Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Anatomi Perut: Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dijumpai
#1
[Image: apa-saja-anatomi-tubuh-manusia-dan-tiap-...171836.jpg]


Dalam perut, tentunya memiliki banyak organ yang memiliki fungsi masing-masing. Otot-otot perut melindungi organ vital di bawahnya dan berfungsi untuk menyediakan struktur pembentuk tulang belakang dengan begitu anatomi perut tidak hanya berfungsi dan berguna untuk perut, melainkan untuk susunan tubuh lainnya termasuk untuk membantu tubuh menekuk di pinggang.
Perut termasuk anggota tubuh manusia yang paling banyak menyimpan organ vital dan terletak di ruang antara dada dan panggul. Perut berisi semua organ pencernaan termasuk lambung, usus kecil, usus besar, pancreas, hati, dan kantung empedu. Organ vital ini terletak dalam satu ruang berongga namun terhubung antara satu dengan lainnya. Jaringan yang menghubungkannya dikenal dengan mesenterium. Dengan adanya mesenterium, organ tersebut memungkinkan untuk tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya masing-masing. Termasuk ginjal dan limpa di dalamnya.
Penyakit umum dari anatomi perut
Seperti yang sudah diaparkan di atas, perut memiliki banyak sekali organ vital yang jika salah satunya tidak berfungsi dengan sempurna, akan mengganggu secara keseluruhan kesehatan Anda. Berikut beberapa penyakit umum yang berasal dari perut.
Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD
Merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke hingga kerongkongan dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Dalam bahasa Indonesia ini dikenal dengan refluks asam. Biasanya gejala dapat berupa rasa sakit seperti terbakar di tengah dada. GERD sering terjadi setelah makan atau muncul tiba-tiba di malam hari.

Kondisi ini termasuk sangat umum dialami oleh banyak orang dan tidak jarang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika mengalami gangguan ini terus menerus biasanya gejalanya akan lebih rumit seperti bau mulut, erosi gigi, mual, nyeri di dada atau bagian atas perut, kesulitan menelan hingga bernafas sehingga membutuhkan konsultasi dokter dengan segera.

Penyakit celiac
Penyakit celiac adalah masalah pencernaan terhadap gluten. Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan jelai. Gluten dapat berbahaya bagi penderita celiac dan gejalanya dapat berupa sakit perut, kembung, diare, sembelit, muntah, dan penurunan berat badan. Untuk orang tua, gejalanya dapat lebih parah seperti anemia, kelelahan, tulang keropos, depresi, hingga kejang.

Penyakit crohn
Penyakit ini termasuk ke dalam masalah di anatomi perut, yaitu pencernaan. Penyakit ini sering dikaitkan dengan penyakit radang usus buntu. Penyakit crohn dapat memengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan tetapi paling sering memengaruhi ileum terminal yaitu tempat yang menghubungkan ujung usus kecil dan usus besar. Gejala ini dapat berupa sakit perut, diare, pendarahan dubur, penurunan berat badan, dan demam. Untuk menghindari kondisi ini dapat dilakukan dengan menghindari minuman berkarbonasi, alkohol, kopi, buah, sayuran mentah, daging merah, dan makanan berlemak.


Sindrom iritas usus
Berdasarkan penelitian, sekitar 10 hingga 15 persen orang di seluruh dunia mengalami kondisi ini. Penyebab sindrom iritasi usus sebenarnya tidak diketahui, tapi cukup mudah untuk diobati dan biasanya dapat berupa diet rendah lemak dan tinggi serat, sekaligus menghindari makanan pemicu seperti susu, alkohol, kafein, pemanis buatan dan makanan mengandung gas.

Diverkulitis
Kondisi ini mengganggu kantung kecil yang disebut diverticula yang berada di beberapa titik lemah di lapisan sistem pencernaan namun paling sering ditemukan pada usus besar. Jika diverkulitis tidak menimbulkan gejala, biasa dikenal dengan divertikulosis dan cukup umum diĀ  kalangan orang dewasa.
Itulah informasi mengenai penyakit umum yang sering terjadi pada anatomi perut. Perut memiliki banyak organ vital, jika salah satunya tidak bekerja dengan baik, otomatis tubuh Anda akan merasa tidak sehat.
Reply


Messages In This Thread
Anatomi Perut: Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dijumpai - by info.sehat - 21 April 2022, 12:51 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by