Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Augmented Reality untuk UMKM, Cara canggih untuk memajukan bisnis
#1
SUMBER : Augmented Reality untuk UMKM, Cara canggih untuk memajukan bisnis

Menurut Forbes, Augmented Reality (AR) akan populer di tahun 2020 dalam bisnis. Tren ini dipengaruhi oleh penerapan koneksi 5G yang dapat membuat penerapan AR jauh lebih mudah dan dijangkau oleh banyak kalangan seperti UMKM.

Hal ini juga didukung oleh temuan dari IDC, perusahaan analis ekonomi global yang memprediksi kalau pasar Augmented Reality dan Virtual Reality (VR) akan meraup keuntungan sebesar 143,3 juta Dollar AS pada tahun 2020.

Momen ini perlu dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk menerapkan teknologi AR dalam bisnis mereka. Pemikiran kalau AR itu mahal atau hanya untuk perusahaan besar harus dihapuskan demi mengembangkan bisnis.

Lantas, bagaimana menerapkan AR untuk UMKM? Berikut penjelasan mengenai penerapan AR untuk UMKM yang dapat mendatangkan keuntungan.

Melihat cara kerja Augmented Reality secara umum

Secara umum, AR merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya baik dalam bentuk dua atau tiga dimensi kedalam lingkungan nyata. Kita sering melihatnya dalam film seperti Star Wars, Minority Report, dan film Hollywood lainnya.

Dalam bisnis, penerapan AR kerap dilakukan untuk banyak bidang seperti pemasaran, penjualan dan operasional bisnis. Untuk pemasaran dan penjualan, teknologi AR dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk.

AR juga dapat membantu operasional perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan konstruksi dan arsitektur dapat memanfaatkan AR dalam membuat gambaran bangunan secara real agar memudahkan mereka dalam pembangunan. 

Kegunaan AR bagi UMKM

Dengan menerapkan AR, UMKM dapat mendapatkan sejumlah manfaat dalam berbagai kegiatan seperti berikut:
- Penjualan dan pemasaran yang lebih efektif
AR dapat memberikan pengalaman yang baru bagi para pelanggan. Dalam penjualan, pelanggan Anda dapat mendapatkan gambaran lebih dalam mengenai produk yang akan dibeli. Selain itu, AR juga dapat membantu tim pemasaran untuk memasarkan produk yang mereka miliki. AR juga akan membuat pelanggan lebih penasaran dalam melihat hal itu sehingga, memancing rasa ingin tahu mereka akan produk yang Anda pasarkan.
- Membantu pekerjaan
Teknologi AR membantu manusia dalam penggambaran objek yang lebih nyata. Hal ini berguna bagi perusahaan yang bergerak di bidang arsitektur, konstruksi, seni, dan juga bidang lainnya. Karena itu, perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan meminimalisir kesalahan berkat penggambaran yang lebih nyata.

Pentingnya penerapan AR untuk bisnis Anda

Penerapan AR di Indonesia masih jarang. Namun, cara ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda lebih cepat. Augmented Reality dapat berkembang menjadi salah satu tools yang dapat membuat brand Anda lebih menonjol jika dibandingkan brand lainnya. Dengan begitu, brand Anda akan lebih mudah dikenal oleh orang-orang karena, menerapkan cara yang unik dan lebih canggih dalam bisnis Anda. Sehingga, hal ini akan menjadi prospek yang menguntungkan di masa depan.


SUMBER : Augmented Reality untuk UMKM, Cara canggih untuk memajukan bisnis
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by