Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Bagaimana Pengaruhnya Jika Berteman Dengan Mantan?
#1
[Image: ingin-berteman-dengan-mantan-simak-dulu-...799388.jpg]

Salah satu hal yang penting dalam hidup manusia adalah mempertahankan hubungan dengan pasangan. Jika hubungan dengan pasangan memburuk, mereka kemungkinan akan mengakhiri hubungan dengan pasangan, dan hal ini membuat manusia merasa susah untuk melanjutkan hidup. Namun, sebagian orang juga rela jika hubungannya dengan pasangan (pacar, tunangan, atau suami-istri) berakhir sehingga mereka menjadi mantan. Sebagian orang berpikir bahwa berteman dengan mantan adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Setiap orang perlu menjaga hubungan yang baik dengan pasangan, terutama jika mereka sudah menikah dan jika keadaannya memburuk, mereka dapat mencoba memperbaiki hubungannya. Namun, sebagian orang ingin mengakhiri hidupnya dengan pasangan dan akan cerai jika masalah rumah tangga sulit untuk diperbaiki, apalagi jika mereka punya anak, mereka pasti akan merebut hak untuk mengurus anak.

Walaupun demikian, ada sisi positif jika seseorang ingin melanjutkan hubungan dengan mantan, karena mereka tahu bahwa mantan pasangannya masih dapat diandalkan. Selain itu, seseorang yang berteman dengan mantan bisa fokus untuk melanjutkan hidup dan telah menunjukkan sikap yang dewasa.


Alasan Berteman Dengan Mantan

Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal American Psychological Association, seseorang bisa berteman dengan mantan, karena ada beberapa aspek atau alasan yang membuat mereka yakin untuk berhubungan dengan mantan. Seseorang yang masih berhubungan dengan mantan dipengaruhi oleh aspek berikut:

- Keamanan
Meskipun seseorang telah putus dengan pasangan, mereka masih bisa mengandalkan mantan karena dapat memberikan dukungan satu sama lain secara emosional, atau nasihat mengenai kehidupan pribadinya seperti masa depan.
- Tunjangan
Banyak pasangan yang telah menikah, namun akhirnya cerai karena tidak dapat memperbaiki masalah. Walaupun demikian, sebagian dari mereka memerlukan tunjangan seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal untuk memenuhi kebutuhan diri dan anak mereka.
- Menghargai perasaan mantan
Sebagian orang merasa ingin hubungannya dengan mantan tetap dilanjutkan sebagai teman, karena mereka menghargai keputusan mantan pasangan dan merupakan yang terbaik bagi mereka supaya tidak dapat menyakiti perasaan lagi.

- Masih ada perasaan
Meskipun sudah putus dengan pasangan, wajar saja jika mereka masih punya perasaan terhadap mantan karena mereka peduli terhadap mantannya sehingga mereka berhubungan lagi, namun sebagai teman.

Jika Anda memiliki masalah dengan pasangan, Anda sebaiknya coba memperbaiki hubungan dengan pasangan, cari jalan terbaik bagi Anda dan pasangan Anda, karena menjadi mantan cukup sulit karena memberikan dilema apakah berteman dengan mantan dapat memberikan kelebihan atau kekurangan bagi Anda.

Jika Anda putus dengan pasangan, Anda memiliki opsi untuk berteman dengan mantan atau tidak. Anda hanya perlu pilih dengan bijak.

Keputusan Tentang Hubungan Dengan Mantan

Sebagian orang merasa hubungan dengan mantan perlu dipertahankan, setidaknya mereka bisa menjadi teman. Di sisi lain, sebagian orang memutuskan untuk tidak berhubungan lagi dengan mantan. Ada beberapa alasan yang dapat membantu mereka mengambil keputusan. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mempertahankan hubungan dengan mantan
Salah satu alasan yang umum mengapa seseorang perlu memiliki hubungan yang baik dengan mantan adalah demi anak mereka. Hubungan kedua orang tua dapat mempengaruhi perasaan anak.

Alasan lain yang menjadi pertimbangan bagi seseorang jika perlu mempertahankan hubungan atau berteman dengan mantan adalah dapat mendukung satu sama lain. Seperti yang dijelaskan di atas (dari segi keamanan), seseorang membutuhkan nasihat orang lain untuk menjalankan hidup, termasuk nasihat dari mantan.

2. Mengakhiri hubungan dengan mantan
Seseorang merasa perlu mengakhiri hubungan mereka dengan mantan supaya mereka dapat berkencan lagi, dengan pasangan lain. Mungkin saja mereka dapat jodoh yang lebih baik.

Alasan lain bagi seseorang untuk mengakhiri berhubungan dengan mantan adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hal tersebut sering terjadi sehingga sebagian besar pasangan yang sudah menikah merasa sulit untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Alasan lain yang menjadi pertimbangan seseorang yang putus dengan mantan adalah jika mereka berkencan dengan pasangan lain, pasangan baru bisa saja mengetahui bahwa seseorang masih memiliki hubungan dengan mantan dan pasangan baru akan merasa iri dengan hal tersebut sehingga membuat hubungan menjadi rumit.
Berteman dengan mantan memang menjadi pilihan seseorang yang perlu dipikirkan secara matang. Mereka harus ambil tindakan yang benar agar mereka mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id