Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Alternatif untuk Hindari Efek Samping Glycolic Acid
#1
Glycolic acid atau asam glikolat merupakan produk asam yang sudah populer digunakan sebagai skincare atau produk perawatan wajah. Sifatnya yang dapat mengangkat sel kulit mati menjadikan ia efektif mencerahkan wajah dan mengatasi masalah kulit lain, seperti jerawat.

Namun, karena sifatnya cenderung unik dari semua produk yang masuk ke dalam kelompok asam alfa-hidroksi (AHA) lain, membuat glycolic acid cenderung berisiko. Jika tidak cocok, asam glikolat ini berpotensi menimbulkan efek samping yang cukup serius.

Efek samping itu dipicu oleh kenyataan bahwa zat asam ini memiliki molekul terkecil dari semua AHA, sehingga menembus hingga lapisan paling dalam dengan cepat. Asam glikolat sangat efisien dan hanya membutuhkan satu aplikasi untuk memberikan hasil. Namun, karena kerjanya cukup cepat, zat asam ini rentan menyebabkan iritasi.
• Efek Samping Glycolic Acid
Pada konsentrasi tinggi, asam glikolat akan menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping yang mungkin terjadi di antaranya adalah sensasi menyengat dan terbakar pada kulit. Sementara itu, ruam kemerahan juga mungkin muncul, tergantung pada konsentrasi asam yang digunakan.
Selain itu, asam glikolat berpotensi membuat kulit kering dan mengelupas. Sementara salah satu efek serius lain, kendati jarang terjadi adalah terjadinya perubahan warna kulit. Pada kasus ini, warna kulit seseorang akan berubah menjadi lebih terang atau lebih gelap.
Bahaya terbesar penggunaan asam glikolat adalah terbakarnya kulit. Hal ini dapat terjadi saat menggunakan asam glikolat dengan konsentrasi tinggi tanpa pengawasan dokter atau menggunakan asam glikolat terlalu sering. Kondisi ini membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya.
Untuk menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan glycolic acid, seseorang bisa menggunakannya secara bertahap. Penggunaan pertama kali sebaiknya pilih produk yang mengandung asam glikolat sebanyak 3 hingga 5 persen saja. Jika sudah mulai terbiasa, seseorang bisa gunakan produk dengan komposisi zat asam 10 persen.
Selain itu, jika Anda cenderung ingin menghindari risiko, tak ada salahnya mencari produk atau zat asam pengganti. Ada beberapa zat asam yang memiliki fungsi dan peran serupa, yakni exfoliating acid.
Selain itu, beberapa zat asam di bawah ini tidak semua berada dalam kelompok asam alfa-hidroksi, sehingga mungkin memberikan hasil yang lebih beragam daripada glycolic acid:
• Asam Laktat
Zat asam ini dinilai amat cocok bagi pemilik kulit kering yang tak bisa menggunakan glycolic acid. Berbeda dengan asam glikolat, asam laktat molekulnya lebih besar sehingga mereka tidak menembus kulit, sedalam asam glikolat, untuk memicu pengelupasan.
Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, asam laktat ini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, pada persentase rendah, sekitar lima persen, asam laktat dapat bertindak sebagai humektan yang akan bekerja menarik kelembaban ke dalam kulit saat terkelupas.
• Asam Salisilat
Asam salisilat amat cocok digunakan oleh mereka pemilik kulit berminyak dan jerawat.  Sebagai beta hydroxy acid (BHA), asam salisilat berfungsi menjadi kryptonit untuk jerawat. Asam salisilat adalah satu-satunya asam yang mampu menyusup ke lapisan pori-pori, sehingga dapat menghilangkan kotoran, sel-sel mati, dan sebum yang terperangkap.
Asam ini juga dengan cepat mengembalikan aliran minyak keluar dari pori-pori, sehingga kecil kemungkinan tersumbat dengan puing-puing yang mengarah ke komedo dan jerawat.
• Asam Mandelic
Asam mandelic masuk ke dalam kelompok AHA, sama seperti glycolic acid. Sifat zat ini membantu mengangkat kelebihan pigmen dari permukaan kulit sehingga amat cocok untuk kulit dengan masalah pigmentasi dan jerawat.
Asam mandelic juga memiliki sifat antibakteri, yang membantu mengatur produksi sebum sehingga mencegah jerawat muncul. Zat ini digadang-gadang menjadi alternatif paling sempurna dari asam glikolat, karena dapat menghindari iritasi yang ditimbulkan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
***
Apa pun produk kecantikan, termasuk zat yang terkandung di dalamnya, yang Anda gunakan pastikan selalu semua itu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. Jangan hanya terpukau dengan iming-iming manfaatnya, Anda malah memilih produk yang salah.
Glycolic acid sebenarnya cukup efektif dalam memecahkan berbagai masalah kulit dan kecantikan. Namun, jika Anda tidak cocok jangan pernah memaksakan diri. Lebih baik cari produk atau zat alternatif agar apa yang Anda upayakan tidak kontraproduktif dengan tujuan yang ingin dicapai.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by