Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bagaimana Prosedur Melakukan PCR Swab?
#1
[Image: url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fhellosehat.co...AdAAAAABAI]

PCR Swab (polymerase chain reaction) adalah salah satu pemeriksaan molekuler untuk seluruh pasien yang diduga terinfeksi COVID-19. Tes ini merupakan rekomendasi yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak pandemi COVID-19 melanda dunia. Tes ini digunakan untuk mendeteksi penyakit dengan cara mencari jejak materi genetik virus pada sampel yang dikumpulkan. Sampelnya yang dikumpulkan ini diambil melalui teknik usap hidung atau tenggorokan (swab).

Materi genetik yang ada di tiap sel, termasuk virus, dapat berupa deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya. Nah, DNA merupakan materi genetik berantai ganda, sementara RNA berantai tunggal. Tiap DNA dan RNA makhluk hidup membawa informasi genetik akan tubuhnya. Keberadaan DNA dan RNA ini bisa dideteksi oleh teknologi PCR lewat teknik amplifikasi atau perbanyakan. Keberadaan material genetik dan suatu jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus seperti COVID-19 bisa terdeteksi.

Pada PCR Swab, sampel yang biasa digunakan adalah apus tenggorok di belakang hidung (nasofaring) atau belakang mulut (orofaring). PCR Swab corona dengan sampel nasofaring lebih direkomendasikan. Sementara sampel orofaring diambil sebagai alternatif. Berikut ini adalah prosedur untuk melakukan PCR Swab. 


1. Prosedur PCR Swab corona lewat hidung
Anda akan diminta untuk meniup napas melalui hidung guna memastikan tidak ada sumbatan. Anda akan diminta sedikit mendongak. Alat swab berbentuk cotton bud dengan tangkai panjang akan dimasukkan ke dalam lubang hidung pasien hingga mencapai bagian belakang hidung. Dokter akan mengambil sampel dengan cara menyapukan dan memutar alat swab tersebut selama beberapa detik.


2. Prosedur PCR Swab corona lewat tenggorokan
Anda akan diminta membuka mulut lebar-lebar. Dokter akan memasukkan alat swab ke mulut pasien hingga mencapai bagian belakang tenggorokan. Swab tidak boleh menyentuh lidah. Dokter akan mengambil sampel dengan menyapukan dan memutar alat swab tersebut selama beberapa detik. Setelah selesai, alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus dan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan PCR.


PCR Swab test corona hingga saat ini masih menjadi metode pendeteksi Covid-19 yang paling akurat di antara jenis-jenis tes yang lain. Selain swab test corona, jenis tes deteksi infeksi virus corona lainnya adalah tes cepat atau rapid test corona yang menggunakan sampel darah. Namun, tes ini hanya mendeteksi IgG dan IgM atau bagian antibodi yang terbentuk karena adanya infeksi virus.
Antibodi tersebut baru akan terbentuk sekitar 7 hari setelah virus masuk ke tubuh. Hal ini menyebabkan pemeriksaan ini kurang akurat untuk dijadikan diagnosis karena rentan terjadi hasil negatif palsu. Artinya, orang yang menjalani tes cepat atau rapid test dan mendapatkan hasil non-reaktif, belum tentu tidak terinfeksi Covid-19. Oleh karena itu, tes cepat antibodi biasanya dijadikan sebagai tes skrining awal. Sementara itu, hasil pemeriksaan swab test PCR yang dijadikan sebagai pegangan untuk membuat diagnosis. PCR Swab test corona diperlukan bagi orang – orang yang masuk dalam kelompok ini.
- Orang dalam pemantauan (ODP)
- Pasien dalam pengawasan (PDP)
- Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19
- Pasien dengan hasil rapid test yang positif
Kelompok orang tersebut akan dirujuk ke rumah sakit rujukan corona untuk menjalani pemeriksaan PCR. Selanjutnya, kelompok orang ini akan melakukan PCR Swab sejak dua hari setelah Anda mengalami gejala infeksi virus corona, atau terpapar virus ini. Hasil pemeriksaan akan Anda dapatkan dalam beberapa hari. 
Reply


Messages In This Thread
Bagaimana Prosedur Melakukan PCR Swab? - by info.sehat - 19 March 2021, 12:01 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by