Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
10 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan
#1
Buah semangka memang menyegarkan dan dapat melepaskan dahaga. Selain menggoda dan menarik, ternyata ada banyak sekali manfaat semangka bagi kesehatan. 

Buah semangkan mengandung 46 kalori per cangkir, tinggi vitamin C, vitamin A, serta mengandung banyak sekali senyawa tanaman sehat.
Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi
BIasanya, konsumsi air putih adalah salah satu cara menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun, dengan mengkonsumsi semangka yang tinggi kandungan air juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Perlu diketahui bahwa semangka mengandung 92 persen air. Kadar air yang tinggi ini membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, kombinasi air dan serat yang masuk ke tubuh menjadi makanan yang baik tanpa kalori yang tinggi.
2. Mengandung Nutrisi dan Senyawa Bermanfaat
Buah-buahan yang mengandung kalori terendah salah satunya adalah semangka. Dalam satu cangkirnya, buah semangka hanya mengandung 154 gram kalori saja. Bahkan kandungan ini termasuk lebih rendah dari buah beri.
Selain rendah kalori, dalam satu cangkir semangka mengandung vitamin dan mineral lain seperti vitamin C, Kalium, Vitamin B1, B5, dan B6, karotenoid, serta beta-karoten dan likopen.
3. Membantu Mencegah Kanker
Kandungan likopen dan senyawa tanaman lainnya dalam semangka bermanfaat sebagai antikanker. Selain itu, kandungan lainnya seperti cucurbitacin E juga disebut ampuh menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh.
4. Menyehatkan Jantung
Manfaat semangka bagi kesehatan lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung memang berbahaya dan menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Kandungan nutrisi pada semangka secara spesifik bermanfaat untuk menyehatkan jantung.
Likopen dalam semangka juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Risiko serangan jantung dan kolesterol ini dapat dikurangi dengan mengatur gaya hidup dan diet.
Kandungan lain dalam semangka berupa citrulline, yaitu jenis asam amino yang mampu meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh. Vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalam semangka juga bermanfaat baik bagi kesehatan jantung.
5. Mempercantik Kulit
Manfaat semangka selanjutnya adalah membuat kulit wajah lebih halus dan awet muda. Dalam semangka terkandung vitamin A, B6, C, yang membuat kulit wajah lebih kenyal, lembut serta halus.
Semangka juga cocok dijadikan masker karena kaya akan air. Cara membuat masker semangka cukup mudah. Campurkan 1 sendok greek yogurt dengan 1 sendok makan jus semangka. Campuran tersebut dioleskan ke wajah secara merata. Tunggu selama 10 menit hingga meresap dan mengering. Kemudian Anda bisa membilas wajah hingga bersih. Masker ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan wajah akan terlihat cerah dan lembap.
6. Melancarkan Pencernaan
Kandungan air dan serat pada semangka dapat menyehatkan pencernaan. Air dapat membantu menjaga saluran pencernaan tetap lancar, sedangkan serat memberikan massa pada feses. Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air dan serat dapat membantu kinerja usus.
7. Mencegah Degenerasi Makular
Likopen juga berfungsi menjaga kesehatan mata. Menurut studi, kandungan likopen mampu mencegah degenerasi makular berkaitan dengan usia. Biasanya kondisi ini dialami oleh orang lanjut usia yang mengalami masalah penglihatan seperti rabun dan kebutaan.
Rajin makan semangka yang kaya akan kandungan likopen, dapat membantu mencegah semakin memburuk dan berkembangnya degenerasi makular.
8. Melindungi Persendian
Dalam semangka terkandung beta-cryptoxanthin yang merupakan jenis pigmen alami. Manfaat semangka ini dapat mencegah peradagang dan pembengkakan pada persendian. Selain itu, kandungan ini juga mengurangi progresivitas penyakit pembengkakan dan kaku pada persendian (rheumatoid arthritis).
9. Menghilangkan Nyeri Otot
Dalam semangka terkandung asam amino dan citrulline yang diketahui dapat mengurangi rasa nyeri otot. Biasanya, kedua kandungan ini tersedia dalam bentuk suplemen. Jika jus semangka dicampur dengan citrulline, ternyata ampuh mengurangi nyeri pada otot dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi citrulline saja. Selain itu juga dapat menstabilkan detak jantung.
10. Melindungi Kesehatan Tulang
Manfaat semangka bagi kesehatan lainnya adalah mencegah penyakit tulang. Di dalam semangka terkandung kalsium yang membantu memperkuat struktur tulang dasar tubuh. Tentu akan lebih baik jika dikonsumsi secara rutin.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id