Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Alat Kesehatan Untuk Bayi Prematur
#1
Alat kesehatan untuk bayi premature harus selalu tersedia di unit – unit pelayanan medis, khususnya rumah sakit yang memiliki unit NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Hal ini karena segala sesuatunya bisa terjadi tanpa diduga. Bayi premature yang memang mengalami gangguan kesehatan tertentu perlu dirawat menggunakan peralatan yang memadai dan khusus. Berikut ini beberapa alat medis yang disediakan khusus untuk penanganan bayi premature.

Alat Kesehatan Untuk Bayi Prematur

Beberapa alat ini mungkin pernah kita jumpai di sebuah rumah sakit dan klinik khusus bersalin. Khususnya yang memiliki unit ruang NICU.

# Inkubator Bayi

Bayi yang dirawat di dalam incubator seolah – olah memberikan informasi bahwa ia adalah bayi yang terlahir dalam kondisi premature. Memang demikian adanya, namun tidak semua bayi yang terlahir permatur harus dirawat di dalam incubator bayi. Hanya bayi – bayi dengan kondisi tertentu yang perlu dirawat menggunakan incubator bayi. Oleh karena pentingnya alat ini, maka incubator bayi merupakan salah satu alat medis yang wajib ada untuk perawatan bayi premature.

# Infant Warmer

Berikutnya adalah infant warmer, apa itu infant warmer ? Yaitu alat medis yang digunakan untuk menghangatkan bayi. Bayi – bayi dengan kondisi tertentu perlu dihangatkan terlebih dahulu sebelum masuk dalam ruang perawatan umum. Biasanya kasus ini juga terjadi pada bayi premature dengan gangguan hipotermia, dimana kondisi suhu tubuhnya belum mampu menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Oleh sebab itu, perlu dibantu diterapi dengan menggunakan alat infant warmer.

# Lampu Fototerapi

Sebagian bayi premature mengalami sindrom “bayi kuning” dimana kulitnya berubah warna menjadi kekuningan. Hal ini terjadi karena kadar bilirubin yang seharusnya dipecah oleh enzim yang dihasilkan dari livernya menumpuk karena organ liver yang belum sempurna. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan terapi cahaya biru dengan menggunakan lampu fototerapi.

# Ventilator

Berikutnya adalah alat bantu peranafasan yang berperan untuk menggantikan fungsi paru – paru. Alat ini kerap digunakan pada bayi premature yang mengalami gangguan pernafasan yang berat. Ventilator dipasang menggunakan selang intubasi dengan cara dimasukkan melalui mulut atau membuat sebuah lubang yang menuju ke paru – paru.

Tentunya masih ada banyak lagi, peralatan – peralatan medis yang digunakan untuk perawatan bayi premature. Yang sudah kita ulas diatas hanyalah sebagian kecilnya saja. Sekian, semoga bermanfaat !

BaehaqiNur[url=https://jualannasa.com/][/url]
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id