Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Apa Warna Indera Pengecapmu? Sehatkah?
#1
Indera pengecap manusia atau yang biasa dikenal dengan nama lidah merupakan indera pengecap. Lidah memiliki fungsi untuk merasakan atau merespon apapun yang masuk ke dalam mulut kita. Tidak hanya berfungsi sebagai indera pengecap saja, lidah memiliki fungsi lain diantaranya, berkomunikasi, mengunyah dan menelan makanan. 

Meski terlihat sederhana, namun beberapa fungsi lidah tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, kerja lidah tidak pernah berhenti dan digunakan terus menerus untuk berbicara dan menelan. Namun tahukah Anda jika lidah tidak hanya memiliki warna merah muda dan putih saja?
Perubahan warna lidah dapat mengindikasi masalah kesehatan tertentu, misalnya seperti infeksi. Tidak hanya dapat merubah warna lidah saja, kondisi medis tertentu pun dapat memengaruhi bentuk dan tekstur dari lidah itu sendiri. Untuk orang yang sehat biasanya memiliki lidah warna merah muda dengan lapisan putih tipis. Warna merah muda bisa terlihat terang ataupun gelap. Yuk, kita lihat bisa berubah menjadi warna apa sajakah lidah seseorang.
Hitam
Salah satu hal yang membuat lidah berwarna hitam adalah adanya penumpukan keratin pada indera pengecap manusia. Keratin merupakan protein di kulit, rambut dan kuku. Menurut Genetic and rare Diseases Information Center, penumpukan keratin dapat menyebabkan lidah berwarna hitam dan berbulu. Nah, pemumpukan tersebut dapat terjadi karena:
• Kebersihan mulut yang buruk
• Obat-obatan, seperti antibiotik
• Penggunaan tembakau
• Terapi radiasi
Pada beberapa kasus yang jarang sekali terjadi, lidah hitam bisa dikatakan dengan kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes atau HIV.
Selain itu, ketika Anda mengonsumsi minuman seperti kopi atau teh hitam juga bisa membuat lidah menjadi hitam. Akan tetapi warna hitam tidak akan berlangsung lama.
Putih
Jika lidah Anda berwarna putih atau pucat, hal ini bisa disebabkan karena adanya jamur seperti sariawan. Sariawan juga bisa menimbulkan rasa sakit dan menyebakan bercak yang cukup tebal, putih atau merah pada lidah. Ketika sariawan, seseorang pun akan mengalami sulit makan atau menelan.
Penyebab lain dari warna lidah putih kemungkinan leukoplakia. Kondisi di mana muncul bercak putih pada gusi, lidah, bagian dalam pipi dan di dasar mulut. Hal ini terjadi karena adanya iritasi akibat kebiasaan merokok. Pada beberapa kasus bercak putih tersebut dapat menjadi salah satu awal gejala kanker mulut.
Merah
Ada beberapa kondisi tertentu jika lidah Anda berwarna merah. Diantaranya:
• Lidah geografis, adalah kondisi munculnya area yang tidak teratur atau seperti membentuk sebuah peta. Anda tak perlu khawatir, karena umumnya kondisi ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan.
• Kekurangan vitamin B, lidah berwarna merah pun bisa terjadi karena kekurangan vitamin B. Khususnya asam folat (vitamin B9) dan colabamin (vitamin B12). Ketika vitamin B tersebut tercukupi dalam tubuh, maka warna lidah Anda akan kembali seperti semula.
• Penyakit kawasaki, adalah kondisi yang lebih serius yang paling umum terjadi pada anak di bawah 5 tahun. Gejala yang muncul bisanya demam tinggi dan berbarengan lidah berwarna merah seperti buah stroberi. Meskipun tidak semua kasus penyakit kawasaki ini berbahaya, namun pada beberapa kondisi dapat meningkatkan komplikasi jantung jika tidak segera ditangani.
• Demam berdarah, pada kondisi ini siapapun membutuhkan perawatan sesegera mungkin. Umumnya gejala disertai dengan radang tenggorokan dan lidah berwarna merah seperti buah stroberi. Bahkan pada beberapa penderita lidah memiliki tonjolan besar.
Kuning
Warna kuning pada indera pengecap manusia biasanya tidak terlalu serius. Adanya pertumbuhan bakteri yang berlebihan adalah penyebab lidah berwarna kuning. Dan, penyebab lain dari lidah kuning diantaranya merokok, mengunyah tembakau, mengonsumsi vitamin tertentu, psoriasis dan penyakit kuning (tapi hal ini jarang terjadi).
Biru
Warna lidah biru biasanya disebabkan ada kekurangan oksigen dalam darah. Bisa terjadi karena:
• Kekurangan oksigen dari paru-paru
• Kelainan darah
• Penyakit pembuluh darah
• Penyakit ginjal
Rendahnya tingkat oksigen dalam darah merupakan hal yang serius dan membutuhkan perhatian medis dengan segera.
Kapan harus ke dokter
Beberapa perubahan warna pada indera pengecap manusia memang ada yang ringan, namun ada pula yang berbahaya. Anda dapat mengunjungi dokter jika adanya perubahan warna yang signifikan pada lidah, perubahan bentuk, atau ukuran lidah yang terjadi dalam beberapa hari. Jadi, apa warna lidahmu?

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id