Berbagai Mitos Bayi Baru Lahir, Benarkah?




 
#1

Memiliki bayi merupakan anugerah yang besar dari Allah SWT, namun juga sebuah ujian untuk menjadi seorang ayah atau ibu yang baik baginya. Untuk memenuhi kewajiban tentang perawatan bayi yang sempurna dan ideal, banyak para orang tua mencari informasi seputar bayi dari berbagai sumber. Dari beberapa informasi tersebut terkadang ada yang disebut sebagai mitos karena belum diperiksa secara ilmiah namun masih diterapkan dengan tujuan tertentu. Lalu apakah semua mitos bayi salah atau benar?

Mitos umumnya terjadi untuk mencegah orang tua melakukan suatu hal tertentu pada bayinya untuk tujuan yang baik. Namun seringkali tujuan sebenarnya tidak dikatakan secara terbuka sehingga menyebabkan mitos hanya terdengar seperti hal yang menakutkan saja. Salah satu mitos yang paling banyak dilakukan adalah mencegah kaki bengkok dengan bedong bayi. Kaki bayi yang bengkok tidak dapat diluruskan dengan bedong bayi, bedong bayi sebenarnya digunakan untuk menghangatkan bayi sehingga dapat tidur dengan lebih lelap. Banyak bayi langsung dapat tertidur dengan nyaman setelah dibedong karena juga dapat mengurangi gerakannya yang mengagetkan.

 
Selain mitos bayi tersebut ada mitos lainnya yang juga populer yaitu:
1. Bayi tidak boleh keluar rumah usia kurang dari 1 bulan
Mitos ini tentu saja salah karena justru bayi yang terkena sinar matahari pagi setiap harinya akan tumbuh dengan lebih baik terutama untuk bagian tulangnya. Ajaklah bayi Anda berjalan-jalan untuk menghirup udara pagi yang segar.

2. Penggunaan gurita
Saat ini penggunaan gurita sudah banyak berkurang karena mitos gurita untuk bentuk tubuh yang lebih baik memang salah. Gurita justru dapat mengurangi lancarnya pernafasan bayi.
 
Masih banyak lagi mitos yang terlahir di masyarakat sejak jaman dahulu. Bagi Anda yang terlahir di jaman modern pastinya akan mempertanyakan kebenaran mitos dengan membandingkannya secara ilmiah maupun kesehatan. Hal ini lebih baik daripada langsung melaksanakan banyak mitos namun hasilnya justru membuat bayi tersiksa atau terganggu. Namun ada juga mitos yang memiliki manfaat tertentu untuk bayi seperti penggunaan obat tradisional untuk menghangatkan bayi dan sebagainya.
 
Dengan mempelajari terlebih dahulu mitos bayi mana yang sesuai dengan tujuan atau manfaat bagi bayi dan mana yang hanya berupa mitos tanpa guna, Anda sebagai orang tua akan dapat membedakan mana yang perlu dilakukan mana yang tidak. Masyarakat desa dan orang yang lebih tua masih banyak yang percaya 100% pada mitos-mitos mengenai bayi yang sudah turun temurun tersebut dan itu semua sebenarnya tidak memiliki banyak pengaruh selama masih berada di batas aman bagi bayi. Bukankah generasi orang tua sekarang juga merupakan produk dari mitos terdahulu yang dilakukan oleh para leluhur dan juga menghasilkan anak-anak yang sehat dan kuat seperti Anda?




Reply


           


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2014 iAndrew  
Powered By MyBB, © 2002-2017 MyBB Group.