Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Bahaya Mie Instan dan Tips Membuatnya Lebih Bernutrisi
#1
Tidak dapat dipungkiri mie instan adalah favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Namun tahukah kamu bahaya mie instan yang mengintai bila kita terlalu sering mengkonsumsinya?

Hal ini dikarenakan mie instan mengandung sedikit nutrisi dan tinggi garam, zat penyedap monosodium glutamate (MSG),  lemak, dan karbohidrat.

Penelitian menemukan bahwa bahaya mie instan bila dikonsumsi sering adalah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan metabolik seperti diabetes.

Selain itu senyawa tertiary butylhydroquinone (TBHQ) yang digunakan sebagai pengawet mie instan juga merupakan peyebab bahaya mie isntan.

Dalam takaran yang berlebihan TBHQ dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kerusakan DNA pada beberapa orang.

Namun di luar dari bahaya mie instan yang mengintai seperti di atas, konsumsi mie instan sekali-kali masih diperbolehkan.

Di Indonesia, sebagian besar mie instan telah difortifikasi dengan zat nutrisi tambahan seperti vitamin dan mineral termasuk zat besi.

Hal ini dilakukan pemerintah kita untuk mencegah anemia mengingat mie instan termasuk makanan yang sering dikonsumsi masyarakat. 

Nah sebenarnya ada cara loh agar dapat mengkonsumsi mie instan dengan lebih sehat. Apa saja? Simak yuk.

Cara Membuat Mie Instan Lebih Sehat

Bagi kamu yang ‘terpaksa’ makan mie instan mungkin karena alasan menghemat di akhir bulan atau alasan apapun itu, mari simak tips berikut untuk membuat semangkuk mie instan lebih bernutrisi.

1. Tambahkan mie instan dengan sayuran dan ganti bumbu mie instan dengan minyak wijen dan kecap serta tambahkan bumbu-bumbu dapur lain yang diperlukan.
2. Rebus telur dan makan bersama mie instan untuk mendapat tambahan protein dan vitamin B dari telur. Sedang merasa stress? Tambahkan brokoli yang mengandung vitamin C yang membantu meredakan kecemasan.
3. Kamu juga bisa coba menambahkan irisan wortel dan edamame untuk memenuhi kebutuhan protein.
4. Bila di kulkasmu terdapat daging, menambahkan irisan daging ke mie instan merupakan ide yang bagus. Rebus terlebih dahulu irisan dagingnya dan kaldunya bisa kamu pakai sebagai pengganti kuah mie instan.

Inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menambah nutrisi ketika ‘terpaksa’ makan mie instan. Tapi ingat, bila memungkinkan tetaplah pilih makanan lain yang lebih sehat.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise