Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Apa Fungsi Obat Fenitoin?
#1
Obat fenitoin biasanya banyak diketahui sebagai salah satu jenis obat untuk mengendalikan kejang. Istilah lain dari fenitoin adalah obat antikovulsan atau obat antiepilepsi.

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi intensitas aktivitas kejang di otak. Artinya, obat fenitoin bekerja pada jaringan saraf otak untuk menghentikan kejang. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mengonsumsi obat ini, tapi tentu saja harus sesuai dengan dosis.

Bagaimana dengan ibu hamil? Sebenarnya, sudah ada bukti positif bahwa ada risiko konsumsi obat fenitoin terhadap janin. Meski demikian, tetap diperbolehkan jika ada manfaatnya. Misalnya, ketika terjadi penyakit serius yang dapat mengancam kondisi penderitanya jika tidak diobati.

Bagaimana cara pemakaiannya?
Obat apapun perlu dikonsumsi dengan hati-hati, tidak terkecuali fenitoin. Dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan diagnosis setiap orang. Konsumsinya bisa 2-3 kali sehari sesuai kondisi medis.

Tapi ingat yaa, jangan langsung menambah dosis atau mengonsumsinya dengan frekuensi lebih tinggi tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bisa-bisa yang terjadi justru sebaliknya, kejang jadi semakin memburuk!

Jangan ragu ya untuk berkonsultasi pada dokter ketika ada perubahan sekecil apapun pada diri Anda. Justru itu penting dikomunikasikan supaya dokter bisa memantau perkembangan sekecil apapun.

Dosis obat fenitoin
Bagaimana dengan dosis obat fenitoin? Selain dengan berpatokan pada resep dari dokter, rata-rata dosisnya berbeda tergantung pada penyakitnya. Beda orang, bisa beda pula dosisnya.

Contohnya:

• Epilepsi
Untuk dewasa, biasanya dosis awal adalah 3-4 mg/kg per hari atau 150-300 mg/hari. Bila perlu, mungkin saja meningkat secara progresif jadi 600 mg per hari selama kurun waktu 10 hari.

Sedangkan untuk anak-anak, dosis awalnya adalah 5 mg/kg sehari yang dibagi dalam 3 dosis. Dalam satu hari, dosis maksimal adalah 300 mg.

• Kejang tonik-klonik status epilepticus
Untuk orang dewasa, bisa juga diberikan obat intravena sebagai tambahan pada terapi benzodiazepine. Besarannya 10-15 mg/kg dengan injeksi lambat.

Sementara untuk anak, dosisnya adalah 15-20 mg/kg dengan kecepatan kurang dari 1-3 mg/kg/menit.

Selalu konsultasikan pada dokter berapa dosis yang tepat untuk Anda. Jangan sampai salah dosis justru membuat obat fenitoin tidak efektif mengatasi penyakit Anda.
Reply
#2
Riset menunjukkan kalo Phenytoin itu efektif banget buat meredakan epilepsi yg kambuh. Cuman sayangnya anak2 di bawah 5 tahun ngga bisa mengkonsumsi ini. Tapi berguna sih buat orang2 yg punya epilepsi. Ya kalo bisa sih konsultasi sama dokter dulu.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by