Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Alasan Mengapa Jangan Menggunakan Excel untuk Mengelola Keuangan Bisnis Anda
#1
[Image: Alasan-Mengapa-Jangan-Menggunakan-Excel-...4x694.jpeg]
Pada umunya, terdapat banyak perusahaan kecil menggunakan Excel untuk mengelola akuntansi bisnis kecil mereka, dan software ini dapat mengelola banyak hal dengan dengan sangat baik. Namun seiring pertumbuhan bisnis dan permintaan pelanggan Anda, keterbatasan Excel mulai muncul. Salah satu contohnya adalah melacak faktur yang belum dibayar dalam spreadsheet, hal ini dapat menjadi proses yang rawan akan terjadinya kesalahan. Berapa kali Anda harus menghubungai klien di masa lalu karena masalah faktur hanya untuk mengetahui bahwa mereka sudah membayar, atau lebih parahnya, Anda lupa untuk mencatat pembayaran tersebut?
Namun, untuk berpindah ke software akuntansi yang lain mungkin juga merupakan tugas yang menakutkan bagi beberapa pemilik perusahaan  karena mereka akan mengubah beberapa cara pengelolaan data, migrasi data, dan kurva pembelajaran yang telah familiar.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda jangan menggunakan Excel untuk mengelola keuangan bisnis Anda:

1. Excel Spreadsheets rawan akan kesalahan
Melakukan input dapat secara manual, terjadinya human-error, dan kesalahan ketika mengaplikasikan rumus dapat benar-benar mengacaukan pelacakan dan perencanaan keuangan Anda. Software  akuntansi berbasis Cloud seperti ODOO, FreshBooks, Xero, atau Intuit QuickBooks dapat  mengelola entri data dan mengurangi kesalahan penyimpanan catatan karena beberapa software ini  melakukan sebagian besar hal sulit tersebut secara otomatis. Selain itu, dengan menggunakan beberapa software tersebut, Anda juga akan mendapatkan tampilan dasbor dari semua data keuangan Anda, mulai dari laporan pengeluaran hingga timesheets, anggaran hingga laporan arus kas  dengan lebih mudah daripada mengelola data tersebut dengan menggunakan spreadsheet Excel.

2. Excel cukup sulit untuk digunakan
Excel memerlukan keahlian pemrograman terutama jika Anda membutuhkannya untuk melakukan pelaporan keuangan. Rumus, filter, koneksi data, dll dapat membuat pengaturan spreadsheet untuk mengelola kebutuhan akuntansi dasar Anda adalah hal yang menyebalkan! Anda juga dapat menemukan bahwa Anda akan terus-menerus mengutak-atik template Anda untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan dan memperbaikinya benar-benar menghabiskan waktu dan dapat membuat Anda frustrasi.

3. Excel tidak menyediakan tampilan data secara keseluruhan
Tentu Anda dapat membuat diagram lingkaran dari data Excel Anda, tetapi siapa yang punya waktu untuk itu? Jika Anda ingin melihat laporan secara keseluruhan, Anda akhirnya akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memilah-milah dan menganalisis data secara manual, berharap untuk menemukan beberapa hal yang penting. Namun, ketika Anda menggunakan software berbasis cloud, semua hal tersebut dapat dilakukan jauh lebih mudah, seperti contohnya:
- Memantau arus kas Anda secara real-time
- Melihat siapa yang berutang pada Anda ketika terjadi faktur jatuh tempo secara langsung
- Memantau laporan yang paling penting bagi Anda. Misalnya, jika Anda berada di fase start-up, Anda dapat dengan cepat menilai kemajuan bisnis Anda memlalui laporan untung dan rugi.

4. Excel merupakan software yang statis
Semua fitur yang ada dalam Excel juga dapat Anda temukan pada software berbasis clod yang lain. Selain itu, software akuntansi berbasi cloud memiliki banyak kelebihan seperti, pengelolaan data secara otomatis, pencadangan data pada cloud, disinkronkan dengan aplikasi bisnis lainnya dan lain sebagainya.
Tak hanya itu, Anda juga mendapat manfaat dari fitur dan pembaruan sistem dari penyedia perangkat software secara gratis dan tanpa gangguan pada proses bisnis Anda. Semua hal tersebut  terjadi pada penyimpanan cloud, tidak ada lisensi baru, atau penambahan biaya yang diperlukan.
Apakah Anda perlu mengakses data akuntansi saat bepergian? Singkirkan laptop Anda, layanan software akuntansi berbasis cloud juga dapat diakses dari ponsel atau tablet Anda. Anda juga dapat memberikan aksesibilitas akuntan atau pemegang buku Anda, dan ini adalah  cara terbaik untuk memastikan bahwa setiap orang menggunakan data yang sama, ini benar benar jauh lebih mudah dibandingkan ketika Anda menggunakan Excel.
 
Salah satu software berbasis cloud yang sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan adalah ODOO ERP. Jadi, apa itu Odoo ERP dan Mengapa Anda Harus Memilih Odoo ERP untuk digunakan dalam mengelola laporan bisnis Anda? Secara singkat, ODOO merupakan sebuah software aplikasi bisnis yang mencakup CRM, Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan. Jika Anda masih bingung tetang apa dan cara mengaplikasikan ODOO ERP terhadap bisnis Anda, Anda dapat menghubungi perusahaan penyedia layanan jasa implementasi Odoo ERP untuk mempelajarinya lebih dalam.

Sumber: https://www.suryasemesta.com/alasan-meng...-anda.html
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by