Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
AC Outdoor Mati? Ini dia 4 Kemungkinan Penyebabnya
#1
Thumbs Up 
[Image: Jasa-Cuci-AC-Terdekat.png]
-
Ketika kita membeli unit AC, maka selain mendapatkan unit AC indoor, kita juga mendapatkan AC outdoor. Pada saat kita memesan jasa cuci AC terdekat, teknisi biasanya akan melakukan pembersihan di kedua unit AC tersebut. Melakukan pembersihan, dan juga mengecek kondisi kipas outdoor. Jika kamu melihat kipas outdoor dalam kondisi retak atau patah, segera matikan dan jangan gunakan AC hingga dicek dan diperbaiki oleh teknisi AC.
-
Ada beberapa alasan mengapa AC outdoor bisa mati atau tidak berfungsi normal. Berikut adalah beberapa kemungkinan mengapa AC outdoor bisa mati:
-
  • Overload sudah rusak
Overload merupakan salah satu komponen AC outdoor yang berfungsi sebagai saklar pemutus arus listrik yang mengalir ke kompresor. Ketika kompresor tidak bekerja normal, inilah salah satu faktor kenapa AC Outdoor rusak. Contoh, kompresor mengelami overheating sehingga AC outdoor tidak berfungsi.
-
  • Start Kapasitor Kompresor Rusak
Unit AC outdoor yang kita miliki pasti memiliki dua buah start kapasitor, berfungsi sebagai kapasitor fan dan juga kapasitor kompresor. Kapasitor kompresor inilah yang berguna sebagai penggerak agar ia bisa bekerja.
Ketika kapasitor ini rusak, maka kompresor tidak akan bekerja. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan gejala dimana kompresor mengeluarkan suara dengungan yang lumayan keras. Jika hal ini terjadi, maka kapasitor harus diganti dengan yang baru. Serahkan pada teknisi yang memang mengerti permasalahan tersebut. Pastikan juga kamu memberitahu permasalahan kapasitor tersebut pada teknisi.
-
  • Kerusakan Thermistor di AC Indoor
Thermistor merupakan komponen yang bekerja berdasarkan pada suhu ruangan. Jika suhu ruangan tidak sesuai dengan suhu yang diatur pada remote AC, maka thermistor akan mengirim sinyal yang akan diteruskan ke PCB kontrol. Pada saat ini, unit indoor juga akan mengirimkan tegangan pada unit outdoor agar kompresor mulai bekerja. Ketika suhu ruangan sudah tercapai dan sesuai dengan angka remote, maka kompresor akan berhenti bekerja. Ketika thermistor ini rusak, maka unit indoor AC tidak bisa mengirimkan arus listrik, akibatnya kipas dan kompresor tidak bisa bekerja secara normal dan membuat AC outdoor mati.
-
  • Kabel Input Power Outdoor Putus
Ini bisa jadi alasan utama mengapa AC outdoor mati. Merupakan alasan atau skenario paling sederhana yang menyebabkan unit outdoor AC mati. Adanya putus kabel menjadi alasan mengapa AC outdoor mati. Kamu bisa mulai mengecek kondisi kabel yang ada disekitar AC untuk memastikan apa benar ada kebocoran atau putus pada kabel.
-
Nah itu dia biasanya beberapa alasan mengapa AC outdoor bisa mati. Ada berbagai alasan, namun cara utama untuk menjaga kualitas AC indoor dan outdoor bisa berfungsi normal adalah dengan rutin melakukan perawatan seperti jasa cuci AC terdekat untuk memastikan kondisi kedua AC ini dalam kondisi optimal.
Reply


Messages In This Thread
AC Outdoor Mati? Ini dia 4 Kemungkinan Penyebabnya - by marshallpr - 15 July 2020, 04:23 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by