Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
15 Cara Memberi Kesan Baik Pada Atasan di Hari Pertama Kerja
#1
[Image: menjalin-hubungan-dengan-karyawan.jpg]

Menyenangkan hati atasan tidak pernah mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda baru saja bekerja di hari pertama. Tentu saja Anda belum mengenal seperti apa sifat atau kebiasaan atasan sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menyenangkan atasan.

Untuk bisa menarik hati dan mengesankan atasan Anda sejak hari pertama, lakukan hal-hal berikut ini!
1. Kesan Pertama yang Baik
Berikan kesan pertama yang baik kepada semua orang yang Anda temui, khususnya atasan. Cari tahu apa hal yang bisa Anda lakukan untuk tim kerja dan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Seseorang yang melakukan ini akan menghasilkan persepsi positif dan meyakinkan atasan bahwa Anda dapat berperan bagi perusahaan dalam jangka panjang.

2. Sampaikan Ide Menarik
Jangan pernah takut untuk mengutarakan ide-ide Anda kepada atasan, karena bisa saja ternyata ide Anda dapat membuat perubahan besar pada perusahaan dalam segi positif. Bahkan Anda juga bisa menawarkan diri untuk menjadi pemimpin tim untuk menjalankan ide Anda tersebut.

3. Berkenalan dengan Banyak Orang
Jika Anda hanya duduk berdiam diri di meja pada hari-hari pertama Anda bekerja, maka dibutuhkan banyak sekali waktu untuk mengenal semua orang dan perusahaan.

Ketika sedang senggang, coba untuk sedikit berkeliling kantor dan berkenalan dengan rekan kerja lain secara lebih personal. Makan siang bersama dan ngobrol santai juga efektif untuk mengakrabkan diri dengan mudah.

4. Bersedia Lembur
Seorang karyawan yang bersedia lembur, apalagi di hari pertama mereka, menunjukkan bahwa karyawan tersebut bersedia untuk bekerja keras dan belajar lebih banyak mengenai perusahaan.

5. Buat Obrolan Santai dan Lelucon
Karyawan dengan kepribadian yang menyenangkan lebih mudah untuk disukai dan dekat dengan atasan dibandingkan mereka yang terlalu kaku dan serius.

6. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan atau Klien
Cara lain untuk mengesankan atasan pada hari pertama kerja adalah mengenal pelanggan atau klien, memperkenalkan diri Anda dan buatlah janji untuk bertemu dengan mereka. Atasan akan menghargai upaya Anda untuk terlibat lebih dalam dengan project yang ada, termasuk hubungan perusahaan dengan pelanggan/klien.

7. Memahami Perusahaan
Memahami visi dan misi perusahaan adalah cara yang baik untuk bisa mencapai tujuan jangka panjang dan mengesankan atasan. Minta penjelasan dari atasan atau rekan kerja mengenai visi dan misi perusahaan, serta tanya apa kunci yang harus dilakukan untuk bisa mencapainya.

8. Bersedia untuk Belajar
Tidak ada orang yang langsung bisa melakukan sesuatu tanpa mempelajari dan mencobanya lebih dulu. Seorang karyawan baru yang bersedia belajar banyak hal akan dihargai dan disenangi oleh semua orang termasuk tentu saja atasan.

Jangan menolak untuk mempelajari banyak hal walaupun bukan merupakan tugas Anda. Selain membantu perusahaan, hal ini juga bermanfaat untuk diri Anda sendiri.

9. Mengingat Semua Nama Orang di Kantor
Semua orang senang jika diri mereka dikenali oleh orang lain. Oleh karena itu, mengingat nama-nama atasan dan rekan kerja penting untuk dilakukan untuk mengesankan atasan Anda. Berkenalan dan hafalkan ciri-ciri setiap orang untuk memudahkan Anda mengingat nama semua orang.

10. Pelajari Perusahaan Lebih Dalam
Ada banyak hal yang harus Anda pelajari untuk mengesankan atasan pada hari-hari pertama bekerja, termasuk tentu saja mengenai perusahaan itu sendiri. Gunakan waktu luang di rumah untuk melakukan riset mengenai perusahaan dan job desk Anda di perusahaan yang baru.

11. Memahami Jabatan/Peran Setiap Karyawan
Memahami jabatan/peran Anda dan setiap orang yang ada di perusahaan sangat penting dilakukan. Hal ini akan memastikan Anda dan tim kerja dapat bekerja secara efektif karena sudah mengerti tugas dan peran satu sama lain. Selain itu hal ini juga membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam perusahaan.

12. Banyak Bertanya
Jangan malu untuk bertanya apapun yang tidak Anda pahami. Misalnya job desk Anda secara terperinci, project yang akan dilakukan, cara dan budaya kerja dan sebagainya.

Karyawan baru yang ingin banyak tahu menunjukkan keseriusannya dalam bekerja. Cara ini juga akan membantu Anda agar mengerti hal-hal apa saja yang bisa dan harus Anda lakukan dalam membantu perusahaan mencapai tujuan.

13. Memprioritaskan Pekerjaan
Salah satu hal yang atasan inginkan ketika menerima karyawan baru adalah agar karyawan tersebut dapat memprioritaskan dan mempertanggungjawabkan pekerjaannya dengan profesional.

Sikap ini dianggap sangat penting karena memastikan Anda mengerti tentang pentingnya setiap tugas yang dilakukan beserta dengan masing-masing deadline. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya mulai dengan membuat to-do-list berisi tugas dan tingkat prioritas masing-masing.

14. Berinteraksi dengan Banyak Orang
Tunjukkan bahwa Anda bukan seorang yang pemalu, melainkan ingin menjadi bagian dari tim. Perkenalkan diri Anda dengan semua orang yang bekerja sama dengan Anda maupun tidak. Berkenalan dan interaksi dengan sebanyak mungkin orang yang ada di perusahaan.

15. Bersemangat
Sikap yang memberikan penilaian negatif terhadap Anda adalah malas dan tidak bersemangat ketika hari pertama bekerja. Tunjukkan bahwa Anda memang ingin bekerja dan bergabung dengan tim sepenuh hati.

Selain tips-tips di atas, Anda sebaiknya juga menyiapkan diri untuk menghadapi atasan yang temperamental.

Semoga bermanfaat!
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by