Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Apakah Perlu Transfusi Darah Sesuai Rhesus Darah?
#1
[Image: transfusi-darah.jpg]

Terdapat dua hal penting terkait dengan darah, yakni golongan dan rhesus darah. Perbedaan keduanya tak lepas dari golongan darah yang terdapat empat jenis, A, B, O dan AB. Sementara rhesus darah hanya dikelompokkan menjadi dua, yakni negatif (Rh-) dan positif (Rh+), kedua hal ini dapat dikatakan berkaitan dengan transfusi darah.
Golongan dan rhesus darah seharusnya dipahami dan diketahui oleh banyak orang karena peranan penting yang dibawa keduanya dalam donor darah. Agar proses tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan, atau bahkan masalah yang berujung dengan gagalnya proses transfusi karena kesalahan dasar.
Golongan Darah
Di dalam tubuh manusia terkandung sel darah merah, sel darah putih dan trombosit atau keping darah dalam carian dan disebut dengan plasma darah. Sementara itu, golongan darah dapat diidentifikasi oleh antibodi dan antigen yang terdapat di dalam darah itu sendiri. Antibodi dan antigen merupakan kedua hal yang berbeda.
Antibodi merupakan protein yang terdapat di dalam plasma darah dan juga merupakan bagian dari pertahanan alami tubuh. Protein ini akan mengenali zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti misalnya kuman, bakteri dan virus. Selanjutnya antibodi akan mengirim sinyal berupa peringatan pada sistem imun tubuh untuk menghancurkan semua zat asing dan berbahaya.
Menurut American Society of Hematology, darah yang mengalir di dalam tubuh manusia pada umumnya mengandung komponen dasar yang sama, yakni sel darah merah, sel darah putih, trombosit dan plasma. Sel darah merah diproduksi pada sumsum tulang belakang dan fungsinya membawa oksigen ke seluruh tubuh.
Zat antigen berfungsi sebagai tanda pengenal sel di dalam tubuh, hal ini membuat tubuh bisa membedakan mana sel tubuh sendiri dan mana yang berasal dari luar tubuh. Jika sel antigen yang berbeda masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh secara otomatis akan melawan sel yang dianggap asing.
Hubungan Transfusi Darah dan Rhesus Darah
Prosedur transfusi tidak boleh dilakukan secara asal, karena terdapat aturan ketat yang harus dipenuhi. Di Indonesia, prosedur ini dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) namun sebelum melakukan distribusi kantong-kantong darah dari pendonor, PMI akan melakukan berbagai macam pemeriksaan.
Seperti misalnya pemeriksaan serologi, tujuannya untuk menguji kelayakan darah agar terbebas dari infeksi atau penyakit. Jenis penyakit yang menjadi infeksi misalnya seperti, hepatitis B, hepatitis C, sifilis hingga HIV. Setelah itu, PMI akan memisahkan darah, tergantung dari jenis darah yang dibutuhkan seperti sel darah merah, putih, trombosit dan plasma.
Dalam melakukan prosedur transfusi darah, golongan darah dan rhesus darah dari pendonor dan penerima akan dicocokkan. Darah penerima donor dengan Rh+ dapat menerima darah dari pendonor Rh+ atau Rh- dengan terlebih dahulu mencocokkan golongan darah yang akan ditransfusi. Meski demikian, terdapat hal yang harus diketahui dari proses ini.
Penerima donor darah dengan Rh- hanya bisa menerima donor darah dari pendonor yang memiliki Rh-, jika penerima donor mendapat darah dari Rh+ maka kondisi tersebut akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Seperti misalnya reaksi hemolitik imun akut, kondisi ini menyebabkan sistem imun akan menyerang sel darah merah yang ditransfusikan karena jenis yang tidak cocok.
Sel-sel yang diserang mampu melepaskan zat ke dalam darah yang membahayakan ginjal. Golongan darah yang memiliki faktor Rh dikatakan rhesus positif, sementara golongan darah yang tidak memiliki faktor Rh disebut sebagai rhesus negatif. Hal ini menjelaskan bahwa rhesus merupakan antigen yang terdapat di plasma darah.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id