderna. Sehingga total investasinya mencapai hampir US$ 2,5 miliar (Rp 35 triliun).

Harga Vaksin Moderna
Awal bulan ini Moderna Inc. mengumumkan bahwa harga vaksin corona miliknya dipatok senilai US$ 32 hingga US$ 37 per dosis. Jika pembelian dilakukan dengan volume yang banyak maka harganya akan lebih murah.

***
Saat ini Vaksin Moderna tengah menjalani uji klinis di tahap terakhir, setelah hasil uji klinis tahap awal menunjukkan tanda positif. Kabar terbaru menyebutkan vaksin ini mampu memicu respons imun berupa produksi antibodi penetral pada lansia 65 tahun ke atas.

Vaksin ini juga dapat ditoleransi dengan baik, tanpa efek samping yang membahayakan. Beberapa pasien cuma melaporkan kelelahan, menggigil, sakit kepala dan nyeri di tempat suntikan, sebagian besar gejala hilang dalam dua hari. Lantas, akankah Vaksin Moderna ini menjadi angin segar atas semua hal buruk yang dialami dunia sepanjang tahun ini?
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by