Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Anda Penderita Asma? Kenali Macam-Macam Obat Asma Semprot
#1
[Image: obat-asma-semprot.jpg]

Obat asma semprot atau inhaler merupakan obat yang sering digunakan oleh penderita asma untuk mengatasi gejala yang kambuh. Obat ini dapat berupa obat semprot dengan efek jangka pendek maupun jangka panjang.
Bagi penderita asma, obat semprot bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi serangan asma tak terduga. Terdapat banyak jenis obat semprot yang tersedia untuk pasien penderita asma. Biasanya, setiap penderita akan diresepkan obat yang berbeda-beda, tergantung kondisi asma yang diderita.

Macam-macam obat asma semprot
Sebagian besar obat semprot mengandung steroid yang bekerja dengan mengurangi peradangan saluran pernapasan. Ada juga obat yang mengandung bronkodilator yang berfungsi untuk membuka saluran pernapasan.

Tapi, ada juga obat asma semprot yang menggabungkan kedua bahan tersebut. Berikut ini beberapa jenis inhaler yang umumnya diresepkan untuk penderita asma:
  • Inhaler steroid
Biasanya, inhaler yang digunakan untuk jangka panjang mengandung steroid di dalamnya. Steroid ini berfungsi untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan penyempitan saluran udara.
Penggunaan steroid secara teratur dapat membantu mencegah peradangan akut. Dengan begitu, gejala asma pun dapat dikendalikan dengan penggunaan rutin ini.

Jenis-jenis inhaler dengan kandungan steroid antara lain Asmanex Twisthaler, Zetonna, Qvar, Flovent, Flonase, Pulmicort, dan Aerospan.
  • Inhaler bronkodilator
Berbeda dengan steroid, inhaler atau obat asma semprot yang mengandung bronkodilator bekerja dengan memperlebar saluran pernapasan. Dengan melebarnya saluran pernapasan, Anda akan lebih mudah untuk bernapas.
Bronkodilator bekerja langsung pada reseptor beta di otot saluran pernapasan untuk mengontrol ukuran bukaan jalan napas. Selain itu, ada juga kandungan antikolinergik yang mengendurkan otot pada saluran pernapasan.

Inhaler dengan kandungan bronkodilator yang umumnya digunakan berupa Atrovent, Spiriva, dan Slo-Bid.
  • Inhaler kombinasi
Jenis obat semprot yang terakhir adalah inhaler kombinasi. Sesuai namanya, inhaler jenis ini mengombinasikan kandungan steroid dengan bronkodilator. Beberapa penderita dianjurkan untuk menggunakan inhaler kombinasi ini untuk mengatasi gejala asma tertentu.
Menurut penelitian, menggunakan inhaler kombinasi bisa mengurangi intensitas rawat inap akibat penyakit asma. Hal ini bisa terjadi karena adanya kemudahan dalam menerima perawatan dari dua kandungan yang berbeda hanya dengan satu obat semprot.

Ada dua jenis inhaler kombinasi yang biasanya digunakan, yaitu Advair dan Symbicort.
Upaya mencegah serangan gejala asma
Penggunaan obat semprot asma memang bisa mengatasi gejala jika serangan asma terjadi. Tapi, akan lebih baik kalau Anda bisa mencegah diri dari mengalami kondisi tersebut. Untuk mencegah kambuhnya gejala asma, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:
 
  • Olahraga
Bagi sebagian penderita asma, olahraga bisa memicu kemunculan gejala. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah olahraga memang benar-benar akan mendorong kemunculan gejala atau tidak.

Sebaiknya, lakukan olahraga yang aman untuk penderita asma, seperti berjalan kaki, mendaki gunung, bersepeda, dan berenang. Olahraga yang teratur bisa menguatkan otot Anda dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Menghindari pemicu
Setiap penderita asma memiliki berbagai faktor pemicu. Bagi beberapa penderita, asap rokok menjadi faktor pemicu serangan. Tapi, ada juga yang memiliki faktor pemicu berupa udara dingin dan kering.
Cari tahu faktor pemicu asma Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghindari faktor pemicu tersebut dan mencegah diri dari serangan asma yang tiba-tiba.

Melakukan upaya pencegahan sama pentingnya dengan membawa obat asma semprot sebagai bentuk antisipasi. Bila Anda menderita asma, sebaiknya kenali kondisi diri Anda dan merawat diri saat asma menyerang.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by