Ikan Berdasarkan Jenis Makanannya




 
#1


  1. Ikan Herbivora, yaitu ikan yang makanan pokoknya berasal dari tumbuh – tumbuhan. Contoh nya seperti : ikan tawes (Punctius javanikus), ikan nilem (Osteochhillus hasseltii), ikan sepat siam (Tricogastes pectoralis) dan Ikan Nemo.
  2. Ikan Karnivora, yaitu ikan yang makanan pokoknya terutama terdiri dari hewan – hewan lainnya. Contohnya seperti : ikan gabus (Ophicephalus striatus), ikan kakap (Lates calcarifer), ikan lele (Clarias batracus) dan Ikan Belut Listrik.
  3. Ikan Omnivora, yaitu ikan yang makanan pokoknya terdiri dari tumbuhan dan hewan. Contoh nya Seperti : ikan mas (Cyprinus carpio), ikan mujair (Tillapia mossambica), dan ikan gurami (Osphronemus goramy).
  4. Ikan pemakan plankton, yaitu ikan yang sepanjang hidupnya hanya akan makan plankton baik fitoplankton maupun zooplankton.
  • Plankton adalah organisme kecil yang hidup di air tawar maupun air laut yang melayang-layang di air. Plankton dibagi menjadi 2 jenis yaitu Fitoplankton dan Zooplankton.
  • Fitoplankton adalah produsen utama mereka menggunakan energi dari matahari untuk membuat molekul makanan organik atau membuat makanannya sendiri. Contoh dari Fitoplankton seperti : bakteri, jamur, dan virus. Beberapa Fitoplankton memiliki peranan yang penting sebagai produsen utama dan lain-lain dan sebagai hewan pengurai.
  • Zooplankton adalah Zooplankton adalah hewan invertebrata planktonik misalnya, Daphnia Sp. Beberapa zooplankton mengkonsumsi fitoplankton, sedangkan yang lain adalah predator dan mengkonsumsi zooplankton lebih kecil. Contohnya ikan yang memakan plankton seperti : ikan hiu paus (Rhincodon Typus) ikan hiu penjemur (Cetorhinus Maximus)

      5. Ikan pemakan detritus, yaitu ikan yang makanan pokoknya terdiri dari hancuran sisa – sisa makanan organik   yang sudah membusuk di dalam air yang berasal dari hewan atau tumbuhan, misalnya bangkai ikan, ganggang, dan bakteri.
[*]
Contohnya Seperti : ikan belanak (Mugil sp).








 
#2

kalau dilihat dari rasa gurih pada ikan laut, sebenarnya lebih gurih yang mana antara ikan laut herbivora dan karnivora ?
Info cetak kartu pasien bisa di lihat disini dan baca juga berbagai info mengenai cetak kartu RFID di web ini untuk menambah wawasan







 
#3

Kalau dalam hal pemeliharaan berdasarkan jenis ikan yang udah diklasifikasikan diatas, pastinya butuh treatment yang berbeda diantara masing2 jenis ikan tersebut. Asalkan ia ikan air tawar, saya rasa mudah untuk memeliharanya.
water treatment indonesia by Amrita Enviromental. Solusi dalam mengelola air bersih dan air limbah di Indonesia.





           


Users browsing this thread:
2 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2017 MyBB Group.