Cara Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas




 
#1

Tak sedikit orang yang kecewa setelah membeli mobil bekas. Banyak orang tertipu karena ternyata mobil yang dibeli tidak dalam kondisi prima. Bagaimana caranya agar tidak kecewa membeli mobil bekas?

Bukan hal mudah dalam memilih mobil bekas yang berkualitas. Apalagi saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual tapi bekas modifikasi, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata palsu. Alhasil, banyak pembeli akhirnya kecewa padahal sudah mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

1. Jangan tergiur harga murah
Saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

2. Membeli di tempat yang dipercaya
Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

3. Jangan tergesa-gesa membeli
Sebaiknya kalau membeli mobil bekas jangan membawa istri. Karena wanita biasanya memilih mobil secara emosional. Mudah tergoda dengan tampilan yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja.

4. Cek kondisi body mobil
Perhatikan bagian-bagian body mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

5. Cek kondisi mesin
Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknikal untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

6. Cek dokumen kendaraan
Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.

7. Hitung secara seksama dana yang kita miliki. Jangan sampai over budget; kita harus secara bijak memilih dan membeli mobil yang harganya memang sesuai dengan kemampuan financial kita.

8. Cari tahu sejarah dari mobil tersebut. Banyak mobil yang masih menyertakan bukti perawatan dan penggantian komponen. Hal itu bisa dijadikan bahan acuan dan pertimbangan karena mobil yang secara rutin dirawat di bengkel resmi tentu kualitasnya akan lebih terjamin.

9. Siapkan budget lebih untuk melakukan perbaikan jika nantinya mobil tersebut akhirnya jatuh ke tangan kita.

10. Jika anda tidak memiliki dana tunai, Anda tetap bisa mendapatkan mobil bekas dengan menggunakan jasa leasing yang terpercaya untuk pembiayaan kredit mobil bekas.




Reply




 
#2

Pokoknya membeli barang bekas apapun kebanyakan pasti kecewa
Hipnoterapi nampaknya bisa jadi cara jitu mengontrol emosi yang meledak-ledak



Reply




 
#3

ngga semua barbek jelek kok,



Reply




 
#4

yang penting cek kondisi mesinya om. CMIIW



Reply




 
#5

Informasi di atas memang sangat jelas sekali, apabila kita ingin membeli barang bekas, sebaiknya kita cek terlebih dahulu agar kita tidak merasa kecewa pada saat membelinya. Saya pribadi untuk saat ini, mobil bekas / mobil second yang saya gunakan, masih memiliki kualitas yang baik, walaupun sudah digunakan beberapa bulan untuk mengantar barang mesin pendingin, tetapi tarikannya masih bagus.
Apa itu curved glass freezer, chest freezer dan new gastro chiller, anda bisa cek di chiller.id



Reply




 
#6

Teliti teliti dan teliti sebelum membeli... apalagi membeli mobil bekas... bodi bagus mesin belum tentu...



Reply


           


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2017 MyBB Group.