Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Alasan Anda Harus Tahu Cara Membersihkan Lidah
#1
Anda mungkin rajin menyikat gigi dua kali. Tapi apakah Anda juga rajin membersihkan lidah? Mungkin Anda pernah berpikir kenapa Anda memiliki bau mulut tidak sedap walaupun Anda rajin menyikat gigi dua kali sehari. Masalah Anda bukan teknik menyikat gigi, tapi lebih kepada cara membersihkan lidah yang salah atau Anda sama sekali tidak membersihkannya. Padahal kebersihan lidah sama pentingnya dengan kebersihan gigi. 

Kenapa Anda Harus Membersihkan Lidah

Membersihkan lidah penting tidak hanya untuk menghindari bau mulut tidak sedap, tetapi juga untuk kesehatan oral. Sama halnya dengan bakteri yang menumpuk di sela-sela gigi dan mengeras menjadi plak dan karang gigi jika tidak dibersihkan, bakteri juga menumpuk di lidah. Permukaan lidah diselimuti benjolan-benjolan kecil yang disebut dengan papilla. Di alur sela benjolan tersebut bakteri, sel kulit mati, dan sisa-sisa makanan berkumpul yang kemudian akan diselimuti lapisan tipis air liur. Bakteri dan sisa-sisa makanan yang terperangkap dapat mengakibatkan bau mulut dan perubahan warna menjadi putih. Selain itu, bakteri yang berada di lidah dapat kembali menyerang gigi dan gusi, bahkan setelah dibersihkan, sehingga meningkatkan kemungkinan plak dan karang gigi terbentuk. Sayangnya, berkumur saja tidak cukup untuk menghilangkannya. Mikroorganisme yang berkumpul di lidah disebut dengan biofilm. Minum air dan menggunakan mouthwash tidak akan menghilangkan bakteri tersebut, dan hanya merusak lapisan luarnya saja. Sel-sel yang berada di bawah permukaan masih akan hidup untuk membuat mulut baud an merusak gigi. Sehingga satu-satunya cara membersihkan lidah hanya dengan menyikat atau menggosoknya.
Bagaimana Membersihkan Lidah Yang Benar
Anda perlu membersihkan lidah setiap kali Anda menyikat gigi. Prosesnya pun sederhana, hanya perlu menyikat maju mundur, dari sisi kiri ke sisi kanan, dan kemudian berkumur menggunakan air. Hati-hati dalam menyikat lidah karena Anda tidak ingin menyikat terlalu keras dan merusak kulit. Beberapa orang lebih suka menggunakan pengeruk lidah. Dan Anda bisa mendapatkannya di apotik. Baik sikat gigi dan pengeruk lidah efektif dalam membersihkan bakteri di lidah, namun banyak studi menyatakan bahwa pengeruk lidah bekerja lebih baik. Pengeruk lidah umumnya terbuat dari plastik ataupun metal. Apabila Anda ingin menggunakan pengeruk lidah, cara yang tepat adalah menjulurkan lidah sejauh mungkin. Letakkan pengeruk lidah di belakang lidah, tekan ke bawah dan tarik maju ke luar sambil memberikan tekanan. Bersihkan pengeruk lidah di air hangat untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel dan lakukan hal yang sama beberapa kali, setidaknya 2 hingga 5 kali. Namun, Asosiasi Gigi Amerika menyatakan belum ada bukti bahwa pengeruk lidah dapat mencegah bau mulut tidak sedap.
Lidah Sudah Bersih Tapi Masih Bau Mulut?
Membersihkan lidah biasanya akan membuat bau mulut tidak sedap hilang. Namun, apabila bau mulut masih ada, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter karena ada kemungkinan kondisi kesehatan yang lebih serius. Selain karena bakteri di lidah, bau mulut tidak sedap dapat disebabkan oleh gigi yang membusuk, infeksi di mulut, hidung, atau tenggorokan, hingga penyakit yang lebih serius seperti kanker dan diabetes.
Dengan melakukan cara membersihkan lidah yang benar, Anda bisa menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan lebih efektif. Bersihkan lidah setidaknya 2 kali sehari setiap kali selesai menggosok gigi. Bau nafas segar, gigipun bebas bakteri dan karang gigi.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id