Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
10 Penyebab Terjadinya Persaingan Sibling Rivalry yang Perlu Diketahui
#1
[Image: Sibling-rivalry.jpg]

Sibling rivalry atau persaingan antar saudara memang sering terjadi. Biasanya ditandai dengan perkelahian, ejekan, kompetisi, hingga rasa kecemburuan.
Orang tua sebaiknya perlu mengetahui berbagai hal yang menjadi penyebab hubungan kakak adik jadi tidak harmonis. Anda harus peka terhadap berbagai faktor yang menjadi penyebab persaingan antara saudara kandung ini. Dengan begitu, solusi pun bisa dicari untuk menyelesaikannya.

Penyebab Terjadinya Persaingan Antar Saudara (Sibling Rivalry)
Berikut beberapa kemungkinan penyebab terjadinya sibling rivalry yang harus Anda ketahui.

1. Rasa cemburu
Rasa cemburu bisa jadi penyebab munculnya persaingan antar saudara. Misalnya pujian selalu tertuju pada sang kakak, sehingga adik merasa cemburu.

2. Terjadinya perubahan besar dalam hidup
Ada banyak sekali perubahan besar yang mungkin terjadi sehingga membuat anak menjadi stres. Misalnya sibuk pindahan rumah, menunggu lahirnya adik kecil, ataupun kondisi perceraian orang tua. Anak-anak ini biasanya akan melampiaskan rasa stresnya pada orang-orang terdekat. Bisa pada adik atau pada kakak sehingga terjadilah konflik di antara mereka.

3. Dinamika dalam keluarga
Dalam keluarga juga sering muncul dinamika. Misalnya kondisi adik dengan kebutuhan khusus, atau lahir dengan kondisi medis tertentu yang membutuhkan perhatian ekstra dari orang tua. Kondisi seperti ini ternyata juga bisa menjadi pemicu sibling rivalry antarsaudara.

4. Orang tua sering bertengkar
Anak adalah peniru yang ulung. Ketika orang tua bertengkar untuk menyelesaikan masalah di depan anak-anaknya, maka tak heran akan dicontoh oleh anak. Ketika sang kakak punya masalah dengan adik, maka keduanya akan bertengkar pula. Sebab, anak-anak belum tahu bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara yang benar.

5. Individualitas
Individualitas bisa ditandai dengan salah satunya kompetisi. Seperti kompetisi siapa yang bisa mengonsumsi paling banyak sayur, siapa yang bisa membangun gedung balok paling tinggi, atau sejenisnya. Ternyata individualitas ini bisa memicu terjadinya perseteruan antarsaudara kandungan.

6. Hobi membandingkan anak
Seringkali tanpa sadar kita selalu membandingkan kakak dan adik, bahkan untuk hal-hal sepele sekalipun. Tapi ternyata ini tidak sesepele itu. Jika dilakukan terus menerus, hal ini bisa menjadi pemicu sibling rivalry antara kakak dan adik.

7. Memberikan perhatian yang berbeda
Persaingan antarsaudara juga sering terjadi ketika seorang anak merasa mendapatkan perhatian yang berbeda dari orang tuanya. Orang tua yang punya kedekatan tertentu dengan salah satu anaknya memang hal yang sulit dihindari. Akan tetapi orang tua juga harus lebih bijak untuk menunjukkan rasa cinta tersebut agar tidak terang-terangan agar tidak memicu kecemburuan atau kebencian pada anak yang lain.

8. Membiarkan anak bercanda yang kelewatan
Anak juga bisa kesal, lho, jika dibercandai kelewatan. Jangan membiarkan salah satu anak bercanda yang kelewat batas agar tidak ada yang merasa kesal. Anak yang jadi bahan bercanda juga akan menganggap Anda membiarkan dirinya menjadi bahan lelucon.

9. Memaksa anak meminta maaf pada saudaranya
Anda juga tidak perlu memaksa anak untuk saling minta maaf langsung saat mereka berkonflik. Berikan mereka waktu hingga rasa marahnya mereda. Lalu, barulah ajak anak untuk berbicara dan mencari solusi bersama. Nantinya, anak yang merasa bersalah pasti akan meminta maaf. Tentu selama Anda mengajarkan pada anak bahwa meminta maaf saat melakukan kesalahan adalah sesuatu yang benar dan bukan tanda kekalahan.

Jika dipaksakan untuk meminta maaf, anak jadi akan berbohong dan merasa sakit hati. Lama kelamaan ini akan terpendam hingga waktu lama bahkan sampai dewasa.

10. Ajarkan anak untuk berbagi
Ada orang tua yang kadang memberikan anak berbagai fasilitas yang berlebihan agar tidak ada kecemburuan. Misalnya setiap anak punya gadget sendiri, punya mainan sendiri.

Ada baiknya jika Anda mengajarkan agar anak mau berbagi dengan saudara. Berbagi fasilitas atau mainan bisa jadi media pembelajaran bagi anak agar bisa bernegosiasi bersama. Sehingga saat ada masalah, mereka bisa memecahkannya dengan bernegosiasi.

Itulah berbagai faktor yang dapat memicu terjadi sibling rivalry pada anak. Jangan sampai hubungan antarsaudara jadi tidak akur hanya gara-gara hal sepele. Yuk, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan perseteruan antara sang Kakak dan Adik.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by