Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Beberapa Cara Mengurangi Frekuensi Mimpi Buruk
#1
[Image: mimpi-buruk.jpg]

Mimpi buruk adalah mimpi yang menakutkan atau mengganggu tidur Anda. Tema-tema mimpi buruk sangat bervariasi dari orang ke orang, tetapi tema umum termasuk dikejar, jatuh, atau merasa hilang atau terjebak.  

Mimpi buruk dapat menyebabkan Anda merasakan berbagai emosi, termasuk:
  • Marah
  • Kesedihan
  • Kesalahan
  • Takut
  • Kegelisahan
Bahkan Anda dapat terus mengalami emosi ini setelah Anda terbangun. Orang dari segala usia dapat memiliki mimpi buruk.  Namun, mimpi buruk lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah 10 tahun. Anak perempuan lebih cenderung terganggu oleh mimpi buruk mereka daripada anak laki-laki.

Mimpi buruk tampak menjadi bagian dari perkembangan normal, kecuali dalam kasus gangguan stres pasca-trauma atau PTSD, mereka biasanya bukan gejala dari kondisi medis atau gangguan mental yang mendasarinya.

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi frekuensi mimpi buruk Anda.  Anda dapat mencoba untuk:
  • Berolahraga setidaknya tiga kali seminggu
  • Membatasi jumlah alkohol dan kafein yang Anda minum
  • Menghindari obat penenang
  • Melakukan teknik relaksasi, seperti yoga atau meditasi, sebelum tidur
  • Membangun pola tidur dengan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.
Jika anak Anda sering mengalami mimpi buruk, dorong mereka untuk membicarakan mengenai mimpi buruk mereka. Jelaskan bahwa mimpi buruk tidak akan menyakiti mereka. Teknik lain termasuk:
  • Membuat rutinitas sebelum tidur untuk anak Anda, termasuk waktu tidur yang sama setiap malam
  • Membantu anak Anda rileks dengan latihan pernapasan dalam
  • Meminta anak Anda menulis ulang akhir dari mimpi buruk
  • Meminta anak Anda berbicara dengan tokoh-tokoh dari mimpi buruk
  • Memiliki anak Anda membuat jurnal mimpi
  • Memberi anak Anda boneka binatang, selimut, atau barang-barang lainnya untuk kenyamanan di malam hari
  • Menggunakan lampu malam dan membiarkan pintu kamar terbuka di malam hari.
Tidak semua mimpi buruk adalah hal yang buruk. Anda akan tahu apakah mimpi buruk Anda tidak sehat jika mengganggu tidur Anda secara teratur, atau jika mimpi itu memicu sesuatu yang membuat Anda takut atau gelisah.

Sebagian besar anak-anak dan orang dewasa mengalami mimpi buruk dari waktu ke waktu. Namun, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda jika mimpi buruk terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, mengganggu pola tidur Anda, dan mengganggu kemampuan Anda untuk berfungsi di siang hari.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id