Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
4 Fakta RS Universitas Indonesia yang Perlu Diketahui
#1
[Image: universitas-indonesia-depok-HCFH00000460.jpg]
Sejak 16 Januari 2019 lalu, RS Universitas Indonesia sudah resmi beroperasi dan terbuka untuk pelayanan umum. RS UI ini merupakan rumah sakit umum pendidikan kelas B yang berada di area kampus UI. RS Universitas Indonesia ini sudah dibangun sejak tahun 2009 lalu. Sebelum dibuka untuk umum, rumah sakit ini sudah beroperasi secara terbatas melayani civitas akademika dan para staf di lingkungan Universitas Indonesia sejak 22 November 2018 lalu. Mari mengenal rumah sakit UI ini lebih dekat.
  • Rumah Sakit Pendidikan Pertama dengan Pelayanan Kesehatan Satu Atap
Rumah sakit pendidikan UI ini adalah RS perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang memiliki konsep dan juga rancang bangun dengan fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (One Stop Health Service). Pelayanan satu atap ini mulai dari pelayanan primer, sekunder, hingga berbagai pelayanan unggulan lainnya.
Konsep pelayanan kesehatan satu atap ini sesuai dengan norma yang dimuat dalam PP Nomor 93 tahun 2015 tentang RS Pendidikan.
One Stop Health Service ini tentu saja akan sangat memudahkan pasien mendapatkan pelayanan kesehatanyang lebih cepat, efisien, dan lebih baik sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan pasien secara holistik.
  • Bangunan Tahan Gempa 9.0 SR
Bangunan utama rumah sakit Universitas Indonesia ini memang dirancang tahan guncangan karena berdiri di atas bantalan anti gempa yang ada di dasar konstruksi. Tujuannya agar gedung rumah sakit ini aman dari guncangan bahkan hingga 9.0 Skala Richter.
Rumah sakit pendidikan ini dibangun di area seluas 106.100 meter persegi. Sedangkan luas bangunannya 82.074 meter persegi yang terdiri dari 14 lantai. Kapasitas rumah sakit ini sendiri bisa menampung 300 tempat tidur untuk tahap pertama yang ada di kompleks Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI Depok.
Tidak hanya itu, rumah sakit Universitas Indonesia ini juga ditunjang infrastruktur teknologi yang akan mendukung mahasiswa UI untuk melihat langsung tindakan medis di ruang kelas, tentunya sudah mendapatkan izin dari pasien.
Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan ruang observasi bagi mahasiswa agar tidak mengganggu kenyamanan pasien untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar.
  • Pelayanan Fasilitas Gawat Darurat 24 Jam
RS Universitas Indonesia juga menyediakan fasilitas Gawat Darurat yang buka 24 jam, seperti:
  • Instalasi Gawat Darurat
  • Ambulance
  • Ruang Operasi
  • Ruang Bersalin
  • Instalasi Gawat Darurat Anak
  • Konseling Kekerasan Fisik dan Seksual
Selain itu, ada juga pelayanan umum medical Check-Up personal hingga massal, High Care Unit, Intensive Care Unit, Neonatal Intensive Care Unit, Cardiac Care Unit, Stroke Care Unit, Ruang Rawat Inap Kelas mulai dari Kelas 1,2,3, VIP hingga VVIP, hingga Fasilitas Pemulasaraan Jenazah dan Rumah Duka.
  • Ada Klinik Gizi dan Lainnya
Di RS Universitas Indonesia ini juga melayani bidang nutrisi kedokteran sehingga semua pasien dari berbagai jenis penyakit seperti penyakit hati, saluran empedu, saluran cerna, hingga empedu bisa dilayani di klinik gizi ini.
Tidak hanya klinik gizi, di rumah sakit ini juga tersedia klinik jantung, klinik anak, klinik bedah yang terdiri dari klinik bedah plastik, bedah toraks, bedah anak, kardiovaskular, bedah umum, hingga digestif. Ada pula klinik gigi, klinik obstetri dan ginekologi, klinik saraf, hingga klinik radiologi.
RS Universitas Indonesia ini akan dapat diakses dari jalur Jalan Tol Cinere-Jagorawi atau bisa juga diakses dari Jalan Margonda Raya Depok, sehingga rumah sakitĀ  UI ini sangat mudah diakses masyarakat.
Reply


Messages In This Thread
4 Fakta RS Universitas Indonesia yang Perlu Diketahui - by info.sehat - 18 February 2021, 09:31 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by