Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Alami Tanda-tanda Feses Hitam (Melena), Apa Penyebabnya?
#1
Pernahkah Anda mengalami keluarnya feses hitam (melena) saat buang air besar? Kondisi ini tidak boleh diremehkan. Warna hitam pada feses bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk adanya kondisi medis tertentu yang Anda derita.

Anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab dari feses yang berwarna hitam. Setelah itu, berdasarkan faktor penyebab tersebut, dokter bisa membantu memberikan solusi pengobatan.

Kemungkinan penyebab feses hitam (melena)

Ada beberapa kondisi medis yang bisa membuat feses seseorang menjadi berwarna hitam, contohnya seperti:

-Varises esofagus

Salah satu penyebab feses tampak hitam adalah penyakit yang disebut dengan varises esofagus. Kondisi ini merupakan kondisi pembesaran pada pembuluh darah vena di dinding esofagus bagian bawah.

Pembesaran ini bisa membuat pembuluh darah vena pecah dan mengakibatkan pendarahan. Pendarahan ini akan terkena hingga ke tinja Anda, sehingga saat dikeluarkan akan tampak berwarna hitam akibat darah.

Feses hitam (melena) adalah salah satu gejala umum dari kondisi varises esofagus. Bisa saja, menghitamnya tinja yang Anda alami memang disebabkan oleh kondisi ini.
Pendarahan ulkus

Bisa dibilang, pendarahan ulkus adalah kondisi medis yang paling umum menyebabkan feses tampak berwarna hitam. Ulkus sendiri adalah kondisi saat Anda mengalami bisul atau luka terbakar di bagian dalam perut atau usus kecil.

Luka kecil ini bisa saja berdarah dan darahnya pun menyebar bahkan sampai terkena ke tinja. Sehingga, ketika buang air besar, tinja yang dikeluarkan sudah terpapar oleh darah dan tampak berwarna hitam gelap.

Bila tidak diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan, karena gejalanya juga membuat Anda mengalami sakit perut, mual dan muntah, sensasi terbakar di perut, kesulitan bernapas, hingga penurunan berat badan.

-Sobekan Mallory-Weiss

Feses hitam (melena) juga bisa disebabkan oleh kondisi sobeknya Mallory-Weiss, yaitu selaput lendir yang menghubungkan antara kerongkongan dengan lambung. Sobekan ini bisa saja berdarah, sehingga darahnya pun terkena ke tinja Anda dan membuatnya menjadi berwarna hitam.

Bisa dibilang, kondisi sobeknya Mallory-Weiss tergolong cukup langka. Meski begitu, bagi orang yang sudah terkena penyakit ini, ada risiko bahwa gejalanya bisa mengancam jiwa bila tidak segera diobati.

Inilah mengapa penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Sobeknya Mallory-Weiss bisa terdeteksi dengan lebih cepat, sehingga Anda pun bisa mendapatkan pertolongan sedini mungkin.

-Peradangan gastritis

Penyebab lainnya dari feses hitam (melena) adalah peradangan gastritis atau peradangan pada lapisan lambung. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan peradangan ini, termasuk konsumsi alkohol, makanan pedas yang terlalu banyak, kebiasaan merokok, infeksi bakteri, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Terkadang, peradangan gastritis juga bisa terjadi setelah seseorang menjalani operasi. Untuk mengetahui penyebab pasti dari peradangan ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Ingatlah bahwa peradangan yang menyebabkan tinja berwarna hitam harus segera diobati. Bila tidak, maka kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Jangan remehkan feses yang berwarna hitam. Perubahan warna feses adalah tanda atau gejala dari kondisi medis tertentu yang mungkin Anda derita tanpa disadari dan perlu segera diatasi.

Beberapa penyebab feses hitam (melena) bisa diatasi dengan penggunaan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Tapi, untuk kondisi yang lebih parah, Anda mungkin akan membutuhkan prosedur pengobatan yang lebih kompleks.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by