Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
BBG Energi Alternatif Kendaraan
#1
Thumbs Up 
BAHAN Bakar Minyak yang digunakan pada kendaraan bermotor, amat berperan dalam mengotori udara. Apalagi, bila setelan mesin kurang sempurna. Mengapa tidak mencoba bahan bakar gas (BBG)?


[Image: antarafoto-PakaiBBG120112-1.jpg]
 


Bahan Bakar Gas (BBG) sebagai pilihan Energi Alternatif Kendaraan yang bijak untuk mobil bekas & baru Jakarta hari ini. Mengapa? Polusi yang mencemari udara kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, dan sebagainya. Apalagi di Indonesia, belum ada ketentuan yang menetapkan agar seluruh kendaraan bermotor menggunakan BBM yang tidak mengandung timah hitam (unleaded fuel), dan oktannya tidak seragam.
 
Bahan bakar Pertamax misalnya, sering disebut-sebut memiliki oktan tinggi dan kandungan timah hitamnya rendah. Namun kenyataannya, banyak orang mengeluh, meski menggunakan Pertamax, mesin mobil masih mengelitik, tidak memberi kepuasan pemakainya. Sedangkan premium yang oktannya lebih rendah dari Pertamax, dulu sering dikeluhkan karena dicampur minyak tanah.
 
Selama ini BBG dikenal tidak menyisakan debu, sedangkan bensin atau solar meninggalkan residu. Ini berarti, BBG mampu membuat pembakaran sempurna, benturan mesin rendah, daya tahan oli bisa tiga kali lipat karena mesin tidak harus bekerja ekstra keras, ring piston awet, tidak menimbulkan knocking (ngelithik), busi tidak cepat kotor, dan umur mesin bisa lebih awet.
 
Salah satu kendala pemasyarakatan pemakaian BBG adalah, keraguan akan sistem keamanannya, takut meledak, lebih-lebih bila terjadi kebocoran. Padahal, BBG yang dipakai untuk kendaraan, sama dengan yang digunakan untuk keperluan dapur, dan berbeda dengan LPG. BBG berasal dari gas alam yang keluar dari perut bumi, setelah melalui proses "pemilahan" dari air, mineral dan sebagainya, lalu diambil gas methan-nya. Hasil inilah yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan, dapur dan industri. Dengan demikian, bila terjadi kebocoran, gas akan hilang di udara terbuka. Sedangkan LPG, merupakan hasil penyulingan minyak, sehingga tingkat kepekaannya terhadap api makin besar.
 
Sekali lagi, persoalan belum populernya BBG lebih karena kurang dikenalkan ke masyarakat. Masyarakat sendiri masih mengira, BBG tidak aman. Padahal, kenyataannya tidak demikian. BBG tidak sebahaya yang dibayangkan. Negeri maju seperti AS, sudah lama menggunakan BBG, dan belum pernah terdengar ada kecelakaan karena tabung BBG meledak.
 
Perbandingan polusi yang dihasilkan bensin, solar, LPG dan BBG
-----------------------------------------------------------------
Polutan karbon nitrogen hidro butiran monoksida(CO) (NOx) karbon (HC) debu
 
Bensin 100 100 100 100
Solar 45 360 50 5.700
LPG 70 100 200 80
BBG 65 90 180 80

Dikutip dari: Mobil Bahan Bakar Gas (BBG)
#2
wah Kang Andre sangat aktif dalam menulis, di blognya juga saya lihat artikelnya baru terus.

Di forum ini juga sama dengan forum sebelah kang, untuk menghargai yang membuat thread maka boleh mencantumkan live link. tetapi di komentar jangan. tapi kalau sesuai dengan thread sih ngak apa-apa.

terima kasih Kang, kalau saya belum berbakat menulis yang enak untuk dibaca.
#3
(12 April 2015, 05:52 PM)admin Wrote: Di forum ini juga sama dengan forum sebelah
Kalau artikel kutipan, saya pasti pakai sumber, tapi nggak akan sama 100%, biar kedua belah pihak aman.
Masalah link live saya setuju selama masih berkaitan dan dalam satu topik yang sama. Semisal: thread di atas jika ada link yang mengarah ke pembahasan sepak bola, maka itu OOT dan perlu dihapus Angry
#4
bus udah banyak yg pakai bbg tuh ya kang, terutama tj tu kayaknya hampir semua bb nya pakai gas
#5
Damayanti cantik banget ya salam kenal, aku baru tahu kalau bus sekarang sudah banyak yang pakai bb gas. Tapi agak takut juga kalau kendaraan pakai bb gas karena mudah meledak




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by