Saya, Kamu, Makhluk Sosial




 
#1

Permisi semuanya..  Big Grin .

Memulai thread pertama saya di sini.  Dan mungkin ini adalah thread pertama saya di forum manapun yang pernah saya join  Tongue (tentunya selain thread perkenalan).

Oke di thread pertama ini saya mengangkat tentang Makhluk sosial.  Saya inget ketika SD, SMP, dan SMA sering kali guru PPKn atau dalam mata pelajaran lainnya disebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial.  Makhluk yang sebenarnya tidak pernah bisa hidup sendiri-sendiri.

Mungkin ketika itu saya dan anda juga gak begitu peduli dengan istilah ini, toh kita hidup dan menjalani kehidupan secara begitu saja apa adanya.

[Image: hand_1549224_640.jpg]
Gambar : Memberi kebaikan


Tapi setelah kenal dunia kerja, kenal dengan masyarakat, atau (mungkin) hidup di perantauan, saya pribadi baru merasakan bahwa kita memang ga pernah bisa hidup sendirian.

Meskipun, kadangkala ya.. kita sering pengen punya waktu untuk bersendiri (a.k.a. privacy), tapi dalam berbagai aspek kehidupan lain kita tetap butuh peran orang di sekitar kita.

Nah, ngomongin tentang makhluk sosial berarti kita juga perlu membahas bagaimana tiap-tiap individu membawa diri dalam kehidupan sosialnya.  Misalnya dalam tutur kata, attitude, etika berbicara dan bertindak serta lain sebagainya.

Jadi inget waktu tahun lalu pertama kali saya naik ojek online warna hijau di Jakarta.  Di sepanjang perjalanan tumpangan saya, si bapak driver dengan sangat sopan dan baik berbicara dengan saya sebagai penumpangnya.

Beliau bahkan cerita berbagai macam hal dengan saya tentang beranega ragam watak orang-orang yang jadi penumpangnya.

Misalnya, ketika ada ibu-ibu yang begitu banyak permintaan ini itu.  Atau ada juga rute perjalanan yang harus mampir-mampir di luar rute seharusnya. (Mudah-mudahan saya termasuk penumpang ojek online yang baik  Big Grin )

Hal-hal semacam ini seperti terlihat sepele, namun dalam kontak sosial attitude dan sopan santun bisa jadi mata uang yang nilai tukarnya tinggi.  (apa sihh ??? saya juga ga mudeng artinya  Tongue ).

Selain di dunia nyata juga, sebetulnya hal sama juga perlu diperhatikan di dunia maya.  Baik kita sebagai blogger, ataupun yang aktif di sosial media.  Kalimat dan perkataan yang baik serta informasi yang tidak bersifat membodohi pembaca seharusnya sudah jadi patokan wajib bagi para sumber informasi dan konten internet.

Ingat lho.. blogger dan pelaku sosial media itu adalah sumber informasi terbesar saat ini.  Jadi sebaiknya harus dipenuhi dengan tanggung jawab akan konten yang disampaikan.

Sekian cuap-cuap thread pertama saya mudah-mudahan bermanfaat. 

Ket :
Gambar : Giving Hand nyomot dari pixabay.com

nak belog likes this post
Bantuin istri jadi tukang gorengan di KrispiMami Fried Chicken  Big Grin Heart Juga bantuin Sodara di Travel Jakarta Lampung







 
#2

bagus threads nya @ermanopollo







 
#3

(6 April 2017, 07:35 AM)nak belog Wrote: bagus threads nya @ermanopollo

Hehe makasih juragan.   Big Grin
Bantuin istri jadi tukang gorengan di KrispiMami Fried Chicken  Big Grin Heart Juga bantuin Sodara di Travel Jakarta Lampung





           


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2017 MyBB Group.